Pertanyaan Buruk

Thursday, December 16, 2010



Bismillahirrahmaanirrahiim..

Assalamu'alaikum wr. wb.

Seringkali kita mendengar pertanyaan seperti ini :
"Lebih baik mana, Seorang Ustadz yang berakhlak buruk atau pezinah tapi berakhlak baik?"

Untuk orang awam seperti kita, pertanyaan tersebut membuat kita menjadi ragu. Dan kebanyakan orang akan berkata, "Iya.. ya... mendingan jadi pezinah yang berlaku baik sehingga disenangi orang banyak, daripada jadi ustadz tapi dibenci orang banyak."

Saat aku mendengarkan radio rodja streaming di blogku, pertanyaan tersebut pun dilontarkan ketika session tanya jawab oleh pendengar. Namun sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ustadz yang memberikan  materi langsung memarahi si penanya.

Beliau bilang, "Sebetulnya pertanyaan seperti ini tidak baik untuk dilontarkan. Seolah orang yang melontarkan pertanyaan ini mencoba membenarkan perbuatan hina yang penting berakhlak baik.Dan pertanyaan ini justru melemahkan iman yang mendengarnya."

Selanjutnya beliau menjawab pertanyaan si penanya, "Tidak ada yang lebih baik diantara mereka. Keduanya wajib kita cela dan bertaubat. Karena keduanya melakukan hal yang Allah benci"

Subhanallah.. jawaban yang tegas dan baik sekali.

Benar sekali yang beliau bilang. Kebanyakan orang selalu mencari aman akan dosa yang dia buat dengan membuat pertanyaan seperti itu. Tentunya dengan adanya pertanyaan tersebut, si penanya berharap jawabanya adalah "Lebih baik si pezinah tapi berakhak baik" untuk membenarkan perbuatan  salah yang telah dilakukan.

Dan pertanyaan-pertanyaan seperti itu saat ini sering sekali kita dapati. Semoga kita bukan termasuk salah satu diantara orang-orang yang bertanya seperti itu.. Dan semoga Allah selalu bersama orang-orang yang mencari hidayah.. Aamiin


Post a Comment

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^