Restoran Taj Mahal Pasar Baru - Jakarta Pusat

Tuesday, November 7, 2017

Restoran Taj Mahal Pasar Baru

Bismillahirrahmanirrahimm
Assalamu'alaikum w.w.

Haiii.. Masih ingat kalau saya mau tulis tentang restoran yang dikunjungi setelah jalan-jalan dengan Mpok Siti?

Hmm.. buat kamu yang belum kenal Mpok Siti silakan baca ini :
Wisata Sehari Dengan Mpok Siti

Sudah 2x kami berwisata dengan Mpok Siti. Pertama naik Mpok Siti rute Jakarta Modern. Nah, pas naik yang pertama ini, di Mpok Siti saya searching kulineran enak di seputaran Juanda. Dapatlah kami rekomendasi ke restoran Taj Mahal di pasar Baru, tepatnya di :

Jl. H. Samanhudi No. 10A
Pasar Baru - Jakarta

Restorannya bukan restoran besar. dan dia terselip di ruko-ruko. Kalau tampak mukanya restoran Taj Mahal terlihat kumuh. Tapi begitu masuk, restorannya bersih dengan pernak-pernik meriah ala-ala rumah India (saya sih belum pernah ke penduduk India asli, tapi lihat-lihat saja di film Bollywood hehehe). Pernak pernik dengan hiasan dinding dari pecahan kaca.
Restoran Taj Mahal Pasar Baru
Interior dalam Restoran Taj Mahal Pasar Baru
Restoran Taj Mahal Pasar Baru
pojok meja yang kami pilih karena dekat dengan televisi (Photo taken by tripadvisor.com)

Ketika kami masuk, kami disambut dengan bapak tua berpakaian rapih. Walau wajahnya sudah tak lagi muda, bapak itu tetap terlihat gagah dan menyapa kami dengan ramah. Awalnya kami pikir beliau adalah pemilik restoran tersebut, ternyata beliau hanya seorang pramusaji restoran.

Restoran Taj Mahal Pasar Baru
Bapak pramusaji dan sekaligus kasir yang menyambut kami datang

Kami pun diberikan menu pilihan. Dari nama restorannya saja seharusnya kita sudah paham bahwa makanan yang disajikan disini adalah makanan-makanan khas India. Makanan yang serba kari. Setelah melihat-lihat menu, kami pun memesan Mutton Briyani, Nan Thali Mutton, Nan Thali Chicken dan Sweet Lassi.

Ok kita bahas satu-satu yaaa.. makanan apa saja kah itu?

1. Mutton Briyani
Hmm.. dari namanya sudah kebayang, ini pasti nasi Briyani. Yes, You're Roght kalau berpikir seperti itu. Lalu Mutton itu apa? Mutton disini artinya daging kambing. Ada 3 jenis nasi Briyani yang dijual di restoran Taj Mahal, yaitu :
  • Mutton Briyani (Nasi Briyani dengan daging kambing)
  • Chicken Briyani (Nasi Briyani dengan daging ayam)
  • Prawn Briyani (Nasi Briyani dengan udang)
Nasi Briyani Mutton (photo taken by tripadvisor.com)
Kalau saja Adek Fi nggak punya alergi, pastinya saya memilih Prawn Briyani. Karena saya memang penggemar seafood banget. Tapi ya itu, Adek Fi masih asi dan Adek Fi punya alergi seafood.. hiks. Akhirnya Mutton adalah pilhan kedua untuk mencoba Nasi Briyani ini.

2. Naan Thali Mutton
Naan adalah roti khas negara-negara Asia Barat, Asia Tengah dan Asia Selatan. Terbuat dari gandum, ragi dan sedikit rempah seperti jintan hitam, lalu diberi taburan wijen diatasnya. Adonan roti naan dipipihkan lalu dipanggang dengan oven tandoor. Oven tandoor adalah sejenis oven tanah liat tradisional berbentuk seperti tabung dengan panas yang sangat tinggi, di mana adonan naan yang sudah mengembang dipipihkan dan ditempelkan pada sisi dalam oven selama beberapa menit. Tapi dijaman serba canggih ini naan sudah banyak dimasak dengan menggunakan oven gas.

Restoran Taj Mahal Pasar Baru
oven tandoor

Nah, yang saya suka di restoran Taj Mahal ini roti nan dimasak dengan menggunakan oven tandor. Rotinya juga lembuut nggak keras. Karena kalau dipanggang dengan oven kata pelayannya agak keras.

Roti Naan dimakan dengan thali mutton. Thali adalah adalah sebuah masakan India dan Nepal yang terdiri dari berbagai hidangan. Pada Naan Thali di restoran Taj mahal, dihidangkan 3 menu, yaitu
  • Mutton curry (kari kambing)
  • Dal (Sayur kacang hijau)
  • Youghurt
Nah, pengalaman saya makan Naan Thali Mutton ini, kalau di cocolnya satu-satu, rasanya aneh di lidah saya. Yang cocok hanya cocolan kari kambing saja. Tapi kalau kita gabungkan semua cocolannya lalu taruh di roti naan, hmmmm ini baru uenaaak.

Abang Fi aja yang nggak suka sayur kacang hijau, kemakan juga tuh semua. Oiya, Abang Fi pesan Naan Thali Chicken, tapi yang pakai nasi putih. Karena Abang Fi nggak afdol kalau nggak pakai nasi. Dia bilang takut nggak kenyang. xixixixi... ^_^

Restoran Taj Mahal Pasar Baru
Naan Thali Chicken pesanan Abang Fi

Untuk Naan Thali ini, Naan-nya bisa kita tukar dengan nasi putih. kalau saya nasi putih sudah biasa, maka saya pesan roti Naan saja. Dan bagi vegetarian, restoran ini juga menyediakan Vegetarian Thali. Harganya bisa beda 10K lebih murah dari yang daging.

3. Sweet Lassi
Nah, untuk menu yang ketiga ini adalah menu minuman. Ini pernah saya bahas dalam tulisan bersama #14foodtalk. linknya bisa dibaca disini ya :
2 Minuman Segar dengan bahan Youghurt

Restoran Taj Mahal Pasar Baru
Sweet Lassi

Lalu Adek Fi makan apa? alhamdulillah Adek Fi suka sekali kari. Jadi dia makan roti Naan yang dicocol hanya dengan kuah kari saja. Pedas nggak? Makanannya tidak ada yang pedas, jadi aman buat yang nggak suka pedas. Rasa rempahnya berasa sekali, sesuai khas masakan India yang kaya rempah.

Harganya berapa?
Ini pasti menjadi pertanyaan primer disetiap tulisan tentang restoran. Harga di restoran Taj Mahal Pasar Baru, tidak sampai merogoh kocek terlalu dalam. Kalau saya bilang sih masih harga standar yaa untuk ukuran restoran India. Harganya kisaran 10K - 80K.

Buat kamu yang pencinta makanan India, restoran Taj Mahal ini bisa jadi rekomendasi makanan khas India yang pas dengan lidah kita orang Indonesia. Habis keliling wisata dengan Mpok Siti mampir deeeh ke Restoran taj Mahal.

Selamat makaaaan ^_^

Wassalam



Post a Comment

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^