Serunya JakHumFest 2023

Thursday, February 2, 2023

Sudah bukan hal baru lagi kalau dompet dhuafa termasuk salah satu lembaga filantropi yang terkenal di Indonesia. Kepedulian Dompet Dhuafa dengan program-program terbaiknya, seolah menjadi angin segar bagi rakyat kecil yang membutuhkan. Salah satunya adalah JakHumFest. Nah seperti apa serunya JakHumFest 2023? Baca terus tulisannya ya!

Jakhumfest 2023

Bismillahirrahmanirrahiim, Serunya JakHumFest 2023.

Tepat di hari Minggu, 29 Januari 2023, Saya bersama Mba Leyla Hanna janjian mau berangkat ke acara JakHumFest di Poc Bloc, Jakarta Pusat. Iya, 2 hari itu (tgl 28 dan 29 Jan) Dompet Dhuafa membuat acara JakHumFest 2023 untuk kepedulian bersama.

Pada JakHumFest 2023, Dompet Dhuafa mengangkat dua hal sekaligus sebagai progam utama. Kedua progam utama yang dimaksud adalah program Indonesia Mendengar dan Pemulihan Pasca Gempa Cianjur. Pada program Indonesia Mendengar ini, Dompet Dhuafa mempunyai target fokus dalam membantu teman-teman tuna rungu (tuli).

JakHumFest 2023 ini menampilkan banyak sekali acara, mulai dari Humanitalk (talkshow), lokakarya dan Sound of Humanity.

JakHumFest 2023

Sebenarnya acara JakHumFest ini sudah diselenggarakan setiap tahunnya sejak 2018. Namun karena kendala pandemik acara JakHumFest baru digelar 3x secara offline. Kemarin itu 28 - 29 Januari adalah acara puncak JakHumFest dari Humanesia.

Humanitalk JakHumFest 2023

Saya dan Mba Leyla datang ke JakHumFest 2023 menggunakan transportasi Commuterline dari Depok dan turun di stasiun Juanda. Dari stasiun, kami jalan kaki, nggak jauh memang lokasi acara JakHumFest 2023 dari stasiun Juanda.

Setibanya di Poc Bloc, kami langsung disambut panitia untuk registrasi terlebih dahulu. Dan kami diberikan voucher diskon dari Paxel Market, salah satu tenant di acara JakHumFest 2023.

Setelah registrasi kami langsung masuk ke dalam gedung Poc Bloc dan menuju panggung humanitalk, karena kami dengar sudah mulai. 

Saat itu talkshow tentang financial planning dari mba Annisa Stevanni. Pada talkshow tersebut kami mendapat ilmu bagaimana cara kami mengatur keuangan kami, biar nggak gampang boncooos.. Alias habis gitu aja tanpa punya aset atau tabungan sama sekali. Minimal tabungan akhirat lah yaa...

JakHumFest 2023
Mba Annisa (tengah) sedang membahas financial planning


Setelah Mba Annissa ada talkshow lainnya, yaitu tentang mental health dan kerelawanan. Diantara talkshow tersebut, diselingi oleh para komika yang membuat wajah kita berolahraga.. Apalagi kalau bukan ketawa yang bikin gigi terlihat. Komika yang tampil adalah para komika jebolan SUCI X (Stand Up Comedy Indonesia). Ada Irfan, Kukuh, Budi dan Dwik. Mereka membawa lawakan bertema Local Heroes dengan MC Syukron Jamal dan Ilham Setiadi.

JakHumFest 2023
Ilham setiadi dan syukron jamal di JakHumFest 2023


Saya dan Mba Leyla hanya menyaksikan penampilan Mba Anissa Stevianni tentang financial planing dan komika pembuka alias MCnya yaitu Syukron Jamal dan Ilham Setiadi. Kami memutuskan untuk melihat-lihat ada apa aja di belakang panggung nih.

Lokakarya JakHumFest 2023

Dibelakang panggung humanitalk, ternyata ada banyak booth lokakarya dari berbagai tenant, baik berupa workshop, charity ataupun permaian. Para pendukung lokakarya ada Seratan Studio, silang.id, ruang hening, pojok kenangan, ngakarya, VR Kebencanaan, dan pokok cerita.

Seperti yang saya tulis diatas, bahwa program utama dari JakHumFest 2023 ini adalah Program Indonesia Mendengar. Pada program ini Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Silang.id dimana mereka mengirimkan teman yang menerjemahkan pembicaraan untuk teman-teman yang tuli. Bukan hanya di acara panggung talkshow saja ya, teman-teman penerjemah juga ada di setiap booth pendukung acara JakHumFest 2023.

JakHumFest 2023
Mba-mba yang bantu menerjemahkan

Ketika berkeliling saya tertarik di counter permainan ular tangga. Waktu saya datang ada yang sedang main. Seru banget deh. Saya sih ditawarkan sama mbak-mbak penjaganya. Cuma saya mikir, kalau saya main bisa lama nih. Saya nggak bisa muter ke tempat lainnya... xixixi... Saya pun hanya berucap terima kasih kepada mbak-mbak yang menawarkan.

JakHumFest 2023
Bermain ular tangga di jakhumfest 2023

Selain main ulartangga saya juga tertarik dengan kegiatan workshop melukis diatas tas kanvas yang dilakukan beberapa pengunjung. Bahkan sore hari ketika saya mau pulang kegiatan workshopnya berganti menjadi merajut. Seru deh ngeliat ada beberapa laki-laki merajut.

JakHumFest 2023
Workshop di jakhumfest 2023

Lanjut agak kebelakang lagi, kami melihat ada pameran foto. Dan memang itu pameran fotografer  Dompet Dhuafa. Tema pameran foto di JakHumFest 2023 ini mengusung tema "Local Heroes : Ini Tentang Kita", sama dengan tema stand up comedynya.

Dalam pameran tersebut Dompet Dhuafa mencoba menampilkan dedikasi dalam momentum kampanye Humanesia.


The Sound of Humanity JakHumFest 2023

Setelah melihat workshop dari Seratan Studio, kami melanjutkan jalan-jalan kami. Ternyata dipaling belakang ada panggung besar. Hmm.. sepertinya disini posisi The Sound of Humanity akan tampil. Para artis yang akan tampil ada musisi Marjinal, Mocca, The Rain, dan Chiki Fawzi. The Sound of Humanity ini adalah acara puncak dari seluruh kegiatan JakHumFest 2023.

Sayangnya saya tidak ikut nonton sampai malam. Saya tidak enak meninggalkan 2 lelaki ganteng saya di rumah. Jadi setelah Ashar, Saya dan Mba Leyla pulang. Sebelum pulang kami makan-makan dulu. Iya, di sisi kanan kirinya gedung Poc Bloc itu ada beberapa tempat makan kekinian dan ngopi. Yaa pas deh buat anak-anak muda hangout. Saya dan Mba Leyla memilih makan roti bakar dan minum kopi di Roti Kemang.

JakHumFest 2023
Makan bareng Mba Leyla (kiri saya di foto) dan Mba Dian (kanan saya) 

Setelah makan kami kembali pulang ke rumah masing masing dengan menggunakan transportasi yang sama ketika pergi lagi. Duh, saya rasanya mau ikut lagi deh kalau ada JakHumFest tahun depan. Semoga ada umur yaa!


Wassalam









23 comments

  1. Seru bgt ya kegiatannya :) Aku lgsg mupeng melihat kegiatan melukis di atas tas kanvas . Kepingin bgt ikutan

    ReplyDelete
  2. Wuaa seru banget mbak acaranya, ada games dan ada Icha juga ya. Belajar melek financial ini bareng pakarnya.

    ReplyDelete
  3. iya ih acaranya seru banget ini mbak, apalagi ada jajanannya juga ya. Tetep kalau aku harus ada jajannya, hahahahaa... Workshop juga menarik banget itu, ada produk temanku juga di Jakhumfest.

    ReplyDelete
  4. Seruuu banget JakHumFest ini. Silang.id meluncurkan aplikasi penerjemah untuk temen dengar dan temen tuli ya?
    Wah pengen belajar bahas isyarat juga. Apalagi ada annisast nihhhh pengen ikut liat langsung huhu.

    ReplyDelete
  5. DD sungguh luar biasaaaaaa
    Lembaga yg sehat, kredibel dan membanggakan.
    Salut bgt dgn kiprah DD

    ReplyDelete
  6. Seruu sekali JakHumFest nyaa, banyak ilmu yang di dapat sekalian bisa ikutan bermacam-macam kegiatan lokakarya di sana. Pulang-pulang rasanya senang. Semoga tahun depan lebih seru yaa!

    ReplyDelete
  7. Senang banget ya bisa sejenak keluar dari aktivitas.
    Doing something new!
    We do need it, tho.

    Aku juga sesekali lakukan itu, melakukan aktivitas baru.


    ReplyDelete
  8. Kereen banget seneng bisa lihat acara bagus di JakHumFest mupeeng aku, next kalau ada lagi boleh berkabar ya maak..(gusti yeni)

    ReplyDelete
  9. Event JakHumFest 2023 ini seru banget. Kolaborasi antara Dompet Duafa X silang(id), keren banget. Menghadirkan teman-teman tuli, dan kita juga bisa berinteraksi dg mereka.

    ReplyDelete
  10. Seseruan di JakHumFest bersama sahabat begini jadi lebih bermakna apalagi memang acaranya banyak mendapatkan ilmu dari mulai literasi keuangan hingga talkshow seru dan bermain bersama.

    Jadi berasa healing time~~

    ReplyDelete
  11. Keren kegiatan ini mba... banyak pesan penting dan engagement yang bisa dilakukan bersama komunitas yang lebih besar ya mba

    ReplyDelete
  12. Seru banget acaranya, kangen acara festival yang meriah dan seru seperti ini Mbak. Apalagi ada konser musik ya, ada obrolan tentang mengatur keuangan keluarga, seru banget acara Dompet Dhuafa ya

    ReplyDelete
  13. Wah seru banget acara JakHumFest ini
    Banyak sekali hiburannya
    Bisa dapat banyak insight juga tentang kegiatan kemanusiaan

    ReplyDelete
  14. Wow, keren sekali acara JakHumFest ini banyak hal yg mengedukasi jiwa raga ini mah... main ular tangga asyik juga tuh Mak bisa sekalian olahraga tipis-tipis.

    ReplyDelete
  15. Seneng banget ya bisa bergabung di JakHumFest 2023. SEru banget banyak acara menarik yang bikin saya pengeeeeen banget bisa kesana. Tapi apalah daya jarak memisahkan. Salam buat Dian Farida ya mba. Kangen udah lama nggak ngebolang bareng Dian.

    ReplyDelete
  16. Seru sekali acaranya, rameee. Banyak pameran, games, dan workshop juga ya. Selain itu juga bisa kulineran. Aku belum pernah sama sekali nih ke festival yang dihelat Dompet Dhuafa ini. Moga tahun depan bisa ke sana juga, barengan ya kitaaa :D

    ReplyDelete
  17. Tahun 2023 Jakhumfest nya makin keren deh acara di dalamnya. Sangat menyentuh dan jadi ingin ikut berpartisipasi, semoga next year bisa ikutan

    ReplyDelete
  18. Banyak kegiatan seru di jakhumfest salah satu yg aku suka d pojok kenangan kita besi beli baju sambil berdonasi walun pun second tapi masih bagus2 banget

    ReplyDelete
  19. Seru banget acaranya.., bintang tamunya juga pada menarik semua ini.. duh, kalo deket mah aku mau ikutan.

    ReplyDelete
  20. seru banget acara dompet dhuafa. selain dapat ilmu bisa seseruan juga sama teman-teman ya, mbak

    ReplyDelete
  21. Dompet dhuafa memang lembaga filantropi yang patut diacungi jempol ya mba. Apalagi dengan acara jakhumfest ini, keren banget acaranya

    ReplyDelete
  22. Ini acaranya seru banget sih mak.. Banyak informasi yang kita dapet.. Apalagi boothnya juga keren2..

    ReplyDelete
  23. Wah seru ya acaranya, banyak info yg bisa di dapatkan

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^