Pengganti bumbu masak yang beralkohol

Desember 17, 2010

www.adeufi.com


Assalamu'alaikum wr. wb.

Bissmillahirrahmaanirrahiim..

Kemarin malam lihat foto roll sushi buatan teman yang berada di Paris. Tertarik ingin mencobanya, aku langsung minta resepnya sama beliau. Temanku pun langsung mengirimnya lewat inbox. Begitu aku baca, aku agak sedikit kecewa, karena dalam resep tersebut ada bahan beralkohol. Beras pada sushi menggunakan mirin (adalah bumbu dapur untuk masakan Jepang berupa minuman beralkohol berwarna kuning, berasa manis, mengandung gula sebanyak 40%-50% dan alkohol sekitar 14%)
Image result for sushi

Berhubung roll sushi sering tampil di film-film atau drama korea, so aku penasaran ingin bisa membuatnya. (hihihi maklum penggemar berat drama n film korea ^_^). Aku searching bahan penggantinya. Bersyukur... aku malah menemukan informasi yang lebih.

Buat para blogger muslim yang hobi masak, mungkin informasi ini bermanfaat buat kita. Berikut beberapa alternatif pengganti bahan-bahan tambahan yang beralkohol :


  • Ang Ciu

ang ciu

Ang Ciu adalah bumbu penyedap yang sering digunakan pada masakan-masakan Cina. Bentuknya seperti botol kecap bertulikas aksara Cina. Angciu terbuat dari beras ketan yang difermentasikan menjadi alkohol. Kalau ketan diragikan jadi tape, Ang Ciu ini adalah air tapenya. Di Medan dikenal dengan sebutan air tape atau arak masak.
Ang Ciu sering digunakan bukan hanya di restoran-restoran besar yang menyediakan makanan Cina, namun warung-warung tenda pinggir jalan juga masih banyak yang menggunakan. Ang Ciu bisa dicari di toko-toko tradisional yang jual kecap asin, kecap manis, dll. Kalau di luar negeri dapat dibeli di toko Asian Grocery atau di Ranch Market.

angciu halal
bahan pengganti angciu


Nah, buat muslim pencinta masakan Cina, jika kita ingin mengganti Ang Ciu pada resep masakan kita, bisa menggantinya dengan campuran kecap asin dan perasan jeruk limau. Takarannya dikira-kira saja. Ada juga yang menambahkan dengan sedikit air jahe. Semua tergantung selera rasa masing-masing lidah kokinya ya. (sumber : blog my kitchen)

  • Mirin

mirin

Mirin adalah minuman beralkohol dari Jepang. Rasanya manis (kata yang udah nyicipin). Mirin sama dengan Ang Ciu, dibuat dari beras ketan yang dikukus lalu diberi ragi. Namun saat proses fermentasi ditambah arak yang disebut shōchū untuk mempercepat proses peragian. (sumber : wikipedia)

mirin halal
bahan pengganti mirin


Bahan alernatif pengganti mirin adalah jus anggur yang manis (diberi gula) yang dicampur dengan perasan air jeruk lemon.


  • Red Wine
red wine
Red wine atau nama lainnya anggur merah adalah sebuah minuman yang dibuat dari campuran buah anggur merah dan anggur hitam yang dihancurkan lalu difermentasikan. Red wine sering digunakan dalam bahan baku makanan, terutama makanan barat. Baik itu digunakan sebagai perendam atau pelunak bahan baku makanan atau sebagai penyedap rasa masakan yang sedang diolah. Fungsi ditambahkan red wine dalam masakan adalah untuk memperkaya aroma dan rasa makanan tersebut.

red wine
bahan pengganti red wine


Alternatifnya adalah jus anggur, jus cranberry dan jus tomat.


Mungkin dari segi rasa agak sedikit berbeda, tapi tidak menghilangkan kenikmatan masakan tersebut. Dengan info ini Insya Allah kita bisa buat masakan negara lain tanpa takut dan ragu akan kehalalannya... Selamat memasak!

Oiya sebelumnya, banyak yang salah dalam membedakan antara jeruk limau dan jeruk nipis. Jeruk limau lebih kecil jika dibanding dengan jeruk nipis. Untuk pastinya mana jeruk limau dan jeruk nipis, silakan lihat pada gambar berikut.
www.adeufi.com


Semoga Allah selalu bersama orang-orang yang menghindari larangan Allah... amin..

You Might Also Like

2 komentar

  1. mengenai ekstrak vanilla, kl yg dimaksud adl vanilla extract dlm bentuk cair, maka itu mengandung alkohol 35% (setidaknya yg dijual di USA). Vanilla extract dibuat dg merendam polong vanilla (vanilla bean) dlm alkohol. Alternatif penggantinya adl bubuk vanilla (vanilla powder), tp jgn pakai vanilin yg mrpk bhn perisa buatan (artificial flavor) dr bhn kimia sintetik.

    BalasHapus
  2. Wah, baru tau kalau Mirin itu mengandung alkohol 14% hehe kalau aku kurang begitu suka sushi deh...oh ya pas jajan2 kwetiaw dll itu kan masaknya heboh banget apinya tinggi ke mana2, berarti pakai ang chiu ya, mb Ade? Mesti hati2 nih kalau kulineran, tq infonya ya sangat bermanfaat :D

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^

Popular Posts

My Instagram

Jadwal Sholat

jadwal-sholat