Kuraja Sosis Ayam So Good

Friday, July 14, 2017

Sosis Ayam So Good


Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum wr.wb.

Saya tuh hobi banget mengawali tulisan dengan pertanyaan. Termasuk tulisan saya kali ini. Saya mau bertanya sama semua.. Siapa yang belum pernah merasakan sosis? Ngacuuuung!

Xixixi... pasti jawabannya 99% sudah pernah makan sosis. Yang 1% biasanya vegetarian atau tidak suka daging. Iki opoooo toh.. podo wae, Mba.. ^_^

Hmm.. memang makanan yang satu itu banyak sekali penggemarnya, termasuk saya dan keluarga. Sebenernya tulisannya adalah Sausage, cuma daripada belibet bacanya, enakan tulis dalam bahasa Indonesia, yaitu SOSIS. ^_^

Sosis selain rasanya gurih, walau hanya sekedar digoreng atau direbus, dia juga enjoy enjoy saja (bahasa virza the comment ^_^) untuk digabung dengan bahan masakan yang lain. Seperti resep yang hendak saya tulis saat ini.


Sebelum saya tulis resepnya, saya mau kasih tahu dulu nih sosis apa yang saya gunakan. Ya, kali ini saya menggunakan Sosis Ayam So Good Siap Masak.

Sosis Ayam So Good
photo taken from http://sogood.id/

Kenapa sih Memilih Sosis Ayam So Good?
Kebanyakan dipasaran itu menjualnya sosis sapi. Jarang sekali saya melihat sosis ayam. Ada sih, tapi saya jarang menemukannya. Kalaupun ada yang bentuknya besar-besar.

Nah, Sosis Ayam So Good ini bentuknya kecil-kecil. Selain itu dia punya keunikan sendiri. Biasanya kalau kita mau masak sosis, kita agak diribetkan dengan mengupas kulit sosisnya. Tidak demikian dengan Sosis Ayam So Good. Kulitnya nggak perlu repot-repot kita kupas. Bisa kita langsung masak. Karena kulit Sosis Ayam So Good terbuat dari bahan kolagen yang aman dikonsumsi.

Selain nggak perlu repot dengan kupas mengupas kulit sosis, nutrisi dalam sosis ini bagus sekali, karena sedikit lemak. Dan yang paling utama, ada logo halal MUI-nya. Jadi ya Sosis Ayam So Good aman dikonsumsi untuk keluarga.

Sosis Ayam So Good
Nutrisi Sosis Ayam So Good



Resep apa yang akan kita eksekusi hari ini?
Kali ini saya mau menulis resep Kuraja Sosis Ayam So Good.

Apa itu Kuraja?
Kalau dilihat dari namanya seperti masakan asal Jawa Barat ya. Padahaaaal... Kuraja itu singkatan dari KUning oRAnye dan hiJAu. Udah titik yaaa.. dilarang protes. ^_^

Memang bahan apa sih yang berwarna kuning, oranye dan hijau?
Warna-warna tersebut adalah warna-warna sayuran. Yuk biar nggak nanya-nanya lagi, kita langsung eksekusi resepnya.. ^_^


KURAJA SOSIS AYAM SO GOOD


Bahan-Bahan :
Sosis Ayam So Good 1 saset 250 gram
Telur 2 butir
Daun salam 1 lembar
lengkuas 2 cm (dikeprek)
Minyak sayur secukupnya

Bahan Kuraja :
Jangung manis 1 buah (dipipil, lalu dikukus)
Wortel 1 buah (diparut lalu dikukus)
Petai cina 3 sdm (dikukus)

Bumbu-bumbu :
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Cabe merah keriting 5 buah
Tomat 1 buah

Semua bumbu-bumbu diiris tipis.

Penguat Rasa :
Garam dan Gula secukupnya
Penyedap rasa (optional)
bumbu-bumbu

Cara Membuatnya :

Potong-potong sosis. kurang lebih 1 sosis jadi 3 potong. Lalu goreng hingga kulit agak berubah sedikit (setengah matang). Biar terlihat matang atau tidaknya dipotong tanda tambah (+) diujung dan pangkal sosis. Jadi saat digoreng bagian yang dipotong tanda + akan mekar. Angkat dan tiriskan.
Tuang minyak bekas goreng sosis diwadah terpisah.

Kocok lepas telur dengan diberi sedikit garam. Ambil 2 sendok makan minyak bekas goreng sosis. Goreng telur dan dibuat orak arik. Angkat dan tiriskan.

Tumis bumbu yang sdh diiris, daun salam dan lengkuas dengan 2 sendok makan minyak bekas goreng sosis hingga harum.

Lalu masukkan sosis ayam so good dan kuraja. Aduk-aduk hingga rata. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Jika ingin lebih gurih tambahkan penyedap rasa. Koreksi rasa.

Terakhir masukkan telur orak arik, lalu aduk-aduk hingga rata.

Sosis Ayam So Good


Nah, Kuraja Sosis Ayam So Good siap disajikan. Selamat mencoba ^_^

Tips : Pada saat menumis sayuran jangan terlalu lama dan tidak perlu diberi air sebagaimana layaknya menumis sayuran biasa, karena sayuran Kuraja-nya sudah matang dikukus. Jadi semua bahan sebelum dicampur sudah matang.

Oiya, kalian sudah tahu belum? So Good mengadakan lomba kreasi masak yang bekerjasama dengan Blogger Perempuan Network loh. Jurinya Chef Bewok Ganteng.. eh.. Chef Ari Galih langsung. ^_^
Hadiahnya lumayan ada Camera dan HP. Kalau saya yang masak ala kadarnya bisa ikutan lomba, masa kamu nggak bisa. Iya.. kamu!
Yuk, Ikutan!

Sosis Ayam So Good


#BPNxSOGOOD
#RamadhanSoGoodSiapMasak

Wassalam



Post a Comment

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^