Jumat, 06 Agustus 2010

Ebith Beat A.


Bismillahirrahmaanirrahiim.

Assalamu'alaikum wr. wb.

Kemarin hari Rabu (4 Agustus 2010) dan Kamis (5 Agustus 2010) di sekolah kami diadakan Pesantren Jelang Ramadhan yang bekerjasama dengan ESQ training leadership. Training yang menurutku cukup bagus untuk anak-anak usia 11 - 12 tahun. Namun saat ini aku tidak sedang ingin membahas tentang ESQ-nya. Rasanya tak perlu dibahas, hampir sebagian besar kita tahu betapa bagus materi yang diberikan oleh mereka tak lagi meragukan.

Yang ingin aku tulis saat ini tentang lagu-lagu pengiring acara tersebut. Terutama lagu yang dipakai untuk Ice breaking. Saking terkesannya aku coba cari di internet dengan kata kunci dari syair lagu terebut, karena aku belum tau siapa penyanyi dan judul lagunya. Tapi nggak ketemu-ketemu yang pas. Akhirnya aku bertanya dengan trainernya dan meminta lagu-lagunya. Bersyukur mereka mau memberikannya.

Lagu yang mereka gunakan untuk Ice breaking adalah lagu dari Ebith Beat A. Hmmm... sudah pada tau ya? atau belum seperti aku? ^_^  Entah aku yang kurang gaul atau memang penyanyi tersebut yang kurang ngetop? Kayaknya aku yang kurang gaul kali ya. ^_^


Aku sangat terkesan dengan lagu-lagu dari Ebith Beat A. Lagu Ebith Beat A jenisnya hip hop dan ada rap-nya, terkadang ada jenis musik lain yang masuk dalam arransement musiknya. Dengan nada yang mengalun riang, selayaknya musik-musik rap, musik Ebith Beat A. sangat cocok buat anak-anak ABG. Yang paling aku suka ternyata syair yang dilantunkan adalah lagu-lagu bernuansa islami.

Selama aku mengajar, saat anak-anak bereksplorasi aku biasanya menggunakan musik sebagai waktunya, semata-mata supaya mereka lebih enjoy dalam mengerjakan tugas dariku. Terkadang aku meminta anak-anak untuk memilih lagunya. Dan lagu yang banyak dipilih mereka adalah lagu hip hop atau ringan di dengar, tentunya yang lagi ngetop saat itu. Namun sayangnya saat aku dengarkan syairnya, kayaknya nggak pantes banget untuk di dengarkan anak-anak di usia tersebut. Akhirnya sebelum mengajar, aku sibuk menyortir syair lagu-lagu pilihan mereka yang layak untuk di dengarkan.

Sejak mendengar lagu Ebith Beat A. bebanku agak berkurang dalam menyortir syair. Tapi kok aku coba searching tentang profil Ebith Beat A di internet nggak ketemu ya? Begitu juga dengan lirik lagunya. Paling aku hanya mengetahui kalau mereka adalah penyanyi asal Jawa Barat. Padahal jika banyak yang tau setidaknya, anak-anak muda atau ABG nggak sibuk ngikutin lagu-lagu rap yang isinya hanya tentang cinta dan selingkuh atau mungkin kata-katanya nggak sopan.

Untuk saat ini aku salut dengan mereka. Usia penyanyi Ebith Beat A, adalah usia dimana usia yang masih sibuk dengan mencari keduniaannya, tapi mereka memanfaatkan trend masa kini tanpa melepaskan keagamaan mereka. Semoga saja apa yang mereka nyanyikan, mereka lakukan juga dalam kehidupan sehari-hari mereka.


8 komentar:

  1. Saya suka sekali dengan tulisan Ummi
    sangat inspiratif

    BalasHapus
  2. Terima kasih, mas Wijdan.. Semoga menjadi kesan baik bagi siapapun yang membaca ya..

    BalasHapus
  3. umi,saya usia 20thn dan saya kagum luar biasa sama kang ebith. udah 2 tahun inih saya jd penggemar kang ebith loh....
    di mp3 ponsel saya penuh sama lagu2nya kang ebith. bagi ayoe, lagu2nya kang ebith jadi pengingat saat kita sibuk dengan keduniaan..
    luar biasa kang ebith... 1001 deh hip-hoper n rapper yg kaya kang ebith...

    BalasHapus
  4. Agak familiar sih mba namanya. Secara saya angkatan 80an, tp lupa lagunya yg mana. Baca ebith yg ada dipikiran ebit g ade.. Laaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... saya juga awalnya begitu. Makanya penasaran mau tau orgnya

      Hapus
  5. emang enak lagunya mbak,positif banget dan masih minim lagu beginian nih. Akupun kalau ga baca tulisan mb Ade, ga tahu lho kalau ada lagu aliran hip hop yang religius dari Ebith. Kesentil langsung hehe.

    BalasHapus
  6. Keren banget! Saya familiar dengan lagu ini, tapi nggak pernah tahu nama penyanyinya. Semakin bikin kangen Indonesia, kangen rumah. XD

    BalasHapus
  7. saya tau kang ebith pertama kalai kalau ngga salah pas kolaborasi bareng hadad alwi itu..sekarang kayaknya belum buat album lagi ya?

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^