Cara Mendidik Anak Agar Cerdas Multitalenta

Agustus 20, 2017



Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum wr.wb.

Waaah Mas/Mba A hebat ya, Bun mandiri sekali. Serba bisa.
Masya Allah, Sudah pintar, sholeh/ah lagi.
Bunda sih enak ya.. anaknya sudah besar-besar dan berhasil semua

Hayooo... siapa yang mau dapat pujian seperti ini? Saya juga mau. ^_^
orangtua mana yang tidak ingin mendapat pujian terhadap anak-anaknya seperti pujian-pujian yang saya tulis diatas. Semua pasti ingin mendapatkannya. Tentunya butuh proses yang tidak mudah. Orangtua pun perlu ilmu untuk bisa menjalani proses pembentukan Generasi Platinum Multitalenta tersebut. Hmm.. apa dan kapan tepatnya Generasi Platinum Multitalenta itu?
Yuk, kita baca pembahasan selanjutnya.

KONFRENSI AYAH BUNDA PLATINUM (KABP)
Seperti yang saya tulis diawal bahwa untuk mencapai anak yang sepeti kita harapkan, kita butuh proses. Hal ini diwujudkan oleh Morinaga, PT. Kalbe Farma yang mengadakan Konfrensi Ayah Bunda Platinum (KABP) di kota Tanggerang seminggu yang lalu.

KABP kali ini diadakan untuk para orangtua yang ingin anaknya menjadi Generasi Platinum. Itu sebabnya Morinaga mengangkat tema KABP 2017 ini dengan Siapkan Kecerdasan Multitalenta si Kecil Sejak Dini. Harga tiket masuk Rp 100.000 per orang. Saya yang melihat tema KABP tersebut langsung mengajak pasukan ganteng berangkat ke Hotel Novotel Tanggerang agar bisa mendapat ilmu yang bermanfaat. Setibanya di Grand Ballroom Hotel Novotel Tanggerang, kami langsung disambut dengan pasukan merah. Karena saat itu ada dress code untuk peserta, yaitu nuansa merah.
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017
flayer acara KABP 2017

Koridor Grand Ballroom Hotel Novotel yang luas terlihat penuh dengan pasukan merah yang sedang antri untuk registrasi. Ya, sebelum masuk kami registrasi ulang terlebih dahulu. Untuk data makan siang dan goodiebag. Setelah itu kami dipersilakan masuk, dengan membawa snack, kedalam Ballroom dan mencari tempat duduk sesuai warna yang ditentukan. Ada Kuning, Biru, Hijau, dan Merah. Hmm.. untuk apa ya warna-warna tersebut? (kepo yaaaa.. ^_^)
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017
Bangku yan diberi warna-warna


Tepat pukul 10.00 acara KABP pun dimulai dan dibuka dengan sambutan dari Ibu Indria Sulis dari Morinaga dan Dr.Arif Nasution, Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Banten. KABP ini merupakan fasilitas berupa seminar persembahan Morinaga dengan mengambil konsep dan penerapan aktifitas stimulasi anak agar tumbuh menjadi Generasi Platinum yang Multitalenta. KABP ini akan dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan acara perdananya dimulai di Jakarta, yang diadakan di The Kasablanka, Mal Kota Kasablanka lantai 3 pada bulai Mei 2017.

Morinaga memahami pentingnya dukungan stimulasi dan peran orangtua dalam mengasah kecerdasan majemuk anak sejak dini. Itu sebabnya dalam KABP kali ini menghadirkan para narasumber kompeten dibidangnya, yaitu Dr. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja Departemen Ilmu Kesehatan Anak dan ada Dr. Rose Mini A. Prianto, M.Psi, Ketua Program Studi Psikologi Terapan Fakultas Psikologi UI dan Presiden Direktur ESSA Consulting. Nah, mantab kan nara sumbernya.

4 FAKTOR TUMBUH KEMBANG ANAK
Tadi diawal kan saya sempat bingung untuk apa ya warna-waran bangku itu? ternyataaa, warna-warna itu untuk menandai 4 faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Dalam sesi pertama, Dr. Wawan (panggilan untuk Dr. Ahmad Suryawan) meminta jika nanti tiba saatnya sesi tanya jawab, peserta yang bertanya harus sesuai dengan warna faktor tumbuh kembang anak tersebut. Berikut penjabaran dan warna yang dijelaskan oleh dokter Wawan tentang 4 faktor tumbuh kembang anak itu ada, yaitu :
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017

1. Perkembangan Otak (Oranye)
Menurut penjelasan dokter yang bekerja kesehariannya di RSUD Dr. Soetomo Surabaya ini bahwa perkembangan otak manusia itu pada 1000 hari pertama kelahirannya. Yaitu dimulai dari dalam kandungan hingga usia 2 tahun. Pembetukan otak terjadi karena 2 hal penting yang diberikan oleh orangtua, yaitu :
  • Sel-Sel Otak : Pembentukan sel-sel otak bisa dibentuk dengan pemberian nutrisi dini yang baik bagi anak. Nutrisi yang baik mempengaruhi 80% perkembangan otak anak. Pemberian pondasi nutrisi yang baik hingga anak berusia 2 tahun, akan berefek baik bagi kecerdasan dan tumbuh kembang anak kelak.
  • Jaringan Koneksi Otak : Sementara koneksi jaringan di otak terbentuk karena adanya stimulasi dini bagi bayi. Stimulasi memperkaya koneksi sel-sel otak anak cerdas dan memberikan pengalaman sensoris ke otak sehingga membentuk sirkuit baru.Stimulasi yang benar dilakukan mulai dari dalam kandungan, secara alami, rutin dan regular.
2. Sistem Ketahanan Tubuh (Biru)
Lewat nutrisi yang baik, bukan hanya membentuk sel-sel otak anak saja, melainkan dapat membentuk sistem ketahanan tubuh bagi anak. Inisiasi dini pada bayi dan ASI eksklusif meru[akan nutrisi terbaik bagi ketahanan tubuh di 6 bulan pertama. Setelah 6 bulan komposisi ASI mulai berkurang sehingga perlu diberikan MPASI hingga anak berusia 2 tahun. Diatas 2 tahun anak sudah bisa mengikuti makanan keluarga.

Selain nutrisi dari makanan, Dokter Wawan juga menambahkan untuk pemberian Vaksin atau Imunisasi sebagai pendamping pembetukan ketahanan tubuh bagi anak.

3. Tumbuh Kembang Optimal (Hijau)
Optimalisasi tumbuh kembang anak itu hanya ada pada usia 0 (dalam kandungan) hinggan usia 18 tahun. Dan dibawah usia 6 bulan adalah masa dimana kita perlu perhatian khusus untuk membentuk tumbuh kembang anak. Orangtua wajib melakukan pendektesian dini dalam proses tumbuh kembang anak tersebut. Sehingga jika ada kelainan pada anak kita, bisa segera bisa ditangani oleh ahlinya.
Genetik sangat mempengaruhi tumbuh kembang fisik anak kita, tapi hal tersebut bisa diperbaiki dengan pemberian nutrisi dan simulasi yang baik.

4.Kesehatan Saluran Cerna (Merah)
Kesehatan saluran cerna berkaitan erat dengan ketahanan tubuh. Kesehatan saluran cerna berawal dari pemberian nutrisi yang baik dan tepat bagi anak sesuai perkembangan usianya. Seperti yang tertulis pada poin 3. Selama anak kita tumbuh sesuai grafik tumbuh kembang yang diberikan oleh dokter atau pekerja kesehatan lainnya, jangan mudah memberikan vitamin tambahan pada anak. Pemberian vitamin tambahan harus sesuai dengan saran dokter atau kondisi anak memang sedang sakit.
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017

Diakhir sesinya dokter Wawan berpesan bahwa ASI adalah nutrisi terbaik bagi anak di dunia mana pun. Tidak ada satupun yang sanggup untuk menggantikannya ciptaan Allah tersebut. ASI akan berubah setiap hari komposisinya mengikuti kebutuhan bayi. Jadi ibu nggak perlu khawatir ya dengan komentar orang-orang akan ASI encer, ASI terlalu sedikit dll. Karena kebutuhan bayi berbeda-beda.

"Jangan pernah mengukur kesehatan anak dari seberapa banyak ASI yang diberikan atau gemuk, kurus fisiknya, tapi dilihat dari grafik tabel kesehatan bayi yang diberikan oleh dokter atau pekerja kesehatan".

Dokter Wawan juga memberikan beberapa tips untuk Ayah Bunda untuk membentuk perisai pelindung anak generasi multitalenta, yaitu :
  • Di Masa Kehamilan : Ibu harus menjaga kesehatan seoptimal mungkin. Selalu kontrol kandungan dengan teratur. Hindari stres dan usahakan hati tenang, senang, nyaman, kreatif dan menciptakan aktivitas sesuai kondisi kehamilan. Terakhir ayah dan ibu siaga di bulan kehamilan.
  • Di Masa Persalinan : di masa ini semaksimal mungkin untuk melahirkan secara normal kecuali atas saran dokter kandungan untuk melakukan persalinan khusus. Berikan ASI sesaat setelah lahir IMD. Berikan ASI secara eksklusif dan benar.
  • Di Masa Bayi dan Usia Dini : tips di usia ini adalah menghindarkan anak dari stres berlebihan. Kita sebagai orangtua segera cepat merespon keinginan anak, tidak memaksakan anak dalam interaksi sehari-hari. Dalam hal memberi makan pada anak, lakukan dengan menyenangkan. Orantua juga harus bisa memberikan kesempatan eksplorasi pada anak.

MENCALANG BOOTS
Selesai sesi pertama, saya langsung memanfaatkan waktu untuk mengunjungi boots yang ada pada acara KABP 2017. Tentu saja saya langsung menuju ke boots susu. Apalagi kalau bukan membeli susu dengan harga dibawah harga pasar. Adek Fi kesehariannya memang minum susu Chill Go.

Adek Fi kurang suka dengan susu bubuk, karena dari awal dia mengenal susu formula saya langsung memberikan susu cair siap minum. Saat itu awalnya untuk melatih Adek Fi agar bisa minum dari sedotan, tapi lama-lama malah jadi suka. Adek Fi memang tidak mngenal dot, karena perutnya sering kembung, maka saya tidak menggunakan dot untuk minum susu. Dan saya sampaikan keluhan itu ke teman saya. Teman saya menyarankan untuk membeli Chill Go. Susu siap minum yang diperuntukkan anak usia 1 - 12 tahun. Dan Alhamdulillah Adek Fi suka susu itu.
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017
photo taken by www.morinagaplatinum.com

Chill Go ada 3 varian rasa. Ada vanila, coklat dan strawberry. Dan semua rasa itu Adek Fi suka sekali. Sehari dia bisa menghabiskan 2 - 3 botol. Makanya, kesempatan ada moment KABP 2017 ini, saya langsung beli 6 pack. Biasanya saya beli 6 pack Rp 200.000, di acara KABP 2017 saya dapat beli hanya Rp 150.000. Lumayaaan kaaan irit Rp 50.000. Inilah kebahagiaan abadi seorang ibu. ^_^

Rupanya beli susu Chill Go nya harus pakai form loh, lalu kita bayar ke meja kasir, yang diawal acara fungsinya sebagai meja regristrasi. Kebetulan saya punya kartu member Kalbe, jadi saya dapat poin belanja lagi deh. Udah hemat Rp 50.000 dapat poin pula.
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017
meja kasir

Saya punya kartu Kalbe, karena saat hamil Abang Fi sampai Adek Fi minum susunya Prenagen. Dan disana ada boot susu prenagen juga looh. Icip-icip gratis susu Prenagen, siapa tau hamil lagi.. Aamiin. Selain susu Prenagen ada boot tester untuk susu Chill Kids dan Chill School loh. Untuk cookies-nya ada  Milna Toddler Biskuit dan Bubur Bayai Milna.
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017
Boots tester susu bubuk

Sambil menunggu susu Chill Go yang sudah saya pesan saya membaca brosur yang ada disekitar boots susu. Ternyata saya baru tahu kalau Morinaga itu punya 5 macam jenis susu. Dua jenis Morinaga Chill School, 2 jenis Morinaga Chill Kids dan 1 Morinaga Chill Go.
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017

Pada acara KABP 2017 ini banyak anak kecil yang ikut orangtuanya. Tapi Morinaga sudah mempersiapkan boots untuk area bermain anak-anak. Ada juga boots untuk ajang selfie-selfie loh.
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017
boots foto selfie
Selesai menerima susu Chill Go, Adek Fi langsung meminumnya, sambil menunggu saya selesai sholat dzhur dan makan siang. Melihat jam sudah menunjukkan jam 13.00 WIB saya kembali lagi masuk kedalam ruangan dan siap menerima ilmu di sesi kedua.

Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017
Adek Fi minum susu Chill Go sambil nunggu ummi makan


KECERDASAN MAJEMUK
Jika dokter Wawan memberikan pencerahan tentang 4 faktor utama akan tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan, kini Bunda Romi (panggilan akrab Dr. Rose Mini) banyak memberikan tentang stimulasi kecerdasan anak lewat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence).
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017

Apa sih Kecerdasan Majemuk?
Menurut Dr. Howard Gardner sebagai orang yang memperkenalan kecerdasan majemuk menyatakan bahwa indikator kecerdasan itu bukan hanya 1 aspek, tetapi mencakup banyak bidang dalam kehidupan. Ada 9 Kecerdasan Majemuk yang dikenalkan oleh Bunda Romi, yaitu :

1.  Kecerdasan Musikal
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017

Kemampuan anak dalam memahami musik. Anak dengan kecerdasan musikal akan mampu mengikuti dengan cepat nada dan irama sebuah lagu.

2. Kecerdasan Kinestatik
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017

Kecerdasan anak dalam gerak tubuh. Anak yang mempunyai kecerdasan Kinestatik selalu mendapat nilai tinggi atau berhasil di bidang olah raga dan seni tari.

3. Kecerdasan Logikal Matematik
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017

Kemampuan anak untuk memahami kondisi atau situasi dengan menggunakan penalaran logika, kemampuan analisa termasuk perhitungan matematis. Kecerdasan logikal matematik mampu membuat anak pintar di mata pelajaran matematika dan pintar dalam menganalisis sesuatu dalam logika.

4. Kecerdasan Visual Spasial

Kemampuan anak untuk membayangkan suatu hasil akhir, berpikir kratif, mengimajinasikan sesuatu, dll. Anak-anak yang memiliki kecerdasan ini biasanya mempunyai daya imajinasi tinggi.

5. Kecerdasan Linguistik
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017


Kemampuan anak mengekspresikan diri menggunakan bahasa lewat membaca menulis dan komunikasi. Anak-anak seperti ini padai merangkai kata-kata yang indah untuk dibaca atau didengarkan.

6. Kecerdasan Interpersonal

Kemampuan anak untuk bekerjasama dengan yang lain secara efektif, berempati, dan memahami orang lain. Anak-anak seperti ini mampu berhubungan baik denga teman-temannya.

7. Kecerdasan Intrapersonal
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017

Kemampuan anak memahami diri sendiri dan bertindak berdasarkan pemahaman tersebut. Pada kecerdasan ini mendidik anak menjadi mandiri.

8. Kecerdasan Natural
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017

Kemampuan anak mengenali flora dan fauna serta melihat perbedaan dan persamaannya.Pada kemampuan ini anak pandai di pelajaran IPA.

9. Kecerdasan Moral
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017

Kemampuan anak untuk membedakan benar dan salah berdasarkan keyakinan yang kuat akan etika dan menerapkannya dalam tindakan. Anak yang memiliki kercedasan ini akan mampu berempati, memiliki hati nurani, kontrol diri, respeck, kebaikan, toleransi dan bersikap adil.

Semua kecerdasan diatas, Morinaga menyiapkan website untuk mendeteksi kira-kira anak kita memiliki kecerdasan apa ya. Dan ada penjelasan lebih detailnya loh, mulai dari ciri-ciri sampai cara menstimulsainya. Coba saja kita buka web-nya di http://www.morinagamiplayplan.com
Morinaga Konfrensi Ayah Bunda Platinum 2017
Bunda Romi dan Irfan Hakim

Selain menjelaskan tentang 9 kecerdasan majemuk, Bunda Romi juga mengajak kita para ayah bunda untuk memfasilitasi anak dalam bermain. Karena dalam bermain mampu menstimulasi kecerdasan otak anak. Berikut tips dari Bunda Romi dalam memfasilitasi anak untuk bermain, yaitu :
  • Sesuaikan permainan dengan karateristik dan tugas perkembangan anak.
  • Ciptakan suasana menyenangkan tanpa keterpaksaan. 
  • Pilih permainan yang dapat mengembangkan keseluruhan potensi anak.
  • Manfaatkan bahan yang tersedia.
  • Berikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan imajinasi dan kreatifitas mereka.
  • Ajak anak untuk berdiskusi setelah bermain.
Selain mampu menstimulasi kecerdasan otak anak, kegiatan bermain memberikan peluang bagi anak untuk belajar. Berikut manfaat bermain lainnya, yaitu :
  • Melatih fisik, sosial emosi dan kognitif anak.
  • Menjadi sarana rekreasi bagi anak.
  • Anak jadi belajar mentaati peraturan.
  • Anak juga belajar bersosialisai dan bekerjasama.
  • Mempersiapkan anak menjalankan peran di kehidupan dewasa.
  • Menstimulasi kecerdasan majemuk anak.

Setelah selesai semua penjabaran nara sumber, baik Dokter Wawan atau pun Bunda Romi mempunyai satu pendapat yang sama bahwa semua tumbuh kembang anak tergantung dan kecerdasannya berawal dari pola asuh dan didikan orangtua.

Wah benar-benar banyak ilmu yang saya dapatkan di acara KABP 2017 ini. Mulai dari ilmu parenting tentang nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimal, multiple Intelligence dan kecerdasan multitalenta. Sesuai dengan tagline-nya Morinaga, susunya Adek Fi. Insya Allah semua ilmu ini masih bisa saya terapkan ke Adek Fi. Semoga ini menjadi Ilmu yang bermanfaat buat kita semua ya ^_^

Oiya, jika ingin keterangan lebih lanjut tentang Morinaga silakan hubungi :
Website : www.morinagaplatinum.com
Facebook : Morinaga Platinum
Twitter : @MorinagaID
Instagram : @morinagaplatinum
YouTube : Morinaga Platinum

Wassalam

You Might Also Like

36 komentar

  1. emang mantab acaranya.. seru juga

    BalasHapus
  2. Wah tahap tumbuh kembang anak memang kompleks ya, tapi harus tetep dielajari sm orang tuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib, mba kalau mau anaknya tumbuh sesuai harapan kita ^_^

      Hapus
  3. Ohh harga tiket masuknya 100 ribu to. Lumayan juga sama yg didapat ya mbak. Peserta bisa punya banyak ilmu seputar parenting disini. Makanya antusias pun terlihat saat acara ya. Selalu suka deh aku belajar dari seminar macam konferensi Ayah Bunda ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, say.. makanya murah kaaan harusnya

      Hapus
  4. Memang penting 8 kecerdasan ini pada anak agar menjadi generasi platinum.

    BalasHapus
  5. Nah masalahnya ada aja yg menganggap gemuk/kurus sebagai tolak ukur kesehatan. mamak2 yg udah optimal tapi anaknya tetep kurus kan jadi suka sensi, haha... eh ade ufi, bagi donk chilkidnya, enak bangeet ya, Fathan Nusaiba juga sukaaa 💓

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. chill go tante shine. Memang iya sih, membalik paradigma itu kan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh proses. Salah sarunya menyebar ilmu2 spt ini. Biar jgn lagi ada yg berpikiran gemuk itu sehat, dll

      Hapus
  6. acaranya keren, aku pengin ikut tapi jauh bingit

    BalasHapus
    Balasan
    1. CL membuang kata 'jauh' buat saya.. haha

      Hapus
  7. Wah jauhnya dari Depok ke Tangerang jemput ilmu pengasuhan anak dari Morinaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu uh.. demi dpt ilmu baik. Selgi ada CL sih deket, Mba ^_^

      Hapus
  8. Morinaga Chilschool dan chilgo susu anakku yg kecil. Aku percaya nutrisi dlm susu morinaga mampu memberikan asupan yg dibutuhkan oleh anakku yg aktif banget. Anakku ini tipe anak musikal dan.sangat aktif. Tp Alhamdulillah meskipun sgt aktif tp jarang sakit. Thanks to Morinaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss ah kalau begitu. Saya dr hamil sampai punya bayi pengguna produk kalbe. Sampe2 menang hp juga dr kalbe.. hahaha.. Memang kualitas bagus sih.

      Hapus
  9. Waahhh...saya nggak bisa ikut acaraa ini, jauh juga di Tangerang...bagus infonya mba penting buat ortu.. eh anak saya juga minumnya morinaga chilgo loh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dong kalau begitu. Iya jauuh di tanggerang. Tapi seimbang sih dengan ilmunya ^_^

      Hapus
  10. Aku kecerdasan kinesterik kurang deh. Gemuk banget. Eh.. kok aku malah.xixixi... mbak ade infonya bagus banget. Makasi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. buat bocilnya, mba anik. Sama2 ^_^

      Hapus
  11. Ini yang perlu digarisbawahi oleh para orangtua bahwa kecerdasan anak tidak hanya diukur dari akademik saja tapi masih banyak kecerdasan2 lainnya. Every child is special. Makasih ya mbak artikelnya informatif sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2.. bener mba. Kadang beberapa ortu maksain anaknya di kecerdasan yg belum tentu dia kuasai.

      Hapus
  12. acaranya seru semoga bermnafaat bagi ayah bunda dan buah hati

    BalasHapus
  13. Weeeww mbak Ade ikutan to? Ulasannya lengkap banget :D
    Aku masih mengamat2i anak2 ini lebih condong ke kecerdasan yg mana hehe TFS infonya mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2, mba april. Iya saya aja masih meraba buat si Adek Fi

      Hapus
  14. Mendidik anak yg cerdas di era multitalenta ternyata gak mudah yaa. Bukan cm butuh nutrisi tp jg stimulasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, mba. Jadi orangtua harus jeli utk me stimuasi kepintaran anak ^_^

      Hapus
  15. Selalu happy klo bc artikel tntg kesehatan n parenting, ilmunya byk n bermanfaat jd tau byk n menambah wawasan n bs diterapkan di keluarga dh..trims infonya mba Ade :)

    BalasHapus
  16. Nah jadi kalau misalnya ada yg ngomong, "Ih kok anaknya kurus gitu sih?" Jangan baper, tapi jejelin itu tabel kesehatan ke biji matanya itu orang ya, haha... Sekali lagi, dokter atau bidan lah yg lebih paham urusan tumbuh kembang anak.

    Parents dan parents wannabe pun perlu belajar ttg kecerdasan majemuk yg ada 9 biji, jadi ketika anak orang nilainya 100 dan rangking 1 lantas anak sendiri enggak, mungkin anak2 punya kecerdasan lain yg mungkin jumlahnya lebih dari si anak rangking 1.

    BalasHapus
  17. buat anak sekarang banyak pilihan susunya ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Tinggal pilih yang bagus aja apa ^_^

      Hapus
  18. Artikel luar biasa, lengkap banget. Makasih atas ilmunya...

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^

Popular Posts

My Instagram

Jadwal Sholat

jadwal-sholat