Cara Membedakan Happycall Asli atau Palsu

Thursday, October 3, 2019

Happycall merek terkenal alat masak yang dipromosikan oleh Lejel Home Shopping. Produk yang sangat terkenal dengan Double Pan. Saking terkenalnya, sudah pasti banyak produk kw atau palsunya. Nah, disini saya mau berbagi informasi bagaimana cara membedakan happycall asli atau palsu.

Happycall asli atau palsu judul



Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu’alaikum w.w.

Semenjak kepergian Ibu, saya jadi punya jadwal menginap ke rumah Papa di Otista. Kalau menginap di Papa, acara yang sering saya tonton itu adalah chanel Lejel Home Shopping. Saya sering terkagum-kagum sama alat masak yang dijual di Lejel. Salah satunya Happycall.

Awal saya tertarik sama Happycall itu waktu Abang masih kecil banget. Saya lupa tepatnya tahun berapa. Yang jelas sih dia belum sekolah. Kira-kira tahun 2007-an deh. Saya tuh kagum, kok ya bisa banget itu ikan, ayam, daging, telor yang digoreng tanpa minyak tapi nggak membekas. Dan bisa dibolak-balik nggak tumpah sedikitpun. Jaman dulu, tahun 2007-an, itu amazing banget ada wajan begitu.. xixixi..

Udah gitu bersihinnya gampang banget, tinggal dilap aja pakai tisu. Nggak usah digosok-gosok pakai spon cuci piring. Trus bisa masak menu lainnya. Onde mandeee rancak bana wajan iko.

“Harganya cukup 699.000 saja.”

Eh, mahal kali? Wajan biasa aja paling nggak sampai 20.000. Tarolah sekelas wajan teflon yang juga anti lengket. Paling harganya 100.000-an. Tapi bukan sales namanya kalau nggak bisa bikin yang menonton tergiur membeli. Ada tawaran Beli 2 gratis 1. Wuuiiih?

Kalau beli 2 gratis 1, berarti beli 3 hanya 1,4jt. Harga satuannya cuma 467.000. Mana diantar langsung pula. Jadi nggak ada ongkirnya. Lumayan loooh sampai irit 300rb. Biasa nih emang idolanya emak-emak.

Saya langsung gercep deh. Saya ajakin teman-teman guru dan staf yayasan untuk patungan beli happycall double pan... xixixi.. Dan alhamdulillah banyak yang mau. Sampai terkumpul 9 orang. Rupanya 9 orang yang mau beli itu nontonnya Lejel Home Shopping juga.. hahaha.. makanya cepet.

Wajan pun diatar. Duuh seneng dooong. Besok langsung saya praktekin. Saya eman-eman rawatnya.

Setelah diatas 5 tahun, yang awalnya nggak lengket, lama kelamaan agak sedikit lengket. Saya sih mikirnya masih positif. Aaah paling karena udah lama banget kali ya.

Apalagi pas dipakai Mama Ayu buat bakar ayam kecap. Mama Ayu kelupaan. Kecapnya membekas deh di wajan. Tapi ga banyak. Paling ujungnya saja. Kalau lengket kecap yang lain bisa hilang dengan dicuci. Pak Suami sempat bilang, “Palsu kali, De?”

Ah, nggak mungkin lah palsu. Wong saya belinya di Lejel Home Shopping kok. Masa palsu? Dan saya pun masih berpikir positif, “ah, mungkin karena perawatannya nggak bener deh. Makanya jadi rusak nih elemen teflonnya”.

Tapiii.. semua pikiran positif itu menguap setelah kemarin, saya mengikuti demo masak dari TRF Homemade.

Acara Cooking Demo TRFHomemade X Happycall

Yes, hari Sabtu, 28 September 2019, saya meluncur ke Tebet tempat acara cooking demo yang diselenggarakan oleh TRFHomemade dalam rangka ultah TRFHomemade ke 6.

Iya saya antusias banget untuk melihat acara demo masaknya. Apalagi temanya tentang membuat bento menu sehat. Waaah, pas banget kaaan dengan kondisi saya hari ini yang sedang menjalani diet sehat. Nggak usah ketawaaaa.. iya iya, klise banget memang kalimat ‘jalani hidup sehat’ buat seorang Ade UFi. Wes lah, yang penting temanya makanan. ^_^

Acara demo masaknya diadakan di Mecapan Indonesia – Tebet, pukul 10.00 pagi. Pas banget nih. Kelar demo masak kan bisa langsung makan siang cicipin masakan yang dipraktekkan. Yesss...

Happycall asli atau palsu acara cooking demo
Banner acara cooking demo TRFHomemade x Happycall

Awalnya saya pikir Mecapan Indonesia itu macam sebuah gedung pertemuan, ternyata berupa rumah tinggal yang lumayan besar. Jadi tiap ruangan bisa disetting sesuai keperluannya. Begitu masuk Mecapan, kita disambut playground buat bermain anak. Lalu masuk sedikit ada beberapa stand bazar yang bertemakan makanan sehat. Ada cemilan sehat, daging frozen yang sehat, sayuran sehat dan pastinya stand happycall, alat masak sehat tanpa minyak.

Suasana di dalam Mecapan Indonesia
Foto by @trfhomemade.id

Saya yang datang bersama Mba Utie, mencari lokasi demo masaknya. Rupanya ada dipinggir kolam renang. Waaah.. panas gini liat kolam renang bawaannya mau nyebur aja deh. Tenang.. tenang.. masih bisa kontrol diri. Nggak main nyebur aja, tapi kita langsung memilih lokasi duduk. Pilihan kita maunya paling depan biar keliatan masaknya. Tapi apa daya, 2 baris terdepan sudah full diisi peserta lainnya. Jadilah kami duduk di baris ketiga.

Posisi duduk peserta cooking demo
Foto by @trfhomemade.id

Tepat pukul 10.00 acara demo pun dimulai. Mba Adetyaa sebagai owner TRFHomemade, langsung mengenalkan diri dan mulai bersiap untuk masak. Menu yang dimasak hari itu adalah Chicken Hainan Rice dan Saba Fish Teriyaki Bento Marinate.

Mba Adetyaa, owner TRFHomemade

Saat itu Mba Ade (ih panggilannya sama ^_^) memasak dengan menggunakan alat masak Happycall Double Pan dan Happycall IH Vacuum Pot. Happycall Double Pan digunakan untuk memasak Saba Fish Teriyaki Bento Marinate dan Happycall IH Vacuum Pot digunakan untuk memasak Chicken Hainan Rice. Hmm.. masakannya memang paling enak kalau minumnya dengan menggunakan Ais Sirap Bandung dari Malaysia.

Happycall asli atau palsu menu nasi hainan
Chicken Hainan Rice

Happycall asli atau palsu menu ikan sabu
Saba Fish Teriyaki Bento Marinate

Pada saat hendak menggunakan Happycall Double Pan, Mba Adetyaa sempat berkata, “Saya baru tau loooh, ternyata happycall yang asli tuh warnanya bukan merah. Tapi coklat seperti ini,” ujar Mba Ade sambil mengangkat Happycall Double Pan. Jeng jeng... seketika ruangan riuh mendengar celotehan Mba Ade, termasuk saya. Waduuuh, punya saya warnanya merah. Benarkah palsu?

Cara Membedakan Happycall Asli atau Palsu

Saya yang mendengar ucapan Mba Adetyaa, selesai demo langsung menuju counter Happycall untuk cari tau kebenarannya. Ternyata apa yang diucapkan Mba Adetyaa itu benar.

Untuk mengetahui cara membedakan Happycall yang asli atau palsu kita bisa melihat hal-hal berikut ini :

1. Warna

Menurut Informasi dari perwakilan Happycall, sejak tahun 2017 Happycall Double Pan yang bewarna merah sudah ditarik dari pasaran. Sehingga barang yang dijual diatas tahun 2017 itu produk Happycall palsu. Tidaaaaak... (gaya Ani di film Rhoma Irama).

Happycall palsu (merah) dan Happycall asli (coklat) - foto by diahagustina65.com

Eh, sebentar... saya kan belinya tahun 2007, berarti masih asli dong yaaaa.. yess. Hal itu pun dibenarkan oleh pihak Happycall. Kalau belinya di Lejel Home Shopping pastinya produk asli. Karena dulu Happycall menggunakan Lejel Home Shopping sebagai pemasaran resmi Happycall.

Dan pada bulan Agustus 2019 ini, Happycall kembali lagi ke Indonesia dengan tampilan baru yaitu Happycall Titanium Double Pan yang mempunyai warna cokelat.


2. Berat

Saat bertanya ke stand Happycall, Mba Farah yang menjaga stand disana meminta saya untuk memegang Happycall Double Pan asli dan yang palsu. “Lebih berat mana, Mba?”

Memang sih Happycall Double Pan coklat (yang terbaru) lebih berat dibanding Happycall Double Pan yang berwarna merah. Ternyata Happycall Double Pan asli beratnya mencapai 5 kilogram, sedangkan yang palsu beratnya kurang dari 3 kilogram. Produk asli lebih berat karena dilengkapi dengan lapisan anti lengket.
Happycall asli terbaru dengan berat 5kg
Kalau perlu, besok pas beli Happycall Double Pan bawa aja timbangan yaa. Biar ketahuan, bener nggak beratnya 5 kg. ^_^

3. Desain

Dari awal membeli saya sudah paham ya Happycall made in Korea, karena saya tau belinya di Lejel Home Shopping yang menjual produk-produk Korea. Nah, untuk meyakinkan barangnya asli atau tidak perhatikan baik-baik Happycall yang kita beli.

Happycall Double Pan asli terdapat hak paten Made in Korea (From Happycall). Tulisan timbul Made in Korea terlihat jelas pada pegangan pan. Untuk produk palsu bisa dipastikan tidak ada desain tersebut.

ada tulisan made in Korea di gagangnya (foto by diahagustina65.com)

dan tulisan made in korea di stenlis gagangnya (foto by diahagustina65.com)
Happycall asli atau palsu dilihat dari gagangnya edisi 2007
Yes, di gagang Happycall saya kelauran 2007 ada tulisannya juga

Karet silikon dan magnetic handle yang kuat memberikan kerapatan sempurna saat memasak sehingga tidak ada kebocoran baik asap ataupun cairan. Ini hanya dimiliki oleh Happycall Double Pan yang Asli.

karet silikon happycall asli
Karet silikon pada Happycall asli
Pada dalam desain Happycall Double Pan asli terdapat gambar bintang. Apakah itu bintang menyebar atau bintang kecil-kecil yang tersusun.

desain bintang Happycall asli
desain bintang pada Happycall asli

desain bintang Happycall asli lainnya
desain bintang lainnya di Happycall asli

tidak ada desain bintang pada Happycall palsu
tidak ada desain bintang pada Happycall palsu

4. Lapisan Titanium

Pada produk asli, memiliki lapisan titanium yang sangat kuat lalu dilengkapi teknologi anti gores dan anti lengket terbaik. Hal ini terbukti disaat memasak atau menggoreng tanpa minyak, tidak lengket diwajan teflonnya. Dan lapisan titanium membuat masakan matang merata.

Waktu Mba Adetyaa memasak ikan saba yang sudah dimarinate, kecap manisnya tidak membuat ikan lengket di wajan dan matangnya rata kedalam.

Biasanya kalau masak pakai kecap manis kalau kelamaan kan lengket diwajan ya. Itupun masaknya dibolak balik, tidak membuat kuah marinatenya tumpah, karena kekuatan karet silikon pada Happycall Double Pan.

masak ikan sabu kecap di Happycall asli
Lelehan kecap manis tidak membuat daging ikan saba lengket saat dibalik
Oiya permasalahan Happycall milik saya yang agak sedikit lengket itu saya tanyakan juga ke pihak Happycall. Beliau menjawab, "Happycall ibu kan sudah 10 tahun lebih. Jadi kalau kualitasnya sedikit berkurang, wajar saja. Tapi masih bisa dipakai kan?" Masih laaah, sampai sekarang kalau mau memanggang tanpa minyak ya saya pakai Happycall. Masih awet itu wajan.

5. Hasil Masakan

Seperti yang saya ceritakan di poin 4, masak ikan saba saat demo memasak bisa rata hingga kedalam. Hal tersebut juga berlaku pada daging, yang kita ketahui agak susah untuk bisa matang hingga kedalam, jika tidak ahli dalam memasaknya.

Nah, buat chef amatiran macam saya, nggak usah kuatir masak daging tebal, jika memasaknya dengan menggunakan Happycall Double Pan. Daging bisa matang rata hingga kedalam.

hasil masakan Happycall asli
Hasil masakan Mba Adetyaa dengan menggunakan Happycall asli
Buat meyakinkan, saya punya videonya nih untuk mengetahui cara membedakan Happycall asli atau palsu.



Produk-Produk Happycall

Selama ini kan yang kita ketahui Happycall hanya Double Pan saja, ternyata produk Happycall ada Frying Pan, Double Pan dan Vacuum Pot. Namun saat menghadiri acara demo masak bersama TRF Homemade, Mba Adetyaa hanya menggunakan 2 produk Happycall, yaitu Happycall Double Pan dan Happycall IH Vacuum Pot.

Happycall Double Pan

Produk ini memang jadi andalan banget deh buat Happycall. Dan kali ini Happycall Double Pan mempunyai 3 macam jenisnya, yaitu :

Happycall Double Pan Standart

Saat demo masak, Mba Adetyaa menggunakan Happycall Double Pan yang ukuran standart ini untuk memasak ikan sabu. Ukuran panjangnya sebesar 28 cm. Dan saat memasak bisa masuk 4 filet ikan sabu.

besar kapasitas Happycall asli
4 fillet ikan sabu masuk kedalam Happycall Double Pan Standar

Kedua sisinya bisa digunakan untuk memasak dan bisa digunakan di kompor elektrik, kompor gas, dan vitro ceramic.

Kemarin sih Mba Ade menggunakan kompor elektrik. Itu masak ikannya kalau mau dibalik, tinggal membalik Happycall-nya saja dan kuah-kuahnya tidak tumpah.

Happycall Double Pan Jumbo Grill

Happycall ini fungsinya sama dengan Happycall Double Pan yang ukuran standar. Hanya saja ukurannya lebih besar. Iyalah yaaa, namanya juga udah ‘Jumbo’.

Ukuran panjang untuk Happycall Double Pan Jumbo adalah 32 cm. Dengan ukuran besar itu, menurut Mba Farah bisa masuk 2 ayam utuh untuk dipanggang. Wooow..

Happycall double pan asli
Happycall double pan standar (kiri) dan Happycall double pan jumbo grill (kanan) - foto by happycall.id

Happycall Double Pan Sandwich

Nah, yang ini bentuknya beda nih sama 2 kakaknya. Saya pun baru lihat. Sayangnya saat acara demo masak, produknya nggak ada di stand Happycall. Tapi saya cari di webnya ternyata unik banget.

Kalau dari keunggulannya sih kurang lebih sama dengan kakak-kakaknya, hanya beda difungsinya. Happycall Double Pan Sandwich digunakan untuk memasak roti sandwich atau pancake. Dan keempat pan-nya bisa langsung digunakan loh.

Happycall sandwich asli
Happycall double pan sandwich dibuka (foto by happycall.id)

Happycall sandwich asli
Happycall double pan sandwich (foto by happycall.id)

Happycall IH Vacuum Pot

Nah, ini juga produk baru buat saya. Maksudnya saya juga baru lihat. Produk ini juga digunakan Mba Adetyaa untuk demo masak. Saat itu Mba Ade menggunakan untuk memasak Chicken Hainan Rice.

Mba Adetyaa sedang mengenalkan alat masaknya Happycall IH Vacuum Pot
Praktis banget loh tinggal cemplungin semua di dalam panci dan langsung jadi. Fungsinya serupa dengan rice cooker plus presto. Dengan gagang yang flip dan mempunyai pembuang uap yang nggak pakai diputer-puter untuk membuang uapnya. Nah, keren kaaan.

Happycall asli IH vacuum pot
tinggal cemplungin semua bahan di Happycall IH Vacuum Pot

Happycall asli IH vacuum pot presto
Happycall IH Vacuum Pot yang fungsinya sama dengan presto atau ricecooker


Happycall IH Vacuum Pot memiliki 3 ukuran, yaitu 3 liter, 5 liter dan 9 liter. Untuk yang ukuran 3 liter mempunyai 2 bentuk, melebar dan meninggi. Happycall IH Vacuum Pot juga memiliki 2 warna pilihan, yaitu coklat dan biru.


Ragam ukuran Happycall IH Vacuum Pot 

Tempat Membeli Happycall Asli

Nah, kalau teman-teman tidak mau terkecoh untuk membeli produk asli Happycall, teman-teman bisa membelinya di SOGO, SEIBU, ruparupa.com, dan blibli.com atau kepoin sosial media dari Happycall saja yaa. Disana juga ada macam-macam produk Happycall lainnya selain yang saya jelaskan disini.

Facebook : Happycall Indonesia Official
Instagram : @happycall_ID
Website : www.happycall.co.id

Nah, sekarang sudah tahu kaaan bagaimana cara membedakan Happycall asli atau palsu? Jadi besok jangan salah lagi yaa.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang mau membeli produk Korea ini.


Wassalam

6 comments

  1. Wahh jaman dulu Happy Call itu idaman emak emak banget,bahkan sampai dibuat arisan segala haha. Tuh kan jadi sayang kalau teflonnya hilang ya Umi. Praktis banget pakai happy call, bisa cepet masaknya.

    Emang ya, yang namanya barang berkualitas itu selalu banyak ditiru karena banyak peminatnya. Duhh doa dulu yg kenceng biar bisa kebeli Happy Call yg saat itu diiklanin ngmg terus sama Happy Salma ya Umi wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah kebelii.. ade pun niat mau beli yang panci tuh..

      Delete
  2. Mba kalo happy call sebelum 2017, yang ori, ada tulisan made in korea dan original ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yang saya beli dibawah 2017, ada kok tulisannya

      Delete
  3. Berat juga ya Happycall ini. Sampai 5 kg. Udah kaya tabung gas aja, hehehe

    Meski begitu, aku pun tetap ingin beli. Pilih tokonya yang resmi biar terjamin keasliannya

    ReplyDelete
  4. aku punya happycall palsu mbak, dapat dikasih pas perpisahan di Malaysia hihihi lumayan berat juga dan cepet rusak gagangnya. jadi ternyata gitu ya cara membedakan mana happy call asli dan palsu. aku gak cek-cek lagi sih waktu itu. lagi pula kan dikasih yaa, masa sih kudu ngecekin ini asli apa palsu hihihi

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^