7 Cara Memilih Jajanan Sehat Untuk Anak dan Waspadai Permen Narkoba

Thursday, April 26, 2018

Tulisan ini menjelaskan cara memilih jajanan sehat untuk anak agar selalu waspada pada jajanan yang aman dikonsumsi untuk anak.


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Masih inget nggak program televisi reportase? Itu loooh yang isinya tentang mengupas pedagang-pedagang makanan yang curang. Dan biasanya dagangan mereka tuh untuk anak-anak. Kalau nonton itu yang diotak adalah anak langsung di steril biar nggak jajan diluar. Padahal jajan itu kan kesukaan anak-anak ya?

Memang agak pusing juga kalau kita harus mensortir satu-satu jajanan anak-anak. Secara kita orangtua nggak selamanya bersama mereka. Daripada kita ketar ketir, saya lebih memilih untuk mengajarkan ke anak-anak, terutama Abang Fi yang sudah kelas 5 SD, bagaimana cara memilih jajanan sehat untuk anak.

Nah, saya coba sharing yaa, cara saya mengajarkan ke Abang Fi dalam memilih jajanan sehat di tulisan ini. Lanjuut!


1. PILIH TEMPAT JAJANAN SEHAT untuk ANAK yang TERPERCAYA

Cara almarhumah mama saya dalam menasehati anak-anaknya, saya contek untuk dipakai ke anak-anak saya. Biasanya almarhumah mama itu kalau menasehati anak-anaknya selalu memberi contoh yang real. Jadi kita nggak membuat imajinasi sendiri dan mudah menyerap nasehat tersebut.

Saya biasanya ajak Abang Fi berdiskusi dan melihat langsung, tempat jajanan mana yang menurut dia layak untuk membeli jajanannya. Dan tempat-tempat terpercaya yang saya sarankan untuk Abang Fi boleh jajan atau tidak adalah sebagai berikut :

Tempat Jualannya Bersih


Saya sih nggak memaksa Abang Fi harus jajannya di toko-toko besar atau di supermarket saja. Tapi jajan di abang-abang kaki lima pun nggak masalah buat saya, syaratnya ya itu 'tempat jualannya harus bersih'.

Coba deh teman-teman disuruh beli jajanan yang jualannya disamping tempat pembuangan sampah atau gerobaknya banyak lalat, sisa makanan  dan alat makan yang kotor berceceran dimana-mana, kira-kira mau beli nggak? Jawabnya pasti kompak "nggak mau". Dan pertanyaan itu pula yang saya lontarkan ke Abang saat menilai tempat jajanan yang hendak dia beli. Jadi Abang Fi juga setidaknya paham jajanan sehat untuk anak seperti apa.

Pedagangnya Bersih


Nah, yang ini juga temenan nih sama poin diatas. Sudah otomatis dan menjadi karakter pastinya, kalau pedagangnya bersih, pastinya ia akan memilih tempat-tempat yang bersih dan selalu menjaga kebersihan dagangannya. Jadi klop deh. Ibaratnya pedagang bersih otomatis akan tercipta jajanan sehat untuk anak.

Bersih disini nggak harus berpakaian bagus dan mewah yaa, tapi bersih dalam artian berpakaian rapih dan terlihat enak dipandang. Yaaah, teman-teman bisa menilai sendiri lah kebersihan dan kerapihan versi teman-teman.

jajanan sehat untuk anak
Contoh pedagang bersih dalam jajanan sehat untuk anak (photo by warta sultra)

Kenal dengan pedagang dengan kualitas dagangnya masuk kriteria jajanan sehat untuk anak


Nah, saya menyarankan ke Abang Fi, kalau seandainya dia hendak beli jajanan, ada 2 pedagang yang sama dan salah satunya ia kenal atau teman ummi atau kita tau kualitas dagangnya tersebar bagus dimana-mana, maka lebih baik beli di tempat tersebut. Karena dengan membeli dagangannya, secara tidak langsung kita sudah berbagi rejeki dan membantu orang yang kita kenal tersebut dan sudah jelas terpercaya.

Beli di Supermarket atau Minimarket


Kalau disini sudah pasti yaaa, tempat dan pramuniaganya bersih-bersih.. xixixi, jadi ya tidak diragukan lagi untuk jajan disini. Dan pastinya produk-produk yang masuk jualan disini sudah melewati quality control (QC) dari masing-masing toko. Jadi dagangannya pun terpercaya.

2. LIHAT LABEL HALAL MUI dan IJIN BPOM

Ini hal kedua yang saya ajarkan sama Abang Fi dalam memilih jajanan sehat untuk anak. Setiap kali belanja bulanan di supermarket, Abang Fi biasanya memilih sendiri cemilan apa yang mau dia stock. Ya, saya lebih memilih menyetok cemilan daripada dia harus jajan diluar. Dan dalam memilih cemilannya, saya selalu minta dia untuk mencari label halal MUI dan BPOM.

Baca juga : 3 cemilan kesukaan Duo Fi

Saya jelaskan kalau makanan sudah ada label halalnya insya Allah masuk kedalam perut jadi makanan yang sehat dan Allah ridha. Dan dengan adanya nomor ijin BPOM pada kemasan, insya Allah makanannya sudah teruji secara klinis. Jadi ya aman untuk kita konsumsi.

3. LIHAT TANGGAL KADARLUASA

Setiap makanan kemasan selalu ada tanggal kadarluasanya. Setelah label halal dan bpom saya sarankan Abang Fi untuk melihat tanggal kadarluasanya. Jangan sampai kita minum/makan jajanan yang kadarluasanya sudah lewat. Bisa sakit perut dan diare. Kalau sudah sakit bukan lagi jajanan sehat untuk anak namanya.
jajanan sehat untuk anak
Abang Fi sedang menyeleksi jajanan sehat untuk dia.

4. HINDARI JAJANAN DENGAN WARNA YANG SANGAT MENCOLOK

Warna-warna mencolok memang sangat menggoda anak untuk membeli. Namun justru warna-warna mencolok itu yang membahayakan. Sudah pasti makanan tersebut diberikan tambahan pewarna makanan, karena jika produsen jajanan makanan anak menggunakan pewarna buah, tidak akan terlalu mencolok.

Biasanya saya sarankan ke Abang Fi untuk melihat komposisi yang terdapat pada kemasannya ada pewarna tambahan atau tidak. Jika ada pewarna tambahan, saya tidak melarang terlalu keras. Saya tetap mengijinkan tapi saya batasi jumlahnya dan setelah itu saya minta perbanyak minum air putih.

5. HINDARI JAJANAN TANPA KEMASAN

Jajanan tanpa kemasan memang paling beresiko sebagai jajanan tidak aman. Saya selalu memberitahu Abang Fi untuk menghindari jajanan tanpa kemasan. Kalaupun harus jajan tanpa kemasan, minimal Abang Fi melihat pembuatannya. Tentunya dengan kategori yang saya sebutkan di poin 1.

Selain poin 1, jajanan tanpa kemasan jelas sudah melanggar poin 2 dan 3, yang kita tidak ketahui apakah sudah lolos dari BPOM sebagai jajanan sehat untuk anak atau belum. Dan juga belum tau kehalalan jajanan tersebut.

6. WASPADA JAJANAN yang MENGANDUNG NARKOBA

Nah, untuk poin ini jelas banget bahwa permen narkoba bukan jajanan sehat untuk anak. Dan saya sering banget nih baca broadcast dan berita tentang jajanan yang mengandung narkoba. Terutama di jajanan permen, yang banyak sekali disukai anak-anak. Seremnya lagi permennya itu gambarnya lucu-lucu, sehingga menarik untuk anak-anak.

Saya biasanya, kalau dapat broadcast tentang permen narkoba, langsung saya beritahu Abang Fi. "Hati-hati sama permen ini ya, Bang! Kalau ada yang nawarin di sekolah jangan mau!" Dan langsung saya tunjukkan gambarnya. Tapii.. kita sebagai orangtua juga harus cermat menerima berita broadcast. Harus cek and ricek dulu kebenarannya. Contoh, seperti kasus Pindy Permen Susu.

jajanan sehat untuk anak
permen narkoba bukan jajanan sehat yang aman dikonsumsi (photo by Tribun Medan)


PINDY PERMEN SUSU dan NARKOBA

Sedikit saya mau bercerita tentang kasus Pindy Permen Susu nih. Akhir tahun 2017 kemarin, kita sempat dihebohkan dengan berita anak usia 4 tahun yang nge-fly karena Pindy Permen Susu. Beritanya sampai viral kemana-mana. Saya salah satunya yang penasaran dengan berita tersebut. Soalnya kemasan Pindy Permen Susu itu kan rapih banget seperti permen biasa. Dan permen itu ada di mini market dekat rumah. Masa iya, mini market lolos seleksi jajanan yang ada bpom nya?

Saya pun melakukan investigasi setajam sileeeet... *alis dinaik-naikin, mata dipelatat pelotot, jidat dinyurengin ala ala Fenny Rose. Saya langsung cek ke mini market terdekat. Mulailah saya mempraktekkan cara-cara yang saya tulis diatas. Awal yang saya cek label halal MUI dan ijin BPOM. Ternyat Pindy Permen Susu ada kok label halalnya dan bpomnya. Masa MUI kasih ijin permen narkoba? Kan imposible banget.
jajanan sehat untuk anak
Label halal MUI dan BPOM permen pindy

Keesokan harinya saya pantengin berita kelanjutannya. Karena saya yakin, jika memang Pindy Permen Susu ini tidak ada kandungan narkobanya, PT Inasentra Unisatya, produsen Permen Pindy yang berlokasi di Cilengsi-Bogor, pasti akan klarifikasi. Soalnya ini kan menyangkut nama baik perusahaan ya. Dan benar saja, klarifikasi itu langsung ada. Namun, yang saya baca bukan klarifikasi dari perusahaan permennya, melainkan dari Kepala BPOM Bandung (sebagai wilayah yang mengeluarkan ijin bpom pada Pindy Permen Susu) dan Kapolres Banyumas (tempat anak yang heboh setelah makan Pindy Permen Susu). Justru ini menguatkan banget.

BPOM tentunya nggak mau disalahkan memberi izin permen narkoba. Di kemasan Pindy Permen Susu juga ditulis kok komposisi dan informasi nilai gizinya. Jadi jelas dong kalau Pindy Permen Susu ini aman untuk dikonsumsi.

jajanan sehat untuk anak
Komposisi dan Informasi Pindy Permen Susu sebagai bukti Jajanan Sehat untuk Anak

Selidik punya selidik, ternyata anak kecil yang di Banyumas itu terlihat nge-fly (kebanyakan tidur) karena efek dari minum obat batuk. Ia batuk karena makan Pindy Permen Susu berlebihan. anak tersebut makan 8 permen sementara 3 temannya yang lain hanya 2 saja. Yaa, gimana nggak suka, Pindy Permen Susu ini termasuk jenis permen susu yang kenyal atau istilahnya Milk Chewy Candy. Ada 3 varian Pindy Permen Susu yang diproduksi, yaitu :
  • Milk Chewy Candy : permen susu original.
jajanan sehat untuk anak
Isi Pindy Milk Chewy Candy jajanan sehat untuk anak

  • Strawberry and Milk Chewy Candy : perpaduan rasa susu strwaberry dan rasa susu original.
jajanan sehat untuk anak
Isi Pindy Strawberry and Milk Chewy Candy jajanan sehat untuk anak

  • Chocolate and Milk Chewy Candy : perpaduan rasa susu coklat dan rasa susu original.

jajanan sehat untuk anak
Isi Pindy Chocolate and Milk Chewy Candy jajanan sehat untuk anak
    Jadi wajar lah, kalau anak-anak suka. Memang permennya lembut dan berasa banget susunya. Wong Duo Fi termasuk umminya aja doyan. ^_^

    Untuk permen, saya memang tidak melarang ke anak-anak, termasuk juga ke Adek Fi, selama permen tersebut masuk kategori pilihan jajanan sehat untuk anak versi saya. Hanya saja saya batasi pemberiannya, untuk menghindari efek yang terjadi pada anak balita di Banyumas itu.

    Kembali ke cerita kasus Pindy Permen Susu. Pada saat pemeriksaan urin pada anak balita tersebut, yang diduga ada kandungan zat benzodiazepin (zat psikotropika pada narkoba), ternyata berasal dari obat batuk yang diminum bukan dari Pindy Permen Susu. Pindy Permen Susu telah dites dari BNNK menytakan bahwa permen susu ini bebas dari zat-zat narkotika.
    jajanan sehat untuk anak
    penjelasan bpom bahwa Pindy Permen Susu jajanan sehat yang aman dikonsumsi (photo by instagram @permenpindy_id)

    Naaah kan, hoax. Makanya kita sebagai orangtua juga jangan termakan isu berita viral dari broadcast begitu saja. Cari informasi lengkapnya di situs terpercaya atau situs produk jajanan itu sendiri. Contoh seperti Pindy Permen Susu ini, informasi lengkapnya bisa ditengok di website permen pindy atau bisa lihat di media sosial seperti Facebooknya : Permen Pindy dan instagram Permen Pindy, yaitu @permenpindy_id.

    Ok, kita balik lagi ke cara memilih jajanan sehat untuk anak yaaa..

    7. BUAT BEKAL JAJANAN SENDIRI

    Jika masih khawatir juga akan kesehatan jajanan anak-anak, saya menyarankan buat sendiri jajanan sehat untuk anak-anak. Yang jelas semua bahan-bahannya kita tau dari mana. Saya terkadang membuat sendiri bekal untuk Abang Fi, malah kita buatnya bersama-sama. Pisang Goreng Meleleh adalah cemilan yang paling anak-anak suka.

    Nah, Teman-teman demikianlah cara saya memilih jajanan sehat untuk anak. Dan cara-cara diatas itu selalu saya ajarkan dengan cara berdiskusi dengan Abang Fi. Alhamdulillah, ilmunya terserap dengan baik. Sekarang setiap kali dia memilih jajanan dia akan memperhatikan hal-hal tersebut. Malah pas kemarin saya saat saya hendak menawarkan Pindy Permen Susu ke abang Fi, dia langsung, "Mi, coba lihat dulu ada BPOM dan label halalnya nggak?" iiish, kagum lah Ummi.

    Semoga tulisan ini bermanfaat juga bagi semua yaa.. ^_^

    Wassalam



    Post a Comment

    Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^