Memasak Jamur Krispi dengan 2 Cara


Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Seminggu yang lalu saya dan para jagoan ganteng jalan-jalan ke Gandaria City. Sebenarnya sih bukan mau jalan-jalan, niat awalnya nguber imigrasi jaksel yang buka stand di Mal untuk perpanjang paspor. Tapi begitu sampai di Gandaria City, jumlah yang mau perpanjang paspor dijatah. Diberi kuota 100 orang. Dan saya datang jam 9 sudah habis. Malah ada yang bilang ke saya, "Wah, saya saja yang datang jam 7 sudah habis, Bu". Eh? jadi pada dateng jam berapa itu yang sekarang antri?

Akhirnya, saya pun window shoping bertiga. Setelah lelah window shopping, saya pun memutuskan untuk ke rumah papa di otista. Maka turunlah saya ke Lottemart untuk membeli buah tangan. Saat sedang mencari-cari buah tangan, seorang pramuniaga menawarkan kami taste food. Taste food berupa gorengan krispi.


"Silakan, Bu.. dicoba jamur krispinya, beli disini jamurnya bisa langsung digoreng", sapa pramuniaganya. Si Abang begitu melihat taste food langsung deh minta. Abang langsung teriak, "Enak, Mi". Melihat Abangnya makan, Adeknya pun teriak-teriak minta juga. Melihat mereka suka saya langsung beli jamurnya. Saat itu ada 2 jamur yang ditawarkan yaitu : jamur shimeji dan jamur shitake. Abang memilih jamur shimeji untuk digoreng.

Sambil menunggu Mba pramuniaganya kelar menggoreng, saya pun bertanya-tanya resep menggorengnya. Dan ini resep dari si Mba Pramuniaga.

RESEP JAMUR KRISPI 1

Bahan-bahan :
  • Jamur sesukanya (Shimeji/Shitake)
  • Tepung sagu/tapioka 5 sendok makan
  • Tepung terigu 1 sendok makan
(jumlah takaran tepung hanya untuk perbandingan saja. Jika ingin ditambahkan sesuai kebutuhan silakan. Yang terpenting perbandingan 5 sagu : 1 terigu)
  • Telor 1 butir 
  • garam dan penyedap rasa secukupnya.
  • Minyak untuk menggoreng
Jamur Shimeji (photo taken by Herbalnewspedia.com)
Jamur Shitake (Photo taken by BisnisUKM.com)

Cara membuat :
  • Untuk jamur shitake dipotong kecil-kecil sesuai selera, kalau jamur shimeji cukup dipotong akarnya saja.
  • Kocok lepas telur dengan garam dan penyedap rasa secukupnya.
  • Rendam potongan jamur di dalam telur. Aduk rata. Biarkan sebentar agar telurnya meresap
  • Sambil mendiamkan rendaman jamur di telur, campur semua tepung, garam dan penyedap rasa secukupnya. Aduk rata. Mba-nya menyarankan kalau mau rata sambil diayak saat mencapurkannya. jadi yang kasar-kasar ga masuk dalam adonan.
  • Masukkan rendaman jamur ke campuran tepung. Lalu setelah terlumuri tepung masukkan ke penggorengan untuk di goreng. Minyaknya usahakan panas ya dan agak banyak agar jamur terendam. Saat memasak gunakan api kecil agar matang rata kedalam.
  • Angkat jamur setelah warna kecoklatan. Jamur Krispi siap disajikan.

Saya waktu itu makan jamurnya kurang lebih 250 gram 1 bungkus. Dan makan bertiga ternyata mengenyangkan juga.

Melihat Adek Fi makan dengan lahapnya, sepertinya harus dicoba di rumah. Secara Adek Fi nggak doyan yang namanya nasi, jadi saya harus berkreasi berbagai makanan yang bisa menggantikan nasi tapi masuk sayuran atau buahnya.

Sedangkan dalam kandungan Jamur krispi ini  hampir 90% terwakili gizi buat Adek Fi. Dari jamur mewakili protein yang tinggi, serat dan mineral. Lalu tepung mewakili karbohidrat dan Minyak mewakili lemak. Pas dengan kebutuhan gizi buat Adek Fi.

Akhirnya, kemarin saya coba membuat jamur krispi di rumah. Hanya saja saya maunya praktis-praktis aja.. hahaha.. Kebetulan saat saya ikut Umami Food Restoran saya mendapat goodie bag produk Aji-no-moto. Salah satunya Tepung Bumbu Serbaguna Sajiku.


Nah, saya cobalah buat jamur krispi di rumah menggunakan Tepung Bumbu Serbaguna Sajiku. Seperti apa resepnya? Yuuk, kita coba..

RESEP JAMUR KRISPI 2

Bahan-bahan :
  • Jamur secukupnya (Jamur yang saya pakai Jamur Tiram, karena ini yang mudah dicari di pasar tradisional)
  • Tepung Sajiku 1 bks
  • Aitr secukupnya
  • Minyak secukupnya
Jamur Tiram (Photo taken by Tipstren.com)

Cara membuat :
  • Potong-potong jamur sesuai selera.
  • Bagi 2 Tepung Bumbu Serbaguna Sajiku ke 2 wadah. Berikan ai secukupnya pada wadah satunya, hingga tepung mengental.
  • Celupkan jamur di tepung basah. Lalu angkat dan celupkan lagi di tepung kering. Ulang sekali lagi.
  • Setelah dicelupkan sebanyak 2x, masukkan kedalam wajan yang sudah berisi minyak panas.
  • Goreng jamur dengan api kecil hingga warna berubah kecoklatan.
  • Jamur krispi siap disajikan.
Nah, sudah ada 2 resep Jamur krispi, tinggal teman-teman memilih mau menggunakan resep yang mana.

Oiya, kenapa hari ini saya memilih untuk memosting Jamur Krispi? karena ini adalah tema 14FoodTalk kami (saya, Nita, Nurul dan Febri), yaitu GORENGAN. nah buat teman-teman yang hendak membaca 14FoodTalk versi teman-teman saya, silakan lihat disini :


Nita : www.nitalanaf.com
Nurul : www.nurulsufitri.com
Febri : www.tulisanfebri.com

Selamat mencoba ^_^




23 comments:

  1. Kalau gak pakai telur bisa gak? Kalau lama kelamaan suka bau amis. Makanya mpo gak doyan pisang goreng pakai telur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan itu ada cara kedua, mpo. Bisa gunakan cara kedua kok. Nggak pakai telur

      Delete
  2. Biasa beli 5000 tapi sedikit. Bikin coba ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba buat, mba.. lumayan banyak dapetmya.

      Delete
  3. Wah pake tepung bumbu Sajiku juga ya. Diriku belum pernah masak yang jamur shimeji. Di warung nggak ada yang jual, haha... Ntar kalo pas ke Carefour atau Farmers.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. makanya pakai jamur tiram, banyak dijual di pasar tradisional. Insya Allah sama kok enaknya.

      Delete
  4. Saya udah nyoba pake jamur tiram tapi kok ga krispi ya,, ada yang salah kah,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak krispi itu kemungkinan ada 3. Jamurnya basah, pas masak tidak kerendam minyak atau potong jamur tiramnya kelebaran. Kalau saya potong jamur tiramnya selebar telunjuk.

      Delete
  5. Aku juga kalo lagi iseng di rumah suka bikin jamur krispi begini. Gampang bikinnya, enak, dan cepet abisnya juga. Mwahaha.

    ReplyDelete
  6. Adikku dulu pernah bisnis ini. Tapi minyaknya banyak ya. harus dimakan segera.

    ReplyDelete
  7. Jamur tiram memang enak mba. Aku selama ini bikin jamur chrispi palai jamur tiram aja dan tepung bumbu jadi biar praktis. Anak anakku sukaa

    ReplyDelete
  8. Aku lebih suka pakai cara kedua maakk, hehe..lebih crispy (kata aku ya)

    ReplyDelete
  9. Toss yuk mb Ade...Aku demen banget ngemil jamur krispi. Buat temen nonton film di rumah. Kriuk krenyes2 yah rasanya enak. Apalagi pake tempung bumbu Sajiku waaaahhh sukaaa bangeeed dah 😀

    ReplyDelete
  10. Aku kalau goreng jamur lebih suka nggak pake telur

    ReplyDelete
  11. Whaaa aku suka banget jamuuur.. hihihi Pernah bikin yang jamur tiram yang gak pake telor mba Ade.. Pankapan mau nyoba yang jamur shimeji aah..

    ReplyDelete
  12. Waaah jamur krispy favorit di rumah nih. Kadang buat cemilan, kadang buat lauk makan juga. Anak-anak jadi lahap makannya karena kriuk-kriuk. Resepnya kurang lebih sama dengan resep mbak Ade, cuma aku nggak pakai telor karena ke-krispy-annya menurut aku nggak setahan lama kalau nggak pakai telor.

    Anyway, menu jamur krispy ini sedikit aku batasi di rumah karena boros minyak *emak perhitungan*

    ReplyDelete
  13. salah satu menu yang disuka oleh keponakan dan sepupu, mudah buatnya, enak rasanya, apalagi tepungnya diganti sama yang versi ada kejunya, tambah nikmat deh

    ReplyDelete
  14. wah harus dicobaaaa ini, suka beli jamur-jamur itu tapi belum pernah goreng krispi. Katanya kalo mau krispi itu jamurnya jangan dicuci...

    ReplyDelete
  15. Enak nih jamur kayaknya, apalagi pake bumbu praktis sajiku. Boleh dicoba di rumah nanti.

    ReplyDelete
  16. Aku dulu ke imigrasi datengnya abis subuh, udah banyak yg antri juga 😂
    Btw, itu resepnya noted banget mba Ade, aku bikin ayam kentaki aja gagal mulu, coba resep ini ah, siapa tau anak2 nambah ngefans sama emaknya 😂

    ReplyDelete
  17. Anakku paling suka jamur. Dimasak apapun. Dan jamur beraneka ragam, sukak semua. Tiram, kuping, merang,shitake sukak semua. Apalagi klo digoreng tepung wuiiiuh pasti lgsg ludes.

    ReplyDelete
  18. Jamur krispi aku seringan beli jadi yg dijual di outlet2 kcil gitu mba, mwahah, mamak malas dasar. Kudu ngumpulin niat dulu nih, buat eksekusi, makasi mba Ade resepnya ya, aku save

    ReplyDelete
  19. mbaknya baik mau berbagi resep, mamahku sering goreng jamur tiram karena itu cemilan paling murah dan bisa bikin banyak buat enam anaknya + satu cucu plus untuk papahku

    btw aku penasaran gimana rasanya jamur shimeji ato shitake klo digoreng, biasanya buat bahan bikin shabu-shabu jepang

    ReplyDelete

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^