Cara Menstimulasi Kecerdasan Anak Sejak Dini

Tuesday, April 17, 2018

Cara menstimulasi kecerdasan anak sejak dini agar menjadi anak cerdas tanggap yang lengkap.

Bebelac


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Eeh, Abang kemarin bagi rapot ya?
Dapat rangking berapa?

Duh, saya paling bete kalau ada yang tanya soal rangking saat musim pembagian rapot. Apalagi kalau pakai dibanding-bandingkan. Kamu kok rangking sekian, liat tuh kakak rangking 1 pintar-pintar. Grrrr..

Saking seringnya mendengar percapakan tersebut, saya jadi mau menulis bahwa kecerdasan anak itu berbeda-beda. Kecerdasan anak itu tidak hanya diukur dari rangking. Ada banyak faktor pendukung yang bisa mempengaruhi seseorang hingga dibilang orang tersebut cerdas dengan tanggap yang lengkap.

Alhamdulillah, tanggal 11 April kemarin saya dapat undangan Buzzer and Blogger Gathering untuk merayakan peluncuran Bebelac baru yang bertempat di Jakarta Pusat. Dalam acara tersebut bukan hanya sekedar membahas tentang produk baru yang hendak diluncurkan, melainkan ada seminar parenting anak yang banyak banget manfaatnya bagi para orangtua dan calon orangtua.

Bebelac
Undangan yang full baloon

Tema yang diangkat dalam seminar parenting anak saat itu adalah Kecerdasan Anak dengan Tanggap yang Lengkap. Nah, apa sih tanggap yang lengkap itu? Yuk, baca terus ya!

Kecerdasan Anak dengan Tanggap yang Lengkap

Seperti yang saya tulis di paragraf pembuka, bahwa banyak orangtua yang menganggap kecerdasan anak hanya berdasarkan perkembangan kognitif anak, atau istilahnya kecerdasan intelektual. Padahal di jaman now ini dibutuhkan lebih dari kecerdasan intelektual.

Mba Roslina Verauli, M.Psi, selaku psikologi anak yang memberikan ilmu parenting anak pada acara tersebut, mengatakan bahwa seorang anak akan dibilang cerdas jika mereka tumbuh dengan tanggap yang lengkap. Tanggap disini adalah anak yang segera berespon akan sesuatu hal. Tanggap secara lengkap itu ada 3 hal yang mempengauhi yaitu :

Ibu Verauli, Psikolog Parenting Anak

1. Cerdas tanggap

Cerdas tanggap disini adalah tanggap yang berhubungan dengan perkembangan kognitif anak. apa yang diberikan oleh orangtua atau guru, cepat sekali si anak merespon dan diingat hingga saat me-recall memori tersebut, ia akan mudah untuk mengulangnya.

2. Tanggap secara Sosial

Pada tanggap sosial yang bermain adalah perkembangan sosial anak. pada tanggap sosial inilah yang membuat anak dimasa depannya mampu bekerjasama, mampu mengerti aturan main saat berkumpul dengan oranglain, anak mengetahui mana yang baik dan mana yang salah.

3. Tanggap secara emosional

Tangap secara sosial tidak akan berkembang jika anak tidak memiliki tanggap secara emosional (kecerdasan emosional - EQ). Tanggap secara emosional adalah kepekaan anak terhadap orang lain, memiliki rasa empati kepada yang lain, sehingga anak tau bangaimana cara mengontrol emosinya.

Stimulasi Kecerdasan Anak dengan Tanggap yang Lengkap
Pada acara tersebut, Mba Vera menguji para mom blogger dan mom celebrity yang hadir tentang pola asuh dalam membarikan pendidikan karakter terhadap anak kita, apakah sudah sesuai dengan tanggap yang lengkap.

Nah permainannya adalah membagikan 2 lembar kertas dengan warna berbeda. Kertas yang dibagikan tersebut melambangkan pola asuh kita di rumah. Waktu itu saya dibagikan warna merah dan orange. Pada kertas merah kita diminta menulis apakah pernah bilang kata-kata berikut ini kepada anak :
  • Iiih kamu cengeng banget sih.
  • Kamu kok penakut banget sih.
  • Waduh kamu galak banget sih, nak.
  • Duh.. salah, naaak bukan begitu. (selalu menyalahkan)
  • Kok gitu sih ngerjainnya? (anak diragukan dalam mengerjakan sesuatu)
  • Kamu bukan anak mama niiih (ada penolakan pada anak)
  • Ini anak siapa siiih? atau ini anak kamu nih (bicara ke pasangannya)
lalu pada kertas yang lainnya ditulis :
  • I love you.
  • You are ok.
  • Kamu bertanggung jawab.
  • Tenang, nak ada mama disini.
  • Waah baik banget sih kamu.
  • Waah anak pinteeer, cerdas.
  • Good job.
  • Kamu bisa/ kamu mampu.
  • Wooow, kamu kerjakan sendiri.
Lalu kita diminta menjumlah masing-masing pernyataan tersebut. Lebih banyak perkataan yang mana yang sering diucapkan.
Dari permainan pendidikan karakter anak ini tanpa kita sadari, setiap kita mengucapkan di lembar yang memuat kalimat positif dan membangun pada anak kita, kita sudah menanamkan kristal bening yang indah kedalam skema berpikir anak-anak kita. Sehingga penghayatan diri anak terhadap dirinya adalah positif.

Saat anak merasa dirinya adalah individu yang postif, maka anak memiliki strength (istilah psikologinya). Anak yang punya emosi postiflah yang akan mampu :
  • Membangun emosi positif dalam dirinya bahkan disaat emosinya sedang negatif sekalipun.
  • Menjadi anak yang berkompeten.
  • Mengembangkan empati secara optimal dan peka terhadap orang lain.
Ketiga kemampuan anak tersebut adalah akar dari cerdas sosial seorang anak. Sedangkan kebalikannya, disaat kita sering mengucapkan kalimat-kalimat yang ada pada lembar kalimat negatif, secara tidak langsung kita memberikan sampah kepada anak-anak kita.

Jadi teman-teman, yuk buang semua kalimat-kalimat negatif yang selalu kita berikan kepada anak kita dan tidak diijinkan untuk kembali. Agar anak-anak mempunyai tanggap emosional yang baik, yang mampu mendukung tanggap sosial di lingkungannya.

Mba Verauli juga mengatakan bahwa tanggap emotional dan tanggap sosial tidak akan terlatih jika anak tidak memiliki cerdas tanggap atau kecerdasan intelektual.

Nah, untuk membangun kecerdasan intelektual ini anak memerlukan stimulasi otak. Stimulasi otak anak yang diberikan bisa melalui 2 hal, yaitu stimulasi dalam permaian/belajar (luar) dan stimulasi dari nutrisi (dalam).

Pada acara gathering tersebut, anak benar-benar diberikan contoh stimulasi dari luar, yaitu dengan adanya palyground bersebelahan dengan lokasi seminar. anak-anak dibuat saling berinteraksi secara sosial dengan teman-teman sebayanya. Oiya, saat itu saya pergi dengan Adek Fi. Saat saya sibuk foto sana sini, Adek Fi juga sibuk bermain dengan teman-temannya.

Bebelac
Adek Fi sibuk dengan mainnya di playground salah satu stimulasi kecerdasan anak

Sedangkan untuk stimulasi dari dalam Bebelac ikut peran juga disini. Bebelac menyiapkan keperluan nutrisi yang dibutuhkan anak. Bebelac meluncurkan produk baru yang mendukung anak untuk menstimulai cerdas tanggap dari dalam. Agar anak memiliki tanggap yang lengkap dan bagus untuk tumbuh kembangnya. Bebelac baru ini mengandung minyak ikan dan omega 6 lebih tinggi dibandingkan dengan formula Bebelac sebelumnya. Selain itu formula Bebelac baru memiliki FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan, serta 13 Vitamin & 9 Mineral.

Bebelac

Alhamdulillah, pulang dari acara gathering, saya dapat ilmu bergizi buat mengasuh Adek Fi dan buat teman-teman yang ingin tau lebih jelas apa itu cerdas tanggap yang lengkap, silakan buka link berikut ini : Tanggap yang lengkap sebagai ciri anak hebat.

Selamat membaca dan mempraktekkan ya ^_^

Wassalam






Post a Comment

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^