Tips Kulineran di Ragusa Italian Ice Cream

Wednesday, November 8, 2017

Ragusa Italian Ice Cream

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Haaii.. postingan saya kali ini masih bicara restoran seputaran Juanda yang dekat dengan pool Bus Wisata City Tour. Dan ini restoran kedua yang saya kunjungi. Restoran pertama yang saya kunjungi adalah Restoran Taj Mahal Pasar Baru.

Kalau kemarin saya membahas restoran India, kali ini saya mau membahas tentang restoran yang menyajikan Ice Cream Italia. Hmm.. pastinya sudah pada tau yaa restoran RAGUSA?
Iya, resto ini sudah terkenal dari tahun 1932. tapi ini pertama kalinya saya kesitu. Dari jaman saya masih kuliah hingga sekarang saya hanya mendengar nama dan ceritanya. Bahkan sampai tanyang di OK Food pun, baru kali ini saya berkesempatan datang ke restoran yang terkenal itu.

Ragusa Italian Ice Cream
Ragusa tempo dulu (photo taken by BPRS)
Saya mampir ke restoran Ragusa ini setelah saya jalan-jalan menggunakan City Tour yang poolnya tidak jauh dari Ragusa. Rute dari stasiun Juanda, begitu turun dari JPO (Jembatan Penyebrangan Orang), kalau ke pool Mpok Siti ke kanan, nah ragusa ke kiri menyebrang kali. Lalu kita belok kiri lagi menyusuri jalan dipinggir kali. Tepatnya di :

Jl. Veteran I No. 10
Gambir - Jakarta Pusat
Jakarta

Eh, tadi nyebut-nyebut Mpok Siti. Buat yang belum tau Mpok Siti, silakan baca ini dulu :
Wisata Sehari Bersama Mpok Siti.

Nah, lanjut lagi ke Ragusa yaa..

Setibanya di Ragusa, saya melihat sebuah restoran tua, tapi ramaaaai sekali pengunjungnya. Interior designnya pun dibuat seperti restoran lama. Dengan bangku-bangku kayu ala-ala bangku lobi rumah-rumah jadul.
Ragusa Italian Ice Cream
ruangan kosong
Ragusa Italian Ice Cream
ruangan saat kami datang

Ragusa hanya menyediakan menu desert. Jika kita dalam kondisi lapar terus ceritanya mau makan siang di Ragusa, kita pasti kecewa. Karena di menu hanya tertera list desert dan minuman. Tapiiii.. tidak usah khawatir, makanan berat bisa kita pesan di restoran tetangga.
Ragusa Italian Ice Cream
Restoran tempat membeli menu makanan berat
Loh emang boleh bawa makanan luar ke dalam? Boleh.
Jadi kalau kita lapar sekali, kita bisa pesan menu di restoran sebelah. Kita nggak perlu harus capek-capek keluar Ragusa trus pesan. Nanti didalam saat kita duduk pelayan restoran sebelah juga akan menghampiri kita.

Menu restoran sebelah ada Otak-otak, Gado-Gado dan Sate yang harganya kisaran 20K - 30K. Atau kalau mau ngirit, ya kita sudah bawa bekal makanan berat dari rumah. ^_^

Jadi perlu diingat yaaa.. di Ragusa hanya ada menu desert dan minuman. Selebihnya pesan diluar.
Kok daritadi sebutnya restoran tetangga? Iya, soalnya nggak ada namanya restoran itu hehehe.. jadi ya sebutnya restoran tetangga. ^_^

Ragusa Italian Ice Cream
sate pesan di restoran tetangga

Saat di Ragusa, begitu kami duduk kami disuguhkan kertas dan lembar menu untuk memesan es krim. Awalnya saya mau pesan Banana Split, tapi saya merasa banana split banyak ada dimana-mana, jadi yaa biasa saja. Akhirnya saya pesan Cassata Sicillia dan Abang Fi pesan Spaghetti Ice Cream selebihnya kami memesan minuman Lemon Ice Tea.

Setelah memesan, nggak pakai lama, eskrim pesan kami tiba. Kami pun saling mencicipi. Saya pikir rasa es krimnya kaya akan susu seperti es krim pada umumnya, ternyata saya salah. Rasa es krimnya itu persis seperti es krim yang menggunakan tepung hwun kwe. Jadi lebih pas ke rasa es puter. Hanya saja ini lebih enak. Pada es krim Cassata saat makan ada sensasi kue bolunya di tengah-tengah es krim.
Ragusa Italian Ice Cream

Tapii.. saya lebih suka es krim pesanan Abang Fi, yaitu Spaghetti Ice Cream. Rasanya manis, tidak eneg.. pas lah dilidah. Bener-bener maknyus. Apalagi ditambah garnis taburan kacang. Hmm.. yummy..
Ragusa Italian Ice Cream

Walaupun hanya sekedar es krim ternyata mengenyangkan juga looh.

Oiya, saya punya tips untuk teman-teman yang mungkin belum pernah ke Ragusa. Berikut tipsnya :
  1. Kalau naik kereta atau Bus Trans Jakarta, berhenti di stasiun/halte Juanda. Dari halte Bus Trans Jakarta atau Stasiun kereta commuterline, tinggal naik jembatan penyebrangan dan jalan kaki. Deket kok. Nggak perlu ojek online atau taksi online. Malu-maluin, baru duduk sudah sampai.. hehehe..
  2. Bawa makanan berat, jika kita mau irit atau tidak bisa makan menu restoran tetangga, yaitu gado-gado, sate atau otak-otak.
  3. Pilih tempat duduk dulu, kalau pesan dulu khawatir nggak kebagian tempat. Soalnya Ragusa selalu penuh apalagi hari Sabtu Minggu.
  4. Sebelum datang ke Ragusa sebaiknya sudah siap mau pesan es krim apa. Karena disana pelayanannya harus cepat. Kalau nggak si cici yang melayani akan terus bulak balik nanya, "sudah pesan belum?"
  5. Bawa uang cash. Ragusa masih pakai mesin kasir jadul, jadi jangan berharap bisa debit apalagi kartu kredit.
  6. Sebaiknya pilih tempat duduk yang dekat pintu keluar, karena kalau penuh hawanya panas didalam.
Itulah tips dari saya untuk makan eskrim di Ragusa. Oiya saya lupa kasih kisaran harganya. Harga menu desert di Ragusa berkisar 10K - 35K.
Ragusa Italian Ice Cream
menu ragusa 1

Ragusa Italian Ice Cream
menu ragusa 2
Kebetulan teman saya Nurul Sufitri juga jalan-jalan kesana nih sama anaknya. Kalau mau baca ceritanya bisa dibaca disini :
Kuliner Es Krim Ragusa Italia plus Wisata Kota Tua
Nah, selamat mencoba ^_^

Wassalam

Post a Comment

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^