3 Game Anak Cerdas dengan Tanggap yang Lengkap

Tuesday, June 5, 2018

game anak

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Hai Teman-temans, bahagia bagi saya sebagai orangtua itu sederhana sekali. Melihat anak-anak tumbuh sehat dan bahagia kelak. Tentunya untuk mencapai kebahagiaan baik dunia atau akhirat, kita sebagai orangtua perlu mendidiknya sejak dini. Mendidik anak menjadi cerdas dengan tanggap yang lengkap.

Oiya, teman-teman sudah ada yang tau belum tanggap yang lengkap itu seperti apa? Nah, buat yang belum silakan baca tulisan saya di blog ini.

Baca juga : Cara menstimulasi kecerdasan anak sejak dini

Cerdas tanggap yang lengkap versi ibu Verauli, psikolog anak yang memberikan ilmu parenting anak, ada 3 yaitu :

game anak anak
Ibu Verauli, Psikolog Parenting Anak

  • Cerdas tanggap.
  • Tanggap secara emosi
  • Tanggap secara sosial.

Untuk mempunyai anak cerdas dengan tanggap yang lengkap seperti itu bisa kita stimulasi dalam kegiatan sehari-hari dengan memberikan game anak. Pada tulisan ini, saya hendak berbagi permainan apa saja yang dapat melatih kecerdasan anak dengan tanggap yang lengkap.

Menurut Ibu Verauli, usia anak 2 - 6 tahun (pas dengan usia Adek Fi) adalah masa bermain pada anak. Kita sebagai orangtua jangan menghilangkan masa-masa itu. Biarkan anak berkembang kecerdasannya dengan mengeksplorasi dalam permainan.


Nah, Berikut ini game anak balita yang saya berikan juga kepada Adek Fi dan Adek Fi suka sekali. Beberapa game anak juga disarankan oleh pakar psikologi anak.

1. Bermain Puzzel

Pada game anak berupa puzzel ini banyak sekali manfaat yang didapat. Ada banyak hal yang dilatih dalam bermain puzzel. Seluruh kecerdasan anak yang disarankan ibu Verauli ada pada permainan puzzle, yaitu:

Adek Fi sedang main puzzelsebagai game anak yang bagus

Manfaat Bermain Puzzel

a. Anak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri (cerdas tanggap dan tanggap sosial)

Menyusun satu-satu puzzel yang berantakan menjadi gambar yang utuh melatih kecerdasan kognitif/intelektual si anak. Di saat anak mencari solusi menyusun puzzel ini secara tidak langsung melatih anak untuk mampu menyelesaikan masalahnya sendiri di saat bergabung dengan teman-temannya atau masalah pribadinya kelak.

b. Perkembangan motorik anak terlatih dengan baik (cerdas tanggap)

Mengambil pecahan puzzel dan meletakkannya pada tempat yang benar, secara tidak langsung melatih motorik halusnya yang kelak berfungsi disaat ia menulis, membuat keterampilan dan hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan tangan.

c. Anak menjadi lebih sabar (tanggap emosi)

Tentunya butuh kesabaran dalam menyusun puzzel ya. Jangankan bayi, orang dewasa saja seolah asyik dan butuh waktu dalam menyusun puzzel. Jika tidak sabar, puzzel biasanya tidak selesai-selesai. Apalagi jika salah meletakkan puzzel.

d. Melatih kecerdasan logika anak (cerdas tanggap)

Untuk menyelesaikan 1 potongan puzzel saja, logika anak akan bermain 'kira-kira, bentuk seperti ini diletakkan dimana ya?' Dan seacara tidak langsung kelak dalam berpikir pun anak akan menggunakan logikanya daripada mengandalkan perasaan.

e. Melatih kecerdasan sosial (tanggap sosial)

Permainan puzzel ini bukan hanya bisa dimainkan sendiri, tapi bisa dimainkan secara bersama-sama. Pada saat bermain bersama, disini anak dilatih kecerdasan sosialnya, seperti diskusi meletakkan buah puzzelnya dimana, bekerja sama dan saling membantu kekurangan temannya.

Tip bermain puzzle :

  • Pilih mulai dari puzzel yang sederhana dahulu untuk pengenalan mainan ini. Untuk tahap awal pilih puzzel bentuk. Puzzel bentuk biasanya 1 bentuk dalam 1 kolom kosong, baru setelah itu pilih puzzel yang pecahan gambarnya sedikit/besar-besar dalam 1 gambar. Setelah anak makin mahir maka tingkat kesulitan pada puzzle makin dinaikkan.

game anak anak
Puzzel sayur untuk game anak

game anak anak
Puzzel mengenal bentuk untuk game anak
  • Pilih puzzel yang sudah berlogo SNI. Dengan ada logo SNI nya mainan tersebut terjamin keamanannya bagi anak, baik itu cat atau bahannya.
  • Pada awal bermain temani anak dahulu untuk diajarkan posisi puzzelnya. Untuk yang pengenalan angka dan warna, bisa langsung disebutkan namanya. Cukup 2 kali pengenalan saja. Nggak perlu khawatir, balita itu daya rekamnya luar biasa, dikenalkan sekali dia langsung cepat menangkapnya untuk diulang. Selanjutnya biarkan anak melakukan sendiri, boleh dibantu jika masih kesulitan.
  • Jika anak benar meletakkannya, jangan lupa ya untuk memberikan penghargaan dengan berkata, "hebaaat" atau "pinteeer" atau sekedar teriak "yeeeeey" sambil tepuk tangan. Otomatis anak akan merasa dihargai hasil kerjanya.
  • Jika salah meletakkannya berikan nada-nada lucu agar anak mengingatnya. Seperti "Nooo.. ngek ngok" atau "wak waaaaw".
  • Dalam membantu kesusahan anak, bukan bantu solusinya melainkan bantu caranya. Misal saat anak hendak susah meletakkan puzzel bentuk wortel karena dia memasangnya dengan terbalik, maka kita membantunya membenarkan pegangan wortelnya tidak terbalik lagi, bukan membantu langsung meletakkan ditempatnya.
  • Lihat suasana hati atau mood anak. Jika tidak bergairah lebih baik menunda dahulu.


2. Bernyanyi "Kalau Kau Suka Hati"

Game anak yang satu ini cendrung untuk tanggap sosial. Lagu "kalau kau suka hati" ini merupakan game anak yang luas sekali bisa kita manfaatkan. Kita tinggal tentukan saja apa yang ingin kita ajarkan kepada anak. Misalkan kita hendak mengajarkan bagaimana bertamu yang baik. Lagunya bisa kita buat seperti ini :

Kalau kau suka hati ketuk pintu
Kalau kau suka hati ketuk pintu
Kalau kau suka hati mari kita lakukan
Kalau kau suka hati ketuk pintu

Kalau kau suka hati beri salam "assalamu'alaikum"
Kalau kau suka hati beri salam "assalamu'alaikum"
Kalau kau suka hati mari kita lakukan
Kalau kau suka hati beri salam "assalamu'alaikum"

Kalau kau suka hati cium tangan
Kalau kau suka hati cium tangan
Kalau kau suka hati mari kita lakukan
Kalau kau suka hati cium tangan

Kalau kau suka hati semuanya
Kalau kau suka hati semuanya
Kalau kau suka hati mari kita lakukan
Kalau kau suka hati semuanya

Dalam game anak ini ada beberapa manfaat untuk anak sehingga mejadi anak cerdas dengan tanggap yang lengkap, yaitu :

Manfaat Bernyanyi Lagu "Kalau Kau Suka Hati"

a. Menambah wawasan/pengetahuan (cerdas tanggap)

Dengan mesisipi ilmu di dalam lagu tersebut, secara tidak langsung menambahkan wawasan anak akan hal yang baru. Contoh lagu diatas menambah wawasan anak menjadi tahu bagaimana cara bertamu yang baik ke rumah orang.

b. Melatih kecerdasan sosial (tanggap sosial)

Seperti yang saya tulis diatas, bahwa game anak ini cendrung untuk tanggap sosial, karena ilmu yang disisipi lebih banyak cara anak bersosialisasi ke lingkungannya. Selain itu jika dilakukan bersama, menumbuhkan rasa kerjasama dan kekompakan dalam tim dan saling mengingatkan jika ada yang salah.

c. Melatih motorik kasar (cerdas tanggap)

Lagu ini juga bisa untuk melatih motorik kasar, seperti lari di tempat, melompat, dll. Tergantung gerakan apa yang hendak kita sisipkan.

Tips bernyanyi "kalau kau suka hati"

  • Lakukan dengan wajah ceria dan ekspresif. Anak lebih menyukai permainan yang dilakukan secara gembira dan penuh tawa serta ekspresif dalam melakukannya. Pengalaman saya kalau saya nyanyinya ogah-ogahan, Adek Fi setengah lagu juga udah menghindar dan cari mainan lain.
  • Cukup berikan 3 gerakan saja (kalau contoh diatas ketuk pintu, ucap salah dan cium tangan). Kalau kebanyakan biasanya ilmu yang hendak kita sisipi justru tidak masuk.
  • Biasakan tepuk tangan seraya teriak "yeeeeey" disaat nyanyian sudah selesai. Kalau saya sih plus pelukan dan minta cium. Ini umminya terlalu ekspresif.. hahaha.,.
  • Lakukan berulang hingga anak hafal dengan gerakannya.
  • Lihat suasana hati atau mood anak. Jika tidak bergairah lebih baik menunda dahulu.


3. Bermain Bongkar Pasang

Mainan bongkar pasang ini lebih dikenal dengan nama LEGO karena perusahaan tersebut lah yang pertama kali menciptakan. Mainan ini berupa balok bata yang bisa disusun menjadi sebuah bangunan atau bentuk. Adek Fi pertama kali diberikan mainan ini langsung anteng menyusun sendiri mainannya. Kebanyakan sih dia bilangnya jadi 'police car'.

game anak anak
Bongkar pasang (lego) untuk game anak

Manfaat Bermain Bongkar Pasang

Manfaat mainan ini kurang lebih sama dengan manfaat puzzel, hanya saja yang membedakan adalah :

a. Membuat anak jadi kreatif (cerdas tanggap)

Karena pada mainan ini, anak bukan sekedar meletakan gambar yang terpecah melainkan menciptakan bentuk mainan baru sesuai imajinasi dan penglihatan anak.

Tips bermain bongkar pasang


  • Mainan ini bisa dimainkan oleh siapapun, namun dimulai usia 1,5 tahun yaaa.
  • Siapkan balok bongkar pasangnya sesuai usia. jika masih balita, lebih baik pilih balok yang plastik dan besar-besar. Jika balok terlalu kecil dikhawatirkan usia tersebut masih rawan untuk ditelan atau dimasukkan ke lubang hidung dan telinga.
  • Pilih balok yang berwarna cerah, karena selain menyusun ruang bangun kita bisa juga belajar mengenalkan warna.
  • Pilih mainan yang bersertifikan SNI, agar keamanan mainan terjaga untuk anak.
  • Lihat suasana hati atau mood anak. Jika tidak bergairah lebih baik menunda dahulu.


Nah, itulah 3 game anak yang sering saya mainkan bersama Adek Fi. Dari stimulasi lewat mainan Alhamdulillah, Adek Fi mudah untuk bersosialisasi bersama teman-teman sebayanya. Selain stimulasi dari mainan saya juga memberikan nutrisi yang baik untuk Adek Fi sesuai arahan dari dr. Nuril pada acara launching Bebelac formula baru.

Baca juga : Faktor tumbuh kembang anak menjadi anak cerdas tanggap yang lengkap

Hubungan Suasana Hati dengan Kesehatan Perut

Berdasarkan informasi yang diberikan dr. Nuril bahwa menjaga kesehatan perut itu berpengaruh pada kecerdasan otak anak. Itu sebabnya di setiap tips saya selalu menambahkan agar kita bisa melihat suasana hati anak atau mood anak. Karena mood anak kebanyakan berasal dari perut/pencernaan.

Urusan perut tentunya tidak jauh dengan urusan pencernaan. Bebelac disini memberikan formula baru yang di sempurnakan. juga. Dengan minyak ikan dan omega 6 yang ditingkatkan dibanding dengan formula susu Bebelac sebelumnya. Karena pada formulasi itulah yang dibutuhkan dimasa keemasan pertumbuhan anak. Penting sekali memberikan Omega 3 dan 6 sebagai nutrisi otak.


Selain itu ada komposisi yang unik pada susu Bebelac baru saat ini, yaitu : FOS and GOS dengan perbandingan 1 : 9 yang dipatenkan, serta mengandung 13 vitamin dan 9 mineral. Di mana formulasi tersebut berfungsi untuk saluran cerna yang sehat bagi anak. Itu sebabnya Bebelac mencoba menjaga kesehatan perut anak.

Coba deh bayangin, jika perut nggak enak dan tidak nyaman, pastinya anak akan uring-uringan dan moody. Efeknya akan berpengaruh ke teman-teman bermainnya. Itu sebabnya salah satu tips untuk menjaga suasana hati anak adalah menjaga kesehatan pencernaan anak dengan memberikan Bebelac baru sebagai nutrisi baik bagi pencernaan. Informasi lebih lanjut mengenai tips mengasuh anak agar tumbuh dengan tanggap yang lengkap bisa dilihat di website Bebelac.

Ok, selesai sudah tulisan saya kali ini. Semoga bermanfaat bagi semua yaa. Selamat Bermain. ^_^

Wassalam



Post a Comment

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^