Ini Dia Olahan Daging Wagyu A5 yang Harganya Tak Sampai Rp 100.000

Friday, February 24, 2023

Kita tahu ya kalau daging wagyu A5 itu pada umumnya untuk hidangan steak dan harganya selalu diatas 200rb. Tapi kali ini saya kasih bocoran jika kita mau makan olahan daging wagyu A5 yang harganya tak sampai Rp 100.000. Apa tuh? Baca terus yaa tulisan saya!

daging wagyu a5

Bismillahirrahmanirrahiim, Olahan Daging Wagyu A5 yang Harganya Tak Sampai Rp 100.000

Saya pernah menulis di Rekomendasi Jual Daging steak bahwa untuk membuat steak kita nggak boleh sembarangan. Harus daging sapi dibagian tertentu dan dagingnya harus berkualitas baik. Dalam tulisan saya tersebut daging terbaik untuk steak adalah daging wagyu. Dan ternyata daging wagyu itu bukan sekedar daging wagyu tok. Ada tingkatan daging wagyu terbaik untuk kita masak dan makan. Yes daging wagyu terbaik adalah daging wayu A5.


Apa itu Daging Wagyu A5?

Sebelum saya menjelaskan tentang daging wagyu A5, saya mau cerita dulu asal muasal daging wagyu itu sendiri.

Pastinya kita sudah pernah dengar bahwa daging wagyu adalah daging sapi yang berasal dari negara matahari terbit, yes.. Jepang. Tapi tak semua daging sapi di Jepang adalah daging wagyu. Jenis sapi di Jepang ada 2, yaitu sapi cattle dan sapi wagyu.

Sapi Cattle adalah sapi ternak biasa. Semua peternak sapi lokal menyebut sapi ternaknya dengan sapi Cattle. Sapi Cattle biasanya jenis sapi-sapi asing seperti Holstein Friesian dan Angus.

Sedangkan Sapi Wagyu adalah sapi premium asli sapi domestic Jepang yang mempunyai garis keturunan dan jenis khusus yang diternak khusus. Orang Jepang mengklasifikasikan jenis sapi wagyu berdasarkan keturunan menjadi 4, yaitu :

  • Sapi Japanese Polled atau Mukaku Wa-Shu
  • Sapi Japanese Brown atau Akage Wa-Shu
  • Sapi Japanese Black atau Kuroge Wa-Shu
  • Sapi Japanese Shorthorn atau Nihon Tankaku-Shu

daging wagyu a5

Perawatan sapi wagyu ini nggak main-main ya, sapi wagyu mendapatkan perawatan khusus, mulai dari makanannya hingga perawatannya. Bukan dari keturunan saja, sapi wagyu juga dibedakan dari asal dan tempat budidayanya. Sapi wagyu terbaik dan paling terkenal adalah daging sapi miyazaki.

Sapi Miyazaki ini merupakan peranakan sapi hitam Jepang atau Kuroge Wa-Shu. Sapi Miyazaki menjadi sapi wagyu terbaik karena perawatan dan iklim disana sangat bagus, sehingga mempengaruhi kualitas daging sapinya.

Ternyata Jepang juga membedakan kualitas sapinya dari umur loh. Jika memotong sapi perawan atau perjaka (apa sih, De?.. hahaha maksudnya sapi yang belum menikah) maka kualitas dagingnya lebih bagus. Duuuuh… dah kayak manusia aja ya, orang juga kan kalua belum menikah punya kualitas body masih bagus yaa.. (diiih disama-samain ama orang).

Selain mengklasifikasi keturunan dan umur, sapi wagyu juga dibedakan dengan kuantitas dagingnya. Kuantitas ini diukur hanya berat daging yang bisa dikonsumsi, tulang-tulangnya nggak ikutan. Jadi pure berat dagingnya saja. Mereka biasanya menandakan dengan huruf A, B dan C. Urutan huruf paling depan (A) menunjukkan berat daging paling banyak, sedangakan C yang paling sedikit.

Selain kuantitas atau berat daging, sapi wagyu juga diklasifikasikan berdasarkan kualitas daging dengan urutan angka 1 – 5. Semakin besar angkanya, berarti semakin bagus kualitasnya. Jadi sekarang sudah paham kan yaa kalua daging wagyu A5 berarti daging wagyu dengan kualitas dan kuantitas terbaik diantara klasifikasi daging wagyu.

Saking istimewanya daging wagyu A5 ini dijual secara eksklusif. Jika kita beli daging wagyu A5 asli ada sertifikatnya. Dimana dalam sertifikat tersebut ada informasi dari sapi mana wagyu itu didapat, kapan sapi tersebut lahir dan kapan disembelih. Makanya harga 1 kg daging wagyu bisa mencapai Rp 7 jutaan.


Apa Keistimewaan Daging Wagyu A5?

Daging wagyu A5 menjadi istimewa karena mempunyai 3 keistimewaan ini.

Memiliki marbling terbaik

Dalam ilmu perdagingan sapi, semakin banyak marbling (serat putih pada daging) maka rasanya makin enak. Nah, daging wagyu A5 ini memiliki marbling yang sempurna dan banyak.

daging wagyu a5 hollycow


Rasanya juicy dan lembut

Seperti yang saya tulis di nomor 1, karena memiliki marbling yang banyak, maka mempengaruhi rasanya ketika dimasak. Rasa daging wagyu A5 ini juicy dan teksturnya lembut. Jadi ketika kita makan daging wagyu A5, dari gigitan pertamanya saja sudah terasa kelembutannya. Ibaratnya begitu makan daging wagyu A5 langsung lumer di mulut… dah kayak coklat yaa.. xixixi.


Jumlahnya terbatas

Sudah jelas yaa, dari perawatan dan keturunan saja sudah istimewa banget kan, jadi nggak banyak yang membudidayakan sapi jenis wagyu ini. Otomatis jumlah terbatas. Itu sebabnya harga perkilonya daging wagyu A5 ini bisa mencapai Rp 7,5jt.

Itulah keistimewaan daging wagyu A5. Sapi sultan banget kan itu yaaa… Trus kita rakyat jelantah nggak bisa dong makan daging wagyu A5. Iiiih… siapa bilang? Bisa kok. Kita tinggal buka aja website resmi Steak Hotel by Holycow. Disana ada olahan daging wagyu A5 yang harganya tak sampai Rp 100.000.

Olahan Daging Wagyu A5 yang Harganya Tak Sampai Rp 100.000

Kita tau ya kalau Steak Hotel by Holycow merupakan salah satu restoran yang menjual steak dengan kualitas daging terbaik, tapi harga terjangkau. Dan disana jugalah kita bisa menikmati daging Wagyu A5 yang harganya tak sampai Rp 100.000. Dari menu yang disajikan ada 2 olahan daging wagyu A5 yang harganya tak sampai Rp 100.000, yaitu Sate Taichan dan Burger Wagyu.

Sate Taichan Daging Wagyu A5

Untuk menikmati rasa dan kualitas daging wagyu A5 memang paling enak dibuat Sate Taichan. Kita tau ya, Sate Taichan adalah olahan sate dengan bumbu sederhana, yaitu hanya dikasih garam dan perasan jeruk nipis. Makannya hanya dicocol sama sambel. Kalau nggak mau pedas, makan daging satenya saja. Nah, di Holycow kita bisa menikmati Sate Taichan Daging Wgyu A5 baik secara offline (makan di restorannya) atau beli secara online. Yes, Holycow bisa sekarang jual produknya secara online.

Harganya seperti yang saya tulis diatas, tak sampai Rp 100.000. Yes, Sate Taichan Daging Wagyu A5 Holycow untuk 1 porsinya Rp 65.000 saja.


daging wagyu a5 hollycow

Buger Daging Wagyu A5

Namun, jika kita mau makan olahan daging wagyu A5 dengan bumbu-bumbu sedap, bisa memilih menu Wagyu Burger di Holycow. Buger Wagyu disini menggunakan daging wagyu A5. Untuk 1 porsinya Wagyu Burger dibandrol Rp 55.000

daging wagyu a5 hollycow

Nah, sekarang daging wagyu A5 bisa kita nikmati di rumah. Yes olahan daging wagyu A5 yang harganya tak sampai Rp 100.000 bisa kita dapati di Steak by Hotel Holycow. Selamat mencoba!

Wassalam

5 comments

  1. Waktunya hollycow aku juga sukaaa, at least kalo lagi kangen Ama Wagyu dengan Hrg terjangkau ya kesana. Mereka kalo ga salah ada juga yg marbling A9 deh mba, tp dlm bntuk steak.

    Marbling Wagyu sendiri tertinggi sebenernya A12. Aku sendiri blm pernah coba . Udah niat pas ke Jepang lagi harus sih cobain Wagyu dengan marbling tertingginya. Di sana sih mahal juga, tapi ga semahal Indonesia 😂.

    Naah daging Miyazaki sendiri udah masuk dlm bucketlist ku kalo nanti ke Jepang. Yg kemarin2 pas kesana aku udah cobain daging Kobe, dan Hida. Enak bangetttt, kayak lumer di mulut 😍🤤😄.

    Miyazaki bakal aku coba kalo kesana lagi

    ReplyDelete
  2. Sebagai penggemar steak mendengar daging wagyu ini langsung pengen makan steak, saya juga sering makan jenis daging ini mba Ade, rasanya yang juicy membuat semakin nikmat di lidah dan dulu sering menikmati ini di Hollycow sampai sekarang, tempat makan favorit saya, sayangnya pas lagi di Jogja Hollycow ini tutup, sedih. Untungnya sekarang dah balik Jakarta lagi jadi mudah menemukannya

    ReplyDelete
  3. senang banget yaa bisa menikmati daging sapi premium dengan harga yang bahkan gak sampe setengah harga biasanya. wahh seandainya dekat, waya mau banget cobaik daging wagyu a5 ini

    ReplyDelete
  4. Menarik buat dicoba ini, aku belum pernah sih nyoba bikin steak sendiri. Dengan daging Wagyu pasti enak nih

    ReplyDelete
  5. ini murah banget ya mbak, kualitas premium dan rasanya juga enak banget juicy. Aku pernah belanja di pasar, harganya ya hampir mirip lah, tapi bingung milihnya. mendingan beli di sini yaa di Hollycow, dah terjamin kualitasnya dan gak perlu bingung kebanyakan mikir. Tinggal masak aja dah.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^