7 Persiapan Traveling Murah dan Simple Keluar Negeri

Thursday, December 28, 2017


Travel backpacker
Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Siapa siiih yang nggak mau jalan-jalan dengan biaya murah. Pastinya mau banget kaan? Apalagi bisa jalan-jalan keluar negeri dengan biaya terjangkau dan fasilitas nyaman. Hmm..

Pertama kali keluar negeri saat saya ke Penang, Malaysia. Saya pergi bersama 4 orang teman-teman saya yang memang biasa backpacker-an keluar negeri. Dari mereka lah bagaimana saya belajar menyusun itinerary (rencana perjalanan) sebagai backpacker.

Saya coba praktekan menyusun sendiri itenerary untuk perjalanan kedua saya dengan tujuan Johor Bahru melalui Singapura. Saat itu masih banyak kekurangannya. Maklumlah baru pertama kali membuat itinerary. Jadi masih ada beberapa miss-nya.

Dan alhamdulillah saya punya kesempatan keluar negeri lagi dalam rangka menyebarkan virus menulis ke Prince of Songkla University, Pattani, Thailand. Dan saya lagi-lagi diminta untuk membuat itenerary. Alhamdulillah hanya dengan dana Rp 5jt/org kami bisa traveling ke 3 negara. Saat itu saya buat dari Singapura ke Thailand lewat Malaysia. Dan biaya itu tidak diberikan sekaligus 5jt, tapi secara bertahap. Hmm.. saya saja takjub bisa menghemat biaya hingga sebesar itu. Dan itu sudah termasuk oleh-oleh loh. Oleh-oleh sederhana ya.

Nah, kali ini saya hendak berbagi 7 langkah persiapan membuat itenerary untuk traveling murah dan simple keluar negeri tersebut. Oiya, negara yangdituju disini adalah negara-negara yang bebas visa yaa. Biar teman-teman bisa menikmati jalan-jalan ke negeri orang. Berikut tahapannya :


1.  Tentukan tanggal.
Pastinya jika berencana keluar negeri kita sudah tentukan tanggalnya, minimal bulannya saja dulu. Untuk apa? semua tanggal tersebut untuk menentukan kesiapan kita, baik itu dilihat dari harga tiket pesawat ataupun harga pesan penginapan. Bagi teman-teman yang berencana mau menyicil ala backpacker, sebaiknya tentukan tanggal minimal 3 bulan sebelum berangkat, agar dapat tiket dengan harga murah. Walau terkadang maskapai ada yang buka promo di seminggu sebelum berangkat.

2. Siapkan paspor
Bila kita berencana jalan-jalan keluar negeri yang paling utama adalah paspor. Paspor adalah identitas utama kita selama di negeri orang. Dan saat ini jika kita memesan pesawat keluar negeri bukan KTP lagi yang ditanya, melainkan nomor id paspor.
Nah, cara membuat paspornya sudah saya tulis juga di blog saya ini. Silakan baca :
Tahapan Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Jakarta Selatan

Travel backpacker

3. Cari Tiket Peswat.
Setelah punya paspor, kita bisa langsung cari tiket pesawat ke tujuan yang hendak kita pergi. Cari harga semurah mungkin. Buka semua web travel-travel yang menyediakan pembelian tiket pesawat atau bisa buka web dari maskapai tersebut.
Belilah tiket di jam-jam tiket murah, biasanya di jam 00.00 - 06.00. Jika beli di maskapai, cek jamnya sesuai negara asal maskapai tersebut. Misalkan Air Asia, berarti jamnya disesuaikan dengan jam Malaysia.
Jangan terlalu memaksa harus beli tiket PP. Jika kita membeli terpisah, biasanya jauh lebih murah, dibanding kita beli PP diwaktu yang sama. Contoh lagi, bulan ini beli tiket berangkat, lalu bulan berikutnya kita beli tiket pulangnya. Jadi penyediaan dana pun tidak terlalu berat di satu waktu.

Travel backpacker

4. Cari Tempat Wisata
Setelah tiket pesawat terpesan, tandanya rencana perjalanan kita sudah mencapai 50%. Dan saatnya kita mulai mencari tempat wisata. Usahakan cari tempat wisata yang transportasinya mudah dan aman. Kita kan akan datang ke negeri orang, jadi sebaiknya kita cari aman berwisata disana. Apalagi kalau baru pertama kali kesana. Cari informasi sebanyak mungkin dari mbah google tentang tempat wisata tersebut.

5. Cari penginapan.
Setelah bulan ke 1 urus biaya paspor, lalu bulan kedua urus biaya pesawat, bulan ke 3 mulai siapkan biaya penginapan. Pilih penginapan yang dekat dengan tempat wisata. Agar kita bisa menghemat biaya transportasi di negara tersebut.Selain itu pastikan penginapan kita sesuai kebutuhan kita. Misal kita berwisata dengan keluarga, jika kita memilih hostel, pastikan hostel yang bisa menerima segala umur.
Pada saat memesan penginapan, jangan tergiur sama gambar-gambar kamar yang dipajang. Lihatlah  angka rating dan review dari para tamu yang sudah berkunjung. Dari review kita bisa dapat gambaran jelas tentang penginapan tersebut.

6. Buat itenerary
Setelah semua terpesan, buat itenarary wisata kita selama di luar negeri. Buat secara rinci, mulai dari waktu (hari, tanggal dan jam), kegiatan secara rinci, biaya yang dikeluarkan (kalau bisa dibuat 2 kolom, kolom rupiah dan kolom mata uang negara tujuan), dan keterangan untuk mencatat detail kebutuhan yang dibawa atau alamat-alamat detail tujuan.

7. Tabung dengan mata uang negara tujuan.
Setelah ada itinerary, maka kita bisa tahu prediksi uang yang akan kita bawa selama perjalanan. Agar memudahkan kita, setiap bulannya kita sudah mulai menabung dengan mata uang negara yang dituju.

Travel backpacker

Nah, dengan melakukan tahapan-tahapan diatas, maka disaat hendak berangkat, kita murni tidak lagi mengeluarkan uang. Karena semua persiapan sudah dicicil dari awal melakukan tahapan diatas. Tinggal persiapan keperluan pribadi, seperti pakaian dan obat-obatan yang kita siapkan.

Untuk semua booking atau pemesanan (baik pesawat ataupun penginapan), jangan malas untuk membaca detail syarat dan ketentuan yang tercantum. Karena terkadang ada S&K yang memberatkan kita, ada yang memudahkan kita banget. Sesuaikan S&K dengan kebutuhan kita.

Selamat mencoba! Semoga tulisan ini bermanfaat bagi semua. ^_^

Wassalam

Post a Comment

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^