Coke Jahe Ayam Potong So Good

Ayam Potong So Good


Bismillahirrahmaanirrahiim.
Assalamu'alaikum wr.wb.

Hai.. hai... baca judulnya saja pasti pikirannya sudah macam-macam, seperti :

Emang bisa coke dijadikan masakan?
Kan coke nggak sehat.
Iiih, pasti banyak bumbu-bumbu lainnya deh biar ilang manfaat buruknya? 


Ayam Potong So Good
photo taken by motioneaze.com

Tenaaang... tenang... sebelum saya pos saya sudah cari tahu baik buruknya menggunakan Coke dalam masakan. Yuk, kita lihat manfaatnya :


1. Sebagai Penghilang Zat Penyumbat pada Lambung

Gastric phytobezoar merupakan bahan tanaman tak tercerna (misalnya selulosa) yang terjebak dalam sistem gastrointestinal, biasanya lambung. Hal ini sering terjadi pada pasien dengan pencernaan terganggu dan kurangnya pergerakan lambung. Jika tak dibuang atau dihancurkan, sumbatan tersebut dapat menyebabkan gangguan usus yang ditandai dengan sembelit, sakit perut, atau muntah.

Masalah ini bisa diatasi dengan laser atau endoskopi non bedah, atau operasi jika sudah parah. Ternyata ada cara yang lebih mudah, murah, dan enak, yakni dengan meminum Coke.

Peneliti dari sekolah kedokteran Athens University mempelajari karya-karya akademis yang dipublikasikan secara terbuka sejak 10 tahun terakhir. Karya tersebut berisi rincian 46 pasien di seluruh dunia yang mengalami gastric phytobezoar dan meminum Coke untuk mengatasinya.

Dari jumlah tersebut, 23 orang merasakan manfaat Coke dalam menghancurkan penyumbat. Sementara itu, 19 orang hanya membutuhkan perawatan karena telah terbantu oleh minuman ini. Empat orang lagi membutuhkan operasi.

Dengan demikian, angka kesuksesan Coke mencapai 91,3%. "Coke merupakan prosedur yang murah, mudah, dan aman yang bisa dilakukan di unit endoskopi manapun," ujar peneliti, seperti dikutip dari The Telegraph (07/01/13). Coke memiliki pH 2.6 karena mengandung asam karbon dan fosfat. "Mirip dengan asam lambung yang penting bagi pencernaan serat. Gelembungnya meningkatkan mekanisme pelarutan," tambah peneliti.

Kalaupun Coke tak menghancurkan penyumbat secara sempurna, minuman ini akan mengecilkan dan melunakkan. Jadi, lebih mudah dibuang tanpa perlu operasi. Menurut jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics, Diet Coke dan Coke Zero juga berkhasiat karena bahan dasarnya sama. (sumber : food(dot)detik(dot)com)


2. Sebagai Bumbu Masak

Coke dicampur dengan bumbu barbeque yang perbandingannya 1:1 dapat menambah cita rasa masakan. Biasanya digunakan sebagai bumbu rendaman steak daging/ayam (marinade). Kandungan gula pada Coke mampu membuat warna daging/ayam lebih berkilau. (sumber : cerpen(dot)co(dot)id)


Alasan kedua inilah yang membuat saya ingin membuktikan pada resep yang saya tulis saat ini.

Resep kali ini tuh super duper praktisnya. Kenapa? Bahannya irit bangeeeet. Jadi kalau kepepet nggak ada makanan saya tinggal lari ke mini market semua bahan ada disana. Karena biasanya saya suka stock ayam di rumah.

Semenjak ada So Good Ayam Potong, saya nggak perlu menuh-menuhin freezer dengan ayam potong beli di pasar. Cukup ke minimarket depan rumah sudah dapet ayam potong deh. Nggak perlu khawatir dengan waktu. Malam-malam pun bisa dapat ayam potong dengan cepat.

Selain alasan kemudahan mendapatkannya, Ayam Potong So Good potongannya besar-besar. Gizi, kebersihan dan kesegarannya sudah terjamin oleh PT. JAPFA sebagai perusahaan yang memproduksi Ayam Potong So Good.

Ayam Potong So Good
logo halal pada kemasan Ayam Potong So Good
Yang paling terpenting adalah logo halal MUI terdapat pada kemasan Ayam Potong So Good. Itu menandakan ayam ini dipotong dengan cara yang halal. Jadi makannya pun rasanya bisa lep lancar jaya lewat tenggorokan saya dan keluarga. ^_^

Potongan ayamnya pun bisa kita pilih karena ada 3 macam potongan :
So Good Paha & Dada 1kg dan 450gram
So Good Utuh Potong 10 1kg
So Good Daging Sop Ayam 1kg


Ayam Potong So Good
Macam-macam Ayam Potong So Good
Saya biasanya memilih yang So Good Paha dan Dada 1kg, karena Abang Fi suka sekali sama bagian dada. Dia nggak mau makan kalau potongannya nggak ada dada. Namun berhubung saat mau mencoba resep ini kehabisan stock So Good Paha & Dada, saya memilih yang ada saja yaitu So Good Utuh potong 10 1kg.

Ayam Potong So Good
kemasan ayam potong so good utuh

Ok kita eksekusi saja ya resepnya


COKE JAHE AYAM POTONG SO GOOD

Bahan- bahan :
Ayam Potong So Good Utuh 1kg
Coke 350ml
Air 1 liter

Bumbu-bumbu :
Bawang putih 3 siung (cincang halus atau uleg)
Jahe 2cm/1 ruas ibu jari (cincang halus atau uleg)
Gula & Garam secukupnya
Penyedap rasa (optional)

Cara Membuatnya :
Rebus Ayam Potong So Good dengan 1 liter air, bawang putih dan garam secukupnya. Kalau dirasa kurang gurih bisa ditambah bumbu penyedap. Biarkan hingga air sisa sedikit sekali. Aduk-aduk ayam agar tidak lengket. Kecilkan api.

Saat menunggu rebusan ayam kering. campurkan Coke dengan Jahe. Aduk rata. Begitu ayam rebusan sudah mengering. tuangkan setengah Coke Jahe pada ayam. biarkan mendidih hingga air Coke Jahe tinggal dikit. Lalu balik ayamnya, dan masukan kembali sisa Coke Jahenya. biarkan hingga Coke tinggal sedikit.

Koreksi rasa, jika kurang boleh taburi gula / garam secukupnya, jika ingin lebih gurih tambahkan bumbu penyedap (optional). Aduk-aduk ayam hingga rata. Koreksi rasa lagi, jika sudah pas, Coke Jahe Ayam Potong So Good siap disajikan.

Ayam Potong So Good
Coke Jahe Ayam Potong So Good
Tips :
Selama memasak gunakan api sedang. Kalau kepanasan kuah Coke akan menggumpal layaknya karamel. Karena fungsi Coke disini serupa dengan kecap ayam bakar.

Jadi bukan hal buruk saja yang terdapat pada Coke. Ada Manfaat baiknya juga looh. Tetap peringatannya, jangan menggunakannya berlebihan. Karena apapun yang berlebihan tidak akan menghasilkan hal yang baik bagi diri kita. Gunakan seperlunya. Seperti pada resep Coke Jahe Ayam Potong So Good ini. Selamat mencoba yaaa ! ^_^

Oiya, mengingatkan kembali. So Good bersama Blogger Perempuan Network mengadakan Lomba Kreasi Masak loooh. Jurinya langsung oleh Chef Ari Galih Gumilang. Itu loooh, yang pernah tampil diacara program masak "Harmoni". Hadiahnya juga lumayan loooh ada Camera dan HP. Ayo, buat yang suka masak, jangan lewatkan yaaa !

Ayam Potong So Good

#BPNxSOGOOD 
#RamadhanSoGoodAyamPotong


Wassalam




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^