Cara mendidik anak menjadi cerdas dan sukses.

Tuesday, October 1, 2019

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas dan sukses. Namun sedikit sekali yang paham bagaimana caranya atau tau caranya tapi mengabaikannya. Kali ini saya coba menuliskan, untuk mengingatkan kembali bagi yang sudah paham, cara mendidik anak menjadi cerdas dan sukses kelak.


lactogrow judul



Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.
Pukul 10.00 pagi dengan menggunakan pakaian serba biru, saya sudah duduk manis di toko kue Pand'or. Toko yang terletak di jl. Wijaya 1 kebayoran baru.

Mau review makanan lagi ya, Ummi? Bukan.
Saya hadir di toko kue Pand’or untuk memenuhi undangan workshop parenting, yang diselenggarakan oleh PT. Nestle dengan produknya susu pertumbuhan untuk anak, Lactogrow. Seminar yang bertemakan Grow Happy Parenting : Happy From The Inside Out ini diadakan pada 8 kota di Indonesia. Jakarta adalah kota terakhir dari ke 8 kota tersebut.

peserta workshop lactogrow
peserta workshop lactogrow grow happy parenting

Pada workshop kali ini Pt. Nestle mencoba mengangkat tentang pola asuh yang tepat bagi tumbuh kembang anak hingga mencapai kematangan emosi. Mba Lia sebagai MC acara sebelumnya memperkenalkan 3 pakar ahli yang menjadi nara sumber kali ini, yaitu ada :

  1. Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) sebagai Dokter Spesialis Anak
  2. Pramudita Sarastri sebagai Brand Executive Nestle Lactogrow
  3. Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC sebagai Psikolog

narasumber workshop lactogrow
Nara sumber di workshop lactogrow bersama Mr. Alex

Tentang Nestle Indonesia

Sebelum workshop dimulai, Mr. Alex sebagai wakil dari PT. Nestle Indonesia, memberikan pemaparan singkat tentang Nestle Indonesia. Nestle Indonesia adalah anak perusahaan dari Nestle S.A, produsen makanan dan minuman terbesar di dunia. Nestle S.A berpusat di Velvey, Swiss.

lactogrow mr alex
Mr. Alex perwakilan PT Nestle

Keberadaan Nestle di dunia sudah menggapai 189 negara dengan lebih dari 2000 merek yang seluruhnya memiliki tujuan sama, yaitu meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat.

Sedangkan Nestle Indonesia sudah berdiri sejak tahun 1971 dan memperkerjakan sekitar 3700 karyawan. Nestle Indonesia memiliki 3 parbik di Indonesia yang memproduksi susu, makanan dan minuman. Dancow, Milo, Nescafe, Lactogrow, Cerelac, Kitkat, Bear Brand, dll merupakan merek-merek dagang yang sudah dikenal di Indonesia.

Baca juga : Serunya acara demo kreasi mpasi dari cerelac

Tentang Nestle Lactogrow

Ibu Pramudita Sarastri sebagai Brand Executive Nestle Lactogrow, memperkenalkan Nestle Lactogrow yang merupakan susu pertumbuhan untuk usia anak 1 tahun keatas. Dalam kandungan Nestle Lactogrow terdapat Lactobacillus Reutri, Omega 6, Omega 3, Minyak Ikan, 12 vitamin dan 7 mineral. Pada Nestle Lactogrow terdapat 3 varian rasa, yaitu madu, vanila dan plain. Dengan diformulasikan secara khusus oleh para ahli di Nestle Research Center, Switzerland, Nestle Lactogrow membantu tumbuh kembang si kecil yang bahagia.

Anak yang bahagia memiliki peluang lebih tinggi untuk perkembangan yang sehat dan kesuksesan di kemudian hari. Masa kecil yang bahagia adalah fondasi untuk kebahagiaan masa depan. - Ibu Pramudita. 

ibu pramudita lactogrow
Ibu Dita, Brand Executive Nestle Lactogrow

Cara Mendidik Anak Menjadi Cerdas Dan Sukses

Setelah penjabaran wakil dari Nestle dan Lactogrow, kini tiba pemaparan materi tentang bagaimana cara mendidik anak menjadi cerdas dan sukses.

Baca juga : Membangun jiwa pengusaha pada anak

Untuk mendidik anak agar menjadi anak yang cerdas dan sukses itu melalui 2 cara pendekatan, yaitu pendekatan secara fisik dan pendekatan secara psikis.

Cara Mendidik Anak Menjadi Cerdas Dan Sukses Melalui Pendekatan Fisik

Sudah otomatis yang namanya anak cerdas dan sukses itu harus memiliki badan yang sehat. Sehat bukan berarti gemuk ya, ibu ibuuuu.. tapi sehat disini, tubuhnya menerima makanan atau minuman dengan baik dan cukup sehingga membantu perkembangan fisiknya.

Untuk mendidik anak menjadi cerdas Ibu Dokter Ariani mengatakan, ada 2 hal penting yang perlu disiapkan oleh orangtua kepada anaknya, yaitu :

lactogrow dr ariani
dr ariani

1. Memberikan nutrisi yang baik dan lengkap

Kebutuhan gizi anak akan lengkap jika makanan yang diasup oleh anak memenuhi kriteria piring seimbang, yaitu ada karbohidrat, protein, sayur dan buah. Yang semuanya disajikan sesuai takaran makan anak.

Makanan bernutrisi lengkap bukan diberikan disaat bayi lahir, namun sejak dalam kandungan. Karena penyerapan nutrisi terbaik bagi tumbuh kembang anak terdapat di 1000 hari pertama anak.

1000 hari pertama lactogrow
1000 hari pertama

2. Menjaga pencernaan anak

Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan pencernaanya dalam kondisi sehat.

Mengapa harus pencernaan?
Menurut dr. Ariani, karena usus pada anak belum berkembang dengan sempurna. Masih terdapat celah dan rongga-rongga yang memberikan peluang kuman dan bakteri masuk. Lapisan mukosa pada usus juga masih tipis. Sehingga anak rentan dari penyakit.





Seperti kata Hipocrate bahwa segala penyakit itu datangnya dari usus.

lactogrow hipocrate quote

Bagaimana cara menjaga agar pencernaan anak selalu sehat?
Ternyata makanan bernutrisi saja belum cukup untuk menjaga pencernaan anak kita. Kita perlu juga makanan yang mengandung banyak probiotik.

Apa itu probiotik?
Probiotik adalah mikriorganisme hidup yang jika diatur dalam jumlah yang memadai, akan memberikan manfaat kesehatan bagi tempat hidupnya. Atau keseharian kita biasa menyebutnya bakteri baik.

Tentunya kita pernah dengar kan di salah satu iklan minuman, bahwa bakteri baik diperbanyak agar bisa melawan bakteri jahat. Pada workshop kemarin dr. Ariani pun menanyakan kepada kami, bagaimana cara probiotik bisa melawan bakteri jahat.

Jawabannya adalah....
Seperti yang saya tulis diatas, usus pada bayi dan anak masih dalam masa perkembangan, itu sebabnya masih banyak celah/rongga pada usus tersebut.

Nah, rongga-rongga tersebut biasanya diisi oleh bakteri. Perlawanan bakteri baik dan bakteri jahat adalah dengan menempati terlebih dahulu ronga-ronga tersebut. Bakteri baik kalau sudah menempati tempat yang kosong, maka tidak tidak bisa ditempati oleh bakteri jahat.

Jadi siapa cepat dia dapat. Begitu kira-kira perlawanan antara bakteri baik dan bakteri jahat. Makanya diperbanyak probiotik agar kesempatan bakteri jahat untuk menempati lebih sedikit.

peran bakteri baik lactogrow
Peran bakteri baik

Makanan apa saja yang mengandung banyak probiotik?
Sebelum disebutkan makanan apa saja, perlu juga kita ketahui bahwa makanan probiotik adalah nutrisi-nutrisi yang terdapat pada makanan kita sehari-hari, sebutannya adalah prebiotik.

Nah, makanan-makanan yang banyak mengandung probiotik terdapat pada :

  • Kombucha : jamur teh yang berasal dari Asia Timur dan tersebar ke Jerman melalui Rusia sekitar pergantian abad ke-20. Kombucha hidup dalam larutan nustrisi teh-gula yang tumbuh dengan cara germinasi. (info lengkap tentang kombucha ada disini)
  • Tempe
  • Youghurt
  • Susu
  • Kimchi
  • Obat-obatan probiotik (sebaiknya dengan resep dokter.)

Ada beberapa probiotik yang terbukti bermanfaat bagi tubuh kita, yaitu lactobacillus, bifidobacterium, saccharomiches boulardii, beberapa spesies dari e-colli. Susah yaaa bacanya? ^_^

Nah, pada susu lactogrow terdapat lactobacillus reuteri

Apa fungsi dari lactobacillus reuteri?
Bakteri baik ini mempunyai beberapa fungsi yang membantu kerja pencernaan kita, yaitu :
- Membantu mengatasi konstipasi
- Mengatasi kolik
- Mengandung vitamin B12
- Mampu mengubah suasana hati.

Jadi para mommy yang bertugas sebagai chef di rumah, perhatikan asupan makanan buat keluarga yaa, terutama anak. Karena jika pencernaan anak sehat, mudah bagi mereka mencerna ilmu yang didapat dari siapa pun.

Cara Mendidik Anak Menjadi Cerdas Dan Sukses Melalui Pendekatan Psikis

Setelah 2 cara dikemukakan secara fisik, kini saatnya Ibu Elizabeth Santosa atau biasa dipanggil Miss Lizzy menjelaskan 5 cara lagi dalam mendidik anak dengan pendekatan psikologi. Karena untuk perkembangan anak yang sempurna bukan hanya memastikan asupan nutrisi anak, namun orangtua juga harus memastikan kematangan emosi anak.

ms lizzy lactogrow
Ms.Lizzy

Kelima cara dalam mendidik anak menjadi anak cerdas dan sukses melalui pendekatan psikis, yaitu :

1. Menciptakan bahagia pada anak

Pada workshop parenting dari lactogrow kemarin, kami sempat ditanya apa arti bahagia menurut kami. Jawabannya beragam, karena tolak ukur bahagia itu berbeda-beda. Kebanyakan orang mengukur kebahagiaan dengan materi, padahal tidak semua kebahagiaan itu dari materi.

Menurut Miss Lizzy, orang yang sering nyinyir dan bernegatif thinking terhadap segala hal, biasanya batinnya tidak bahagia. Wajahnya boleh tersenyum, namun kebahagiaan hati tidak bisa dibohongi. Iiih daleeem...

Dikesempatan ini pun kami diminta untuk melakukan permainan berpasangan untuk mengukur seberapa bahagianya kita. Saya saat itu berpasangan dengan Non Melinda.

Dalam permainan tersebut kita cukup bertanya kepada pasangan kita, “ada kabar baik apa hari ini?” Lalu kita menjawab kabar baik yang kita dapat selama seminggu terakhir.

Semakin banyak jawaban yang kita berikan, menandakan kita adalah orang bahagia. Alhamdulillah Melinda ada 13 kebahagiaan yang ia miliki dan saya 17. Karena buat saya, hal-hal sepele yang menyenangkan sudah merupakan kebahagiaan.

Kebahagiaan anak sendiripun bisa tercipta jika diawali dulu dari orangtua yang bahagia. Salah satu caranya dengan melakukan permainan tersebut.

Misal nih.. setiap kali pulang sekolah, ubah pertanyaan kita kepada anak. Yang biasanya bertanya, “Tadi ngapain aja di sekolah?” atau “Ada PR nggak? Ulangannya dapat berapa?” dll, kini ubah dengan “Ada kabar baik apa hari ini?” atau “Ada cerita menyenangkan apa hari ini?”

Dengan melakukan permainan tersebut ke anak kita, secara tidak langsung melatih anak untuk selalu bersyukur dan berpikiran positif.
Anak yang selalu bersyukur akan tumbuh menjadi sosok yang optimis, berempati tinggi dan lebih bahagia. - Elizabeth Sentosa
lactogrow manfaat kebahagiaan anak
manfaat kebahagiaan anak

2. Memberikan waktu bermain dan eksplorasi

Setelah memberikan stimulasi melalui pertanyaan, kita juga bisa memberikan stimulasi melalui bermain dan eksplorasi. Eskplorasi disini bukan membiarkan anak dilepas begitu saja, namun kita sebagai orangtua ikut terlibat didalamnya. Misalkan berolahraga bersama, membuat bekal makanan bareng-bareng, mengerjakan puzzel bersama, dll. Sebab gaya hidup aktif dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan fisik anak.

lactogrow eksplorasi
contoh eksplorasi alam tanpa harus keluar rumah.

3. Makan dan tidur tepat waktu

Menurut Marc David M.A dari Institute Psychology of eating, waktu makan teratur dapat memberikan rasa rythm dan regularitas dalam rutinitas. Makan secara teratur membuat metabolisme anak berjalan dengan baik dan memberikan rasa tenang serta puas.

Begitupun dengan tidur tepat waktu, karena pertumbuhan anak berkembang ketika anak sedang tidur. Jadi energi dalam tubuh anak bisa sempurna membantu tumbuh kembangnya.

4. Berusaha menjadi pendengar yang baik

Kadang anak-anak itu senang sekali bercerita tentang segala hal yang ia lakukan saat itu.

Dulu pengalaman sama Abang, ketika pulang sekolah selalu bercerita dan nggak ada hentinya. Apalagi ada hal yang menyenangkan bagi dia. Memang sih bete kalau ceritanya ga habis-habis, tapi menurut Miss Lizzy, selelah apapun kita usahakan kita menjadi pendengar yang baik buat mereka. Walaupun kita menanggapinya dengan kata “ooo begitu”, “ooo iya” saja. Setidaknya mereka merasa didengarkan oleh kita.

Kegiatan mendengarkan ini membuat anak merasa dihargai, sehingga menimbulkan rasa percaya diri dan optimis pada anak. Sehingga rasa itu akan berpengaruh dalam kehidupan mereka sehari-hari.

5. Menghargai diri sendiri
Seperti kita ketahui, di Jepang dalam kondisi apapun selalu berusaha membuat bento (bekal makanan ala Jepang) terbaik untuk keluarga dan diri sendiri. Awalnya kita pasti menyangka membuat bento itu untuk menarik nafsu makan anak, namun ternyata membuat bento bagi masyarakat jepang adalah sebuah penghargaan tertinggi bagi dirinya.

Disini kita belajar untuk menghargai diri sendiri terlebih dahulu sebelum mendidik anak-anak kita. Bagaimana kita mau menghargai anak, jika kita tidak bisa menghargai diri sendiri.


Di akhir acara pun ada games berkelompok untuk membuat bento dengan menggunakan playdough. Saya 1 kelompok dengan Mba Grandys, Mba Noni dan Mba Siti Nurjanah. Alhamdulillah kelompok kami masuk dalam 4 kelompok terbaik. Yeeey..

bento playdough lactogrow
bento buatan kami dari playdough

lactogrow kelompok bento
kelompok membuat bento

Selesai games membuat bento, acara pun ditutup dan diakhiri dengan makan siang bersama.

Benar-benar workshop yang bermanfaat sekali buat saya. Semoga kedepannya Lactogrow bisa membuat acara bermanfaat lainnya untuk kita para orangtua.

Saya jadi banyak mendapatkan ilmu, bahwa kebahagiaan orangtua dan anak adalah cikal bakal menjadikan anak cerdas dan sukses.

Semoga cara mendidik anak menjadi cerdas dan sukses ini bisa juga diterapkan di keluarga teman-teman, khususnya di keluarga saya sendiri. Be happy parents then your child will grow happy.

Wassalam

1 comment

  1. Nah iya diriku kalo mau mulai ngajar pun, yg ditanya bukan, "Any homework?" Tapi "How was your school? Happy today?" Dan mengalirlah cerita, entah happy atau ngeselin, haha...

    Barulah ditanya ttg nilai, PR, atau ulangan.

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^