5 Lokasi Sewa Rumah di Medan yang Cocok bagi Para Pendatang

Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia mencari sewa rumah di Medan tentu tidak mudah, apalagi bagi perantauan. Lokasi strategis adalah hal penting yang harus diperhatikan saat memilih hunian sementara.
cover sewa rumah di Medan
(Photo: pexels.com)

Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Medan adalah salah satu kota yang masuk dalam list perjalanan kami. Ada banyak teman disana. Apalagi Medan terkenal dengan durennya yang enak dan murah. Saya sudah menyusun tujuan perjalanan saya kemana saja. Termasuk dalam mencari penginapan. Ada beberapa alternatif dalam mencari penginapan. Antara menginap di hotel atau sewa rumah di Medan.

Kenapa harus sewa rumah di Medan? Iya lah, secara saya kalau jalan-jalan itu bersama keluarga utuh. Biasanya sewa rumah lebih nyaman buat kami dibanding menginap di hotel. Apalagi kami berencana kalau ke Medan agak lamaan sedikit. Sebab banyak teman-teman kami juga disana.

Bicara soal sewa rumah, tentunya bukan hanya untuk traveler seperti kami, yang berpikir untuk sewa rumah di Medan. Banyak orang dari luar kota Medan datang ke kota tersebut dengan berbagai tujuan, mulai dari menimba ilmu, mengadu nasib, mencari penghidupan baru, hingga bekerja.

Para pendatang yang jumlahnya banyak ini tentu membutuhkan sebuah tempat tinggal sementara selama ia berada di Kota Medan. Oleh karenanya, pengetahuan akan wilayah perantauannya sangat dibutuhkan. Jangan sampai, kita memilih lokasi hunian sementara yang lokasinya tidak strategis dan jauh dari fasilitas umum ya. Sebab, hal ini tentu akan sangat menyulitkan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Nah, tujuannya serupa lah dengan para pelancong.

Maka dari itu, untuk teman-teman yang baru tiba di Kota Medan, saya punya rekomendasi beberapa lokasi strategis yang bisa jadi pilihan kita dalam mencari sewa rumah di Medan yang tepat, berikut selengkapnya.

5 Lokasi Sewa Rumah di Medan yang Strategis

Sebelum masuk ke pembahasan berikutnya, mari kita sepakati jika lokasi pemukiman yang strategis adalah lokasi yang dekat dengan fasilitas umum, memiliki akses yang mudah, serta lingkungan yang aman.

Berdasarkan ketiga faktor tersebut, berikut beberapa lokasi sewa rumah di Medan yang bisa kita pilih:

1. Jalan Doktor Mansyur

Wilayah Doktor Mansyur merupakan salah satu kawasan yang cukup banyak menyediakan sewa rumah di Medan. Pasalnya, daerah yang satu ini merupakan kawasan pendidikan yang ada di kota tersebut.

Di Jalan Doktor Mansyur jugalah kampus kebanggaan warga Sumatera Utara berada, yakni USU. Selain itu, kawasan ini juga dipenuhi berbagai fasilitas umum dan akses yang lengkap.

Beberapa fasilitas yang ada di sana, meliputi rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan, pertokoan, perbankan, pusat jajanan dan hiburan, kawasan perkantoran, dan lain-lain.

Untuk kita yang bekerja di pusat Kota Medan aksesibilitas menuju lokasi kantor akan sangat mudah, sebab kawasan ini dilewati oleh angkutan umum, serta dilengkapi akses jalan yang banyak.

2. Jalan MT Haryono

Kawasan MT Haryono merupakan salah satu jalan arteri yang ada di Kota Medan. Selain itu, daerah ini juga terkenal menyediakan banyak sekali pilihan sewa rumah di Medan dengan fasilitas yang mempuni.

Bagaimana tidak, lokasinya yang strategis membuat kawasan ini dekat menuju berbagai daerah, seperti kawasan perkantoran, rumah sakit, pendidikan, bisnis dan pertokoan, hingga pusat perbelanjaan.

Bahkan, untuk kita yang senang berpergian dengan moda transportasi kereta api, Jalan MT Haryono berlokasi cukup dekat dengan kawasan Stasiun Kereta Api Medan, lho.

3. Jalan Setia Budi

ring road city walk kota medan untuk sewa rumah di medan
ring road city walk kota Medan (Photo: skyscrappercity.com)
Wilayah Jalan Setia Budi adalah salah satu kawasan perumahan yang ada di Kota Medan. Di sini terdapat banyak sekali rumah-rumah tapak dengan berbagai model dan harga dari yang sederhana hingga mewah.

Itu sebab, bagi kita yang ingin mencari sewa rumah di Medan Jalan Setia Budi merupakan wilayah yang cocok untuk dipertimbangkan. Selain itu, fasilitas umum yang tersedia di kawasan ini juga lengkap.

Terdapat fasilitas pendidikan, kesehatan, pusat perbelanjaan, pertokoan, bisnis, dan pusat hiburan, hal ini dibuktikan dari pamor Jalan Setia Budi yang terkenal sebagai kawasan hangout anak muda Kota Medan.

4. Jalan Brigjen Katamso

Lokasi sewa rumah di Medan berikutnya yang bisa kita jadikan referensi adalah Jalan Brigjen Katamso. Sama seperti Jalan MT Haryono, wilayah yang satu ini berjarak cukup dekat dengan pusat Kota Medan.

Akses yang kita butuhkan untuk menuju berbagai wilayah di Kota Medan sangat mudah dari Jalan Brigjen Katamso, sebab tersedia angkutan umum dan dilengkapi akses jalan yang banyak.

Fasilitas umum yang tersedia di kawasan ini, di antaranya pusat perbelanjaan (modern-tradisional), mal, rumah sakit, sekolah, pusat-pusat pertokoan, hingga bisnis dan perkantoran.

Menariknya lagi, Jalan Brigjen Katamso merupakan lokasi bertempatnya istana kebudayaan Melayu yang paling terkenal di Kota Medan, yakni Istana Maimun.

5. Jalan Karya Wisata
Terakhir, lokasi sewa rumah di Medan yang bisa kita pilih adalah kawasan Jalan Karya Wisata, Medan. Jika kita mencari lokasi ini, orang-orang akan lebih familiar dengan nama wilayah Johor.

Ya, Jalan Karya Wisata sendiri terletak di Kecamatan Medan Johor, Gedung Johor, Kota Medan. Sama seperti Setia Budi, kawasan ini dipenuhi berbagai jenis perumahan dari yang sederhana hingga mewah.

Berbagai fasilitas pun tersedia di kawasan ini, mulai dari sekolah (swasta-negeri), rumah sakit, pusat perbelanjaan (modern-tradisional), hingga pertokoan dan bisnis.


Nah, setelah membaca penjabaran di atas apakah teman-teman berminat untuk tinggal di salah satu lokasi sewa rumah di Medan tersebut? Jika iya, temukan rumah sewa yang tepat di laman properti 99.co Indonesia ya.

Perlu diingat, harga sewa setiap rumah tentu berbeda-beda, hal ini tergantung pada lokasi rumah, spesifikasi bangunan, fasilitas ruangan, hingga akses dan fasilitas umum yang tersedia di sekitarnya.

Maka dari itu, pilihlah rumah dengan spesifikasi dan harga sewa rumah di Medan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba! ^_^


Wassalam











29 comments

  1. Rekomen banget untuk harga sewa rumah yang strategis bisa jadi opsi untuk yang berada di kota Medan

    ReplyDelete
  2. Wah noted ini, siapa tahu suatu hari nanti bakal agak lama ke MEdan (jika ada rezeki kelak).

    ReplyDelete
  3. Daku sih kalau ada bujetnya atau dikasih rumah di sana mau aja Ummi, hehe, apalagi nama jalannya sama kayak di sini jadi mudah dihapalkan

    ReplyDelete
  4. Semoga satu hari bisa sampai Medan aku kak. Maklum blank kecuali tahu bika n bolu hahaha..makasih infonya kak

    ReplyDelete
  5. Nice info mbak buat yang mau sewa rumah di sana. Walaupun aku kalau ke Medan pasti nginepnya di rumah nenekku. Btw rumah nenekku di sana di Jalan Karya juga tapi nggak pakai Wisata. Haha!

    ReplyDelete
  6. Gak kebayang punya rumah di Medan.
    Karena aku lahir di Langkat, Medan.
    Pasti rasanya senang bisa kembali mengenang taha kelahiran.

    ReplyDelete
  7. Siapa tahu suatu saat bisa ke Medan dan ada takdir di sana ... ini disimpan dulu. Makasih Mbak

    ReplyDelete
  8. Wah sewa rumahnya bisa harian ya mba.
    Baru tahu nih
    Beneran bs jd alternatif klo ke Medan rame2 gitu dan mau paket hemat...

    ReplyDelete
  9. Lokasi strategis emang pas buat dijadikan hunian ya...apalagi sewa..meski sementara tetap pertimbangannya akses dan fasilitas nya..

    ReplyDelete
  10. Waah, baru tahu info sewa rumah di Medan nih.
    Tahun lalu sempet 3 hari di Medan, sepulang dari Aceh mampir dulu, ada kerjaan skalian kumpul sama mentemen. Nongki di Ring Road Mall, seru abiss..

    ReplyDelete
  11. Kebetulan saudara suamiku ada yang tinggal di Jalan Karya Wisata, karena waktu ke Medan sempat berkunjung kesana.

    ReplyDelete
  12. belum pernah nginjek kota medan. jadi penasaran. pengen banget bisa mampir ke medan suatu saat nanti :)

    ReplyDelete
  13. Jadi mikir, udah berapa tahun ya saya belum ke Medan? Kangen juga sama kota ini ^_^

    ReplyDelete
  14. Jadi kangen Medan kampung halamanku huhu nggak bisa mudik tahun ini...btw itu jalan-jalan strategis semua memang mbak. Dr. Mansyur itu kampus ku dan disitu memang lokasinya banyak mahasiswa, Karya Wisata aku pernah tinggal disitu juga sewaktu 2 tahun menikah :)

    ReplyDelete
  15. Belum pernah ke Medan tapi pengen suatu hari nanti, pasti unik banget ya, kota besar tentu sewa rumahnya tinggi ya Mbak Ade

    ReplyDelete
  16. Ini persis kayak aku dan suami, kalo pergi rombongan keluarga besar. Noted, bisa jadi alternatif kalo ke Medan nanti

    ReplyDelete
  17. buat aku yang belum pernah ke Medan baca tulisan ini jadi kebayang gimana tinggal di sana gimana. makasi mak buat infonya

    ReplyDelete
  18. wah bisa jadi rekomendasi nih kalo mau ke medan lagi, tapi kayaknya enak juga kalo berdua aja saa suami, tapi kasihan anak-anak deh, hahaha

    ReplyDelete
  19. aku pernah loh mbak browsing2 gitu di 99.co gitu, banyak pilihannya

    ReplyDelete
  20. Kalau mau menyewa rumah memang seharusnya memperhatikan lokasi, spesifikasi bangunan dan fasilitas yang ada di sekelilingnya. Dan semua itu disesuaikan dengan budget kita

    ReplyDelete
  21. Waah adik iparku juga dinas di Medan nih.Mungkin bisa baca artikel ini biar tau sewa rumah dimana. Thanks infonya Mbak.

    ReplyDelete
  22. Semoga lepas pandemi bisa main-main ke Medan lagi. Nanti harus menginap beberapa hari supaya puas eksplor.

    ReplyDelete
  23. Wohooo, ternyata lumayan tersebar ya mba lokasi untuk sewa rumah di Medan.. Dulu medan terkenal banget dgn kota yang panass tapi sekarang sepertinya pembangunannya udah lumayan rindang dan nyaman ya...

    ReplyDelete
  24. Pengiin juga ke tanah kelahiranku, Medan.
    Dan aku sampai sekarang ga ada bayangan Medan dalam ingatanku loo.. Padahal dulu hampir bisa dipastikan kalau jalan-jalan yaa, ke Medan. Maklum, kami tinggal di Langkat. Daerah kabupaten.

    ReplyDelete
  25. Noted. Aku blom pernah ke Medan sih, tapi ada banyak temen akrab yang sekarang tinggal di medan. Simpen dulu ah infonya buat persiapan kalau main ke medan nanti

    ReplyDelete
  26. Referensi banget ni untuk yang mau memiliki hunian yang nyaman dan strategis di kota meda.

    ReplyDelete
  27. Aku pernah ke Medan,seru banget deh jalan2 ke Medan, rasanya belum puas deh pengen ke Medan dan menikmati keindahannya, pernah nyasar juga hehe...

    ReplyDelete
  28. Yang orang Medan dan yg mau merantau ke Medan bisa keep informasi ini ya Mba. Siapa tau membutuhkan banget.

    ReplyDelete
  29. referensinya oke banget nih sepupu ada yang mau pindah ke meadn, saya share infonya mba, makasih mba :)

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^