Review Restauran Al Sadda Otista - Jakarta Timur

Thursday, March 29, 2018

Restoran al sadda otista

Bismillahirrahmaanirrahiim
Asslamu'alaikum w.w.

Ini kali kedua saya membahas restoran yang menyajikan makanan penduduk Asia Tengah. Sebelumnya saya pernah membahas restoran Taj Mahal setelah berkeliling wisata dengan Mpok City.

Baca : Restoran Taj Mahal Pasar Baru - Jakarta Pusat

Kalau ada yang bertanya, saya suka yaa makan makanan orang Asia Tengah, jawabannya lebih ke "sudah biasa"... xixixi.. Yes, mungkin yang rajin membaca tulisan saya ini, sudah tau kalau saya masih ada garis keturunan Arab dari mama. Tapi yang lebih banyak menikmati masakan Asia Timur justru dari keluarga besar papa. Karena keluarga papa masih tinggal di seputaran Kampung Melayu - Tebet, yang dulunya terkenal sebagai kampung Arab. Sedangkan keluarga mama sudah berbaur dengan budaya lain, namun masih kuat dengan masakan Sumateranya yang rempah dan rasanya sebelas dua belas dengan masakan Asia Tengah. Jadi ya lidah ini sudah terbiasa dengan makanan itu dan cocok dengan rasa-rasanya.


Nah, hari Minggu yang lalu, 25 Maret 2018, saya mengajak papa dan ibu untuk makan di restoran Al Sadda, yang bertempat di :

Jl. Otto Iskandardinata No. 101
Kampung Melayu - Jakarta
telp : 021 85916695

Setiap kali saya ke rumah papa, saya pasti melewatkan restoran itu. Tapi baru kesampaian Minggu kemarin. Dan itu memang sudah niat banget mau ajakin makan bareng. Alhamdulillah beliau mau.

Berhubung mobil papa sedang di service, maka kami pergi ke restaurant Al Sadda naik taksi online. Nggak sampai 5 menit kami sudah sampai, ya iyalaaah secara deket banget rumah papa ke restaurant Al Sadda. ^_^ Hanya saja kalau naik angkot harus naik jembatan penyebrangan 2x. Kalau jalan kaki, lumayan pegel. Untuk saya sih nggak masalah ya, tapi kalau untuk ibu yang kakinya baru 6 bulan di operasi nggak mungkin lah.

Akhirnya kami pun sampai di restoran Al Sadda. Restaurannya kalau dari luar terlihat sempit. Parkiran pun kurang lebih hanya cukup 4 - 5 mobil saja. Desain timur tengahnya sudah terlihat dari pintu masuk restauran, tapi nggak terlihat wah. Seperti rumah-rumah Arab biasa saja. Jika orang yang melintas di jalan Otista nggak akan menyangka kalau itu adalah restauran.

Restoran al sadda otista
Tampak depan restauran Al Sadda (photo by zomato)

"Assalamu'alaikum, selamat datang pak/bu"
Sapaan penjaga pintu restauran ketika menyambut kami datang. Kami ditanyakan jumlah orang, lalu kami diminta memilih mau duduk lesehan atau duduk meja. Berhubung kaki ibu belum bisa duduk lesehan kami memilih untuk duduk meja makan.

Restoran al sadda otista
ruang dalam restauran, kiri tempat lesehan kanan meja duduk (photo dok. pribadi)


Kalau memilih yang lesehan, tempatnya juga nyaman, tapi nggak terlalu besar dan paling hanya cukup 5 orang saja. Tempat makan yang lesehan kita akan diberikan bantalan bangku untuk sender-senderan. lantai lesehannya pun pakai karpet tebal.

Restoran al sadda otista
Tempat lesesah

Restoran al sadda otista
karpet alas duduk lesehan

Selain tempat makan meja dan lesehan, restauran ini menyediakan ruangan VIP. Bentuknya seperti lesehan, hanya saja lebih besar dan private.

Restoran al sadda otista
Ruang vip (photo by google search)

Setelah menentukan tempat duduk, kami disuguhkan buku menu untuk memilih makanan. Saat itu kami memilih menu makanan 1/4 Lamb Mandi untuk porsi 3 - 4 orang. Kami mau mencoba sajian utama Al Sadda, karena menurut pramusajinya kalau menu ini bisa dimakan beramai-ramai, tinggal pesan minumannya saja.

Restoran al sadda otista

Restoran al sadda otista

Restoran al sadda otista

Begitu menu selesai kami pesan, tetiba pramusajinya yang sebagian besar wanita dan mengenakan jilbab, membawakan plastik untuk menutupi meja.

Fungsi plastik tersebut agar makanan yang tercecer tidak berantakan. Soalnya makanan arab kan penuh dengan rempah dan warna rempah yang kekuningan itu bisa mengotori meja. Belum lagi yang saat makan melepas tulang-tulangnya. Jadi meja tetap bersih. Waaah, idenya kreatif ya.

Restoran al sadda otista
Meja sebelum diplastikin

Restoran al sadda otista
Meja sudah diplastikin

Nggak pakai nunggu lama, pesanan kami pun datang. Satu-satu menu paket keluar disajikan. Mulai dari potongan Jeruk Lemon, Bawang Bombay dan 4 mangkok Marak Lahm. Marak Lahm ini adalah sop kambing tanpa santan dan bening berwarna kekuningan. Kuahnya dihirup sebagai netralisir makanan Nasi Lamb Mandi yang bener-bener kering. Biasanya makannya disiram di daging atau iga kambing yang disajikan di Nasi Mandi.

Saya sempat bingung dengan bawang bombaynya bagaimana cara makannya ya. Ternyata menurut mba-mba pramusajinya, "kalau orang Arab biasanya dimakan langsung seperti lalapan." Kami hanya ber O ria mendengar jawaban Si Mbak. Maklum saya Arab kw... hehe.

Restoran al sadda otista
bawang bombai, jeruk lemon dan Marak

Lalu setelah itu datang menu 2 Roti Canai dan 2 Idham Musyakal (Lahm). Idham Musyakal ini cocolan dari roti canai yang kental dan rasa kari yang khas. Disajikan diawal sebagai pembuka makanan sebelum ke menu utamanya. Selain Idham ada beberapa cocolan sambelnya juga.

Restoran al sadda otista
Roti canai, Idham, Marak dan cocolan sambelnya

Untuk minuman saya dan Abang Fi memesan minuman kesukaan kami, yaitu Ice chocolate untuk Abang Fi dan Lemon untuk saya. Sedangkan Jid dan Ibu memesan minuman arabic Tea. Saya pikir Teh Arab tuh seperti teh biasa berwarna coklat bening, tapi ternyata yang datang berupa teh susu seperti teh tarik, tapi diberikan kapulaga. Jadi rasanya agak sepet-sepet dikit.

Restoran al sadda otista
teh arab

Yang buat saya tertarik di daftar menu  minuman itu ada minuman bernama Laban. Laban adalah minuman youghurt plain. Wah, saya sudah pernah merasakan minuman ini di restauran Taj Mahal. Jadi saya tidak memesannya.

Baca : Restauran Taj Mahal Pasar Baru - Jakarta Pusat

Finally... datanglah nasi mandi pesanan kami. Woooow, ternyata besar sekali, pantas saja jika dibilang bisa dimakan sebanyak 4 orang.

Nasi Mandi yang disajikan dengan loyang aluminium yang besar. Diatas Nasi mandinya terdapat 1/4 daging kambing.

Nasi Mandi disini serupa dengan nasi briyani, bedanya hanya kalau Nasi Mandi ini lebih gurih, sedangkan Nasi Briyani kaya akan rempah. Adalagi namanya Nasi Lahm, Nasi Lahm ini sama dengan Nasi Briyani hanya saja banyak tomatnya, jadi agak-agak masam sedikit.

Kalau teman-teman mau coba semua nasi tersebut, teman-teman bisa kok pesan, 1 loyang nasinya campur.

Yang paling saya suka makan disini tuh karena dagingnya empuk banget, nggak alot. Dan nggak ada sedikitpun bau kambing. Masuk ke restaurannya pun nggak ada bau kambing. Abang Fi nambah sampai 2 kali. Papa dan ibu pun lahap makannya. Seneng jika ajak makan orangtua, orangtuanya seneng makannya.

Restoran al sadda otista
Nasi mandi

Oiya, berhubung ini makannya banyak menggunakan tangan, jadi ya cuci tangan dulu di kamar mandi. Nggak ada wastafel buat cuci tangan.

Tapi nggak usah khawatir kamar mandi restaurannya bersih, wangi dan kering, seperti kamar mandi hotel.  Hanya saja jalur kamar mandi laki-laki dan perempuannya juga dipisah. Biasanya kan 1 jalur, hanya dipisah ruangannya. Tapi kalau di Al Sadda jalurnya saja sudah terpisah. Jadi benar-benar menjaga batas perempuan dan laki-laki.

Untuk yang mau sholat nggak usah bingung, karena disebelah kamar mandi masing-masing ada mushollahnya.

Nah, selesai makan kenyang, saya langsung minta bill dan bayar di kasir. Pembayaran restauran ini bisa dilakukan dengan cara cash, debit atau kartu kredit. 


Buat yang nggak habis, karena kebanyakan, kita juga bisa kok bawa pulang sisanya dan di packaging dengan rapih seperti nasi baru. 

Saya suka makan di restauran Al Sadda ini, selain kualitas rasa, pelayanannya pun baik dan ramah. Begitu juga dengan kebersihan restauran. Memang untuk harga termasuk kategori restauran kelas menengah keatas ya. Ya, untuk makan restauran timur tengah sekelas hotel, saya bilang sih Al Sadda nih termasuk murah.

Restoran al sadda otista
kasir di lobi restauran Al Sadda

Buat teman-teman yang ingin mencoba makanan menu-menu ala Timur Tengah yang berkelas, teman-teman bisa mampir ke restauran ini.

Selamat mencoba. ^_^

Wassalam

Post a Comment

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^