Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Bayi dengan Mustela

September 08, 2017



Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum w.w.

Sudah beberapa minggu ini saya menulis tentang kesehatan bayi. Alhamdulillah saya selalu dapat undangan event yang kaya akan ilmu dalam merawat anak. Baik itu untuk Abang ataupun Adek Fi. Kebanyakan dari event yang saya datangi membahas tentang pencernaan anak. Namun sedikit yang membahas tentang kulit. Padahal saya perlu sekali ilmu tentang kulit bayi.

Hal yang membuat saya ingin sekali membahas tentang kesehatan kulit bayi, karena kali ini saya harus berhadapan dengan kulit Adek Fi yang sensitif. Ya, anak saya yang kedua seharusnya ketiga ini memiliki kulit berbeda dengan Abangnya. Kalau Abang Fi cukup dengan perawatan bayi yang biasa kulitnya tetap lembut dan sehat. Sementara Adek Fi, mudah sekali muncul ruam merah dan disertai gatal.
Mustela Interbat
Adek Fi dan Sepupunya

Awal kelahirannya dokter memvonis Adek Fi ini mempunyai alergi susu sapi, jadi saya harus diet semua makanan yang mengandung susu sapi. Duh, siksaan terberat buat saya, karena saya penggemar susu dan segala makanan berbau susu. Hiks. Tapi demi anak saya coba diet mengikuti saran dokter.

Saya tidak langsung diet ketat semua makanan yang mengandung susu sapi. Saya terkadang mencoba sedikit-sedikit makanan yang dilarang dokter. Dari hasil pantauan ruam-ruam merah Adek Fi setelah selesai ASI, hanya muncul disaat saya mengkonsumsi teri dan udang. Selebihnya amaaaan terkendali.

Seiring berjalannya waktu, udang pun lewat dari seleksi ruam kulit alergi pada Adek Fi. Tinggal yang tersisa adalah ikan teri. Kalau makan dalam jumlah sedikit atau sekedar mencicipi, Adek Fi sudah tidak lagi menggaruk-garuk badannya dan keluar kemerahan. Jadi saat ini semua makanan aman dimakan oleh Adek Fi. Berarti sudah nggak ada lagi dooong kendala dengan kulit Adek Fi?
Saya belum selesai.. mari kita lanjutkan!

Seperti yang saya bilang, seiring jalannya waktu, ruam-ruam karena alergi pun mulai menjauhi tubuh Adek Fi. Namun kini, masalah baru datang. Kulit Adek Fi itu kering. Dan setiap ada gigitan nyamuk atau serangga akan meninggalkan bekas. Hmm... ada aja yaaa. Mengalami gangguan kulit yang terbaru pada Adek Fi, membuat saya guling-guling untuk mencari tahu tentang kulit kering pada bayi.


PENYEBAB KULIT KERING BAYI
Dari hasil searching Google saya mencoba merangkum penyebab yang mengakibatkan kulit kering pada bayi. Penyebab-penyebab tersebut adalah :

1. Udara
Udara yang terlalu dingin atau terlalu panas, akan membuat kulit bayi kering. Kelenjar keringat pada bayi belum terbentuk dengan sempurna seperti kelenjar minyak orang dewasa. Sehingga bayi belum bisa beradaptasi dengan udara panas, maupun dingin. info : keluargadotcom

2. Penggunaan Sabun, Garam dan Klorin.
Menurut kita banyak busa sabun membuat kulit bayi menjadi bersih, namun justru sifat sabun mengangkat minyak alami yang terdapat pada kulit bayi. Hal tersebut juga terjadi pada Garam dan Klorin. Garam biasanya bisa kita temukan pada air laut dan Klorin terdapat pada air kolam renang.  
info : keluargadotcom dan cantiksehatdotcom
Mustela Interbat
photo taken by the fat kid inside

3. Terik Sinar Matahari dan Penggunaan AC
Untuk negara tropis seperti negara kita tercinta ini, sinar matahari sering hadir sepanjang musim, karena Indonesia hanya punya 2 musim, panas dan hujan. Banyak siiiih ada musim mangga, rambutan, durian.. eh.. Lanjut ke pembahasan.
Untuk orang dewasa saja, kehadiran sinar matahari yang terik mampu membuat kering kulit, apalagi kulit bayi yang belum sempurna pembentukannya. Begitupun halnya dengan pendingin ruangan (AC). 
info : keluargadotcom dan cantiksehatdotcom

4. Penyakit
Kulit kering pada bayi juga bisa terjadi karena penyakit. Baik itu yang bersifat turunan dari kedua orangtuanya ataupun penyakit menular. Penyakit kulit yang terjadi pada bayi adalah Dermatitis, atau biasa dikenal dengan Eksim. Dermatitis atau eksim adalah peradangan pada kulit yang biasanya ditandai dengan kulit yang kemerahan dan adanya ruam. Dermatitis bisa disebabkan oleh alergi atau akibat dari iritasi. Gangguan kulit ini bisa sangat mengganggu karena membuat bayi merasa gatal, bahkan mungkin disertai peradangan, dan membuatnya sering menangis. Info : belitapediadotcom

Dari hasil rangkuman diatas, saya rasa Adek Fi kulitnya menjadi kering karena sebab nomor 3. Soalnya Adek Fi ini kalau tidur AC kuat dingin, kalau tidak pakai AC yang ada sekujur tubuh dia lepek dengan keringat. Selain itu kalau pergi kemana-mana naik kendaraan yang ber-AC pula. Jadi all day bisa dibilang Adek Fi anak AC.



PENCEGAHAN/PENANGANAN KULIT KERING BAYI
Tentu saja saya tidak hanya mencari tahu penyebabnya, saya pun berusaha cari pencegahannya. Dari hasil guling-guling lagi, saya mendapatkan 3 hal yang bisa dilakukan sebagai pencegahannya, yaitu:

1. Perhatikan hal-hal saat mandi bayi.
Disaat kita memandikan bayi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah kulit kering pada bayi, yaitu :
  • Hindari penggunaan air panas pada air mandi bayi. Niat kita sih mau membuat bayi terasa nyaman dan nggak kaget ya, namun ternyata air panas itu bisa menyerap minyak alami yang terdapat pada kulit bayi. Sehingga kelembabannya mudah hilang (alhmadulillah, mau Abang atau Adek Fi dua-duanya mandi langsung dengan air rumah. Air hangat hanya saat bulan-bulan pertama saja)
  • Jangan biasakan bayi terlalu lama dengan busa sabun, apalagi memandikannya direndaman air sabun.Sama halnya dengan air panas, busa sabun mengangkat minyak alami pada kulit bayi.
  • Hindari sabun yang mengandung lanolin, propylene glycol dan zat pengawet. Zat-zat tersebut mempunyai efek sama dengan air sabun dan air panas, mengangkat kulit minyak alami pada bayi.
  • Mandikan bayi dengan waktu yang singkat untuk menghindari kulit kering pada bayi. Waktu 10 - 15 menit adalah waktu yang ideal memandikan bayi.
  • Keringkan bayi dengan cara ditepuk-tepuk halus. Jika mengeringkan dengan cara diusap, apalagi dengan kasar, secara tidak langsung menarik minyak pada kulit bayi.
Mustela Interbat
photo taken from lovekidzone
2. Berikan pelembab tambahan
Selesai dibersihkan dengan mandi, maka segera kunci kelembaban kulitnya dengan pelembab/lotion.Cari lotion yang cair agar mudah menyerap oleh kulit. Dan diformulasikan dengan formulasi hypoallergenic.

3. Pertolongan Dokter
Jika segala pencegahan sudah dilakukan dan kulit bayi masih saja kering, bahkan lebih parah seperti orang terluka, atau memang sudah pasti terkena penyakit eksim, segeralah bawa ke dokter agar dapat penanganan lebih serius dari ahlinya.

Hmm... untuk nomor 1 dan 2 sudah saya lakukan pada Adek Fi, tapi pelembabnya saya masih menggunakan minyak zaitun. Beberapa teman menyarankan pakai lotion bayi dan saya pun mencoba menggunakan lotion bayi biasa. Tapi tetap saja kulit Adek Fi masih kering, malah sekarang diwajahnya terlihat makin kering, terutama daerah T. Karena kan area wajah tidak saya kasih lotion. Saya agak takut untuk dioleskan lotion bayi biasa. Akhirnya ada teman yang menyarankan saya pakai Mustela dari PT. Interbat.

Saya yang awalnya dikasih tahu nama Mustela, agak nyureng dikit matanya dan dahi berkerut. Apaan sih itu? Nah, dari pada ikut-ikutan berkerut dahinya, yuk kita kenalan dulu dengan Mustela dari PT. Interbat.


MUSTELA & PT. INTERBAT
 Mustela Interbat
Mustela adalah nama brand Mother and Baby Skincare yang peduli akan kesehatan ibu dan anak. Brand ini berdiri sejak tahun 1950. Mustela menyediakan rangkaian lengkap yang khusus untuk perawatan kulit bayi yang unik dan sensitif.

Mustela menyadari bahwa kulit bayi sangat unik dan berbeda dari kulit dewasa, sehingga mereka mempelajari kulit bayi selama 10 tahun pada lebih dari 200 bayi untuk menjaga komitmen menjadi expert dan pionir dalam perawatan kulit bayi yang aman dan efektif.

Kualitas produk, efikasi/efektifitas yang terbukti klinis, kenyamanan pemakaian dan keamanan yang terjamin menjadi pilar-pilar utama dari brand Mustela sehingga menjadi brand Mother and Baby Skincare nomor 1 di Eropa.

Sejak awal tahun 2016, varian Mustela lengkap didistribusikan di Indonesia oleh PT Interbat, perusahaan farmasi yang dikenal sebagai salah satu produsen farmasi 5 besar nasional.

PT Interbat pertama kali didirikan pada tahun 1948 sebagai distributor tunggal Indonesia untuk beberapa perusahaan farmasi besar dari Eropa. Pada tahun 1959, Interbat mendapat ijin produksi sendiri dan sejak itu, menetapkan diri sebagai salah satu produsen farmasi independen pertama di Indonesia.
Mustela Interbat

Saat ini, Interbat memproduksi dan memasarkan lebih dari 280 produk dalam berbagai dosis dan bentuk sediaan untuk kelas terapi yang luas. Berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur, fasilitas produksi Interbat dilengkapi 16 sertifikat GMP yang berstandar internasional. Sejak tahun 2000, Interbat juga sudah merambah pasar ekspor di Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika.

Nah, sudah kenal kan? Jujur, ini juga kali pertama saya bekenalan dengan produk Baby Skincare yang mempunyai nama Mustela. Penasaran dong saya mau coba produknya. Akhirnya saya pun mulai mencari tahu produk apa saja yang dimiliki Mustela, terutama yang Baby Skincare-nya, karena Mustela juga memiliki produk untuk Mother.

PRODUK BABY SKINCARE MUSTELA
Untuk Indonesia, Mustela memiliki 12 produk Baby Skincare yang beredar dipasaran, yaitu :  

1. No Rinse Cleansing Water
Berupa cairan pembersih yang digunakan untuk membersihkan wajah, badan dan area diaper sebelum mandi atau ketika di dalam perjalanan. Selain itu juga berfungsi melembutkan dan melindungi kulit bayi. Fungsi lainnya mampu membersihkan kotoran pada kulit sekaligus melindungi dan menjaga keseimbangan lapisan kulit. 

2. Dermo Cleansing
Berupa sabun cair yang befungsi untuk membersihkan, melindungi dan menjaga keseimbangan lapisan alami pada kulit kepala dan badan bayi. Kandungannya menenangkan kulit, mengurangi efek kering setelah mandi dan tidak perih di mata. Komposisinya terdiri dari :
  • Avocado Perseose: Bahan aktif alami yang dipatenkan dan berguna untuk memperkuat lapisan pelindung kulit dan mempertahankan kesehatan stem Cell / sel punca.
  • Vitamin B5: Menenangkan dan melembabkan.
  • Gentle surfactants: Bahan pelindung permukaan kulit yang lembut, membersihkan tanpa menghilangkan minyak alami di kulit.
3. 2 in 1 Hair and Body Wash
Fungsinya serupa dengan Dermo Cleansing, hanya saja 2 in 1 Hair and Body Wash ini bertekstur ringan, bebas busa, dan dengan kemasan yang praktis untuk dibawa traveling. Komposisinya pun serupa dengan Dermo Cleansing, hanya bedanya pada 2 in 1 Hair and Body Wash ada kandungan Glycerin yang berfungsi untuk melembabkan kulit.

4. Baby Shampoo
Sama seperti baby shampoo pada umumnya, fungsi Baby Shampoo pada Mustela untuk membersihkan dan mencegah rambut kusut, mudah dibilas, tidak perih di mata serta ideal untuk digunakan setiap hari. Kandungannya terdiri dari : Avocado Perseose, Chamomile untuk melembutkan kulit, dan Gentle surfactants

5. Gentle Soap Multiprotective.
Kalau yang ini bentuknya berupa sabun batangan. Berfungsi untuk membersihkan dan menjaga kelembaban kulit kepala dan badan bayi, bisa digunakan oleh bayi yang baru lahir dengan kondisi kulit kering sekalipun karena kandungannya mencegah kehilangan air pada kulit. Komposisinya terdiri dari : Avocado Perseose, Natural Cold Cream yang berfungsi untuk melembabkan dan menenangkan, Ceramide berfungsi untuk mengganti cairan lipid yang hilang.  

6. Barrier Cream
Berupa cream/salep yang efektif digunakan untuk mencegah dan meredakan ruam popok yang sudah terbentuk dengan mekanisme kerja 1 2 3 :
  • Avocado Perseose : Melindungi sel inti dan lapisan kulit terluar.
  • Alcacea Oxeoline : Mengurangi peradangan pada kulit.
  • Sunflower Oleodistillate : Memperbaiki lapisan pelindung kulit dan meningkatkan pembentukan lipid kulit bagian luar + Zinc Oxide sebagai pelindung kulit ekstra dari infeksi.
7. Hydra Bebe Body Lotion dan Facial Cream
Hydra Bebe Body lotion ini kekentalannya lebih encer dari lotion bayi pada umumnya. Berfungsi untuk menjaga kelembaban, memperkuat lapisan pelindung kulit serta menjadikan kulit halus, kenyal dan lembut.
Sedangkan Hydra Bebe Facial Cream- nya sedikit lebih kental dari Body lotion, tapi lebih encer dari lotion baby biasa. Diformulasi khusus untuk kulit muka, langsung melembabkan kulit dan bertahan lama, memperkuat lapisan pelindung kulit serta menjadikan kulit muka lebih halus, kenyal dan lembut.
 Komposisinya terdiri dari: Avocado Perseose, Jojoba Oil untuk menjaga lemak dalam kulit dan mempertahankan kelembaban kulit, Vitamins E and F untuk memulihkan dan menjaga keseimbangan air di kulit, serta Shea Butter.  

8. Shooting Comfort Balm
Mustela Bebe Soothing Comfort Balm merupakan pelembab gosok untuk dada dengan aroma yang menyegarkan untuk meringankan ketidaknyamanan bernapas dan menenangkan serta membuat bayi tidur dengan rileks. Komposisinya terdiri dari:
  • Avocado Perseose
  • Shea Butter dan Ekstrak Madu : Bermanfaat menjaga kelembutan dan kelembaban kulit bayi.
  • Aroma Pinus dan Rosemary : Membuat bayi merasa nyaman.
  • Ekstrak Jeruk Nipis dan Chamomile membuat bayi lebih tenang dengan aroma yang menyegarkan
10. Massage Oil
Minyak yang berasal dari 100% ekstrak tanaman digunakan untuk memijit bayi dan membuat bayi merasa hangat dan rileks. Mustela Bebe Massage Oil juga berguna melembabkan kulit, memberikan nutrisi dan membuat kulit lembut dan kenyal. Komposisinya terdiri dari :
  • Avocado Perseose
  • Pomegranate Seed Oil : Menenangkan, memperbaiki dan menutrisi kulit (Kaya akan Vitamin E, Omega 6, dan kandungan Omega 5-nya membantu membangun sel pelindung kulit).
  • Sunflower Oil : Merestruktur ulang, memperbaharuhi dan melembabkan kulit (Kaya akan Omega 6 dan 9). Kandungan Omega 9 yang tinggi memiliki efikasi yang sama dengan minyak almond, yang berguna sebagai pelumas dan tidak menimbulkan alergi.
11. Musti Eau De Soin
Musti Eau de Soin Spray adalah parfum untuk bayi yang terdiri dari campuran Citrus, Rose, Lilac dan Amber. Terdiri dari 92% bahan yang terbuat dari tanaman, termasuk Chamomile dan Honey untuk menenangkan dan melembutkan kulit. Formulanya alcohol-free sehingga aman digunakan pada bayi baru lahir. Wanginya juga nyaman dan menyenangkan.
Mustela Interbat
Mustela Package
Dari semua komposisi produk Mustela punya 1 kesamaan, yaitu ada AVOCADO PERSEOSE. Apa sih itu?

Avocado Perseose itu adalah bahan alami generasi baru yang dipatenkan Mustela. Berasal dari jenis Avocado Persea Gratissima dari Peru dan Afrika Selatan. Avocado Perseose mempunyai sifat biomimetic, atau dapat bekerja secara harmonis ke kulit bayi dengan menggabungkan toleransi tinggi dan efikasi/efektifitas yang terjamin. Kini bahan tersebut digunakan dalam semua varian Mustela Bebe.
Mustela Interbat
Avocado Perseose merupakan bahan alami yang sempurna untuk kulit bayi karena telah teruji klinis efektif melindungi kulit dari lingkungan luar, melembabkan dan mendukung pertumbuhan kulit, serta menjaga kekayaan sel unik pada kulit bayi. Avocado Perseose menjamin kualitas kulit terjaga dan terlindungi untuk sekarang dan seterusnya. Sehingga Mustela Bebe melindungi kulit bayi hari ini dan seterusnya. Sesuai tagline  Mustela Bebe : #MustelaTodayForTomorrow

Banyak yaaa produknya... xixixi.. namanya juga mencoba produk baru, maka saat ini  saya memilih untuk keperluan kulit kering Adek Fi dulu, yaitu :
  • Dermo Cleansing : ini saya gunakan saat memandikan Adek Fi. Efeknya dibadan Adek Fi setelah menggunakan Dermo Cleansing, masih agak licin, sekalipun saya bilas berulang-ulang. Dan saya pernah baca memang sabun yang bagus seperti itu. Fungsinya untuk menjaga kelembaban kulit. Kalau sabun biasa kan mengeringkan kulit. Selain itu Dermo Cleansing sedikiiiit sekali busanya, nyaris nggak ada malah. Sesuai dengan teori pencegahan kulit kering nomor 1 yang saya tulis diatas.
  • Hydra Bebe Body Lotion : Untuk produk ini saya dibuat galau. Awalnya saya mencari Facial Creamnya saja, tapi setelah baca fungsinya hanya sebatas muka. Akhirnya saya putuskan memilih Body Lotionnya, karena body lotion memiliki kandungan yang sama dengan Facial Cream, namun bisa dipakai keseluruh badan. Bersyukur, ternyata saya dapat bonus sample Facial Cream botol. Asyik kaaaan. Jadi komplit deeeh. Saya gunakan kedua lotion ini pagi hari setelah mandi dan malam hari setelah bersih-bersih mau tidur. Biar saat bobo kulit Adek Fi terjaga kelembabannya.
  • Massage Oil : Ini saya gunakan biasanya sore hari, setelah mandi sore untuk memijat Adek Fi. Dan Adek Fi suka edisi memijat yang kayuh sepeda. Kalau saya sudah keluarkan Massage Oil, dia langsung rebahan dan bilang "eda..eda.. (baca : sepeda)". Biasanya habis dipijat, ade mimi susu trus bobo deeeh. Seperti kita sajalah, kan kalau habis dipijat enaknya langsung bobo ya. Malah suka ketiduran pas dipijat ^_^. Buat teman-teman yang belum tau cara memijat bayi, yuk lihat videonya.
 
  • Gentle Soap Multiprotective : Ini buat cadangan kalau Adek Fi mandi di kamar mandi lantai atas. Rumah saya kebetulan bertingkat.
  • Barrier Cream : Kalau ini saya oleskan kalau Adek Fi bab-nya keras. Jadi suka merah disekitar duburnya. Bab Adek Fi kan belum lancar setiap hari seperti kita, biasanya dia BAB 2 hari sekali, malah kadang 3 hari sekali. Kalau pas 3 hari inilah yang buat fases Adek Fi keras dan membekas kemerahan pada duburnya.
Mustela Interbat
Mustela yang saya pilih

MANFAAT PRODUK MUSTELA
Pastinya teman-teman bertanya-tanya, kenapa sih harus memilih Mustela Baby Skincare? Sebelum memutuskan untuk menggunakan Mustela Baby Skincare, saya baca-baca tentang manfaat produk yang disarankan teman saya ini.

Mustela Bebe yang mengandung bahan aktif alami Avocado Perseose ini berfungsi untuk memperkuat kulit bayi sehingga lebih tahan terhadap iritasi / kemerahan dan menjaga kekayaan stem cell yang berperan dalam menjaga kualitas kulit, sekarang & seterusnya.

Sebagai Brand Baby Skincare nomor 1 di Eropa yang dijual dilebih dari 90 negara, rangkaian produk Mustela Bebe mempunyai 5 keunggulan utama :

1. Efikasi yang terbukti secara klinis.
Produk Mustela ini teruji klinis dibawah pengawasan dokter pada lebih dari 845 bayi dan anak.  

2. Keamanan yang terjamin.
Formula Mustela menggunakan bahan-bahan alami, sudah teruji hypo-allergenic dan aman dipakai bayi sejak hari pertama kelahiran. Juga tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti alcohol & paraben sehingga Mustela Bebe aman dipakai dari bayi baru dilahirkan (newborn).
Mustela Interbat

3. Ramah lingkungan.
Sebagai brand yang ramah lingkungan, Mustela adalah member dari organisasi internasional UEBT (Union for Ethical Bio Trade) yang menjamin produksi dan pemakaian bahan alami yang aman,  terpercaya dan ramah lingkungan. Produksi Mustela juga menggunakan botol yang 100% bisa didaur ulang.
Mustela Interbat
4. Memiliki kenyamanan khas Mustela.
 Kenyamanan pemakaian yang khas Mustela ikut merangsang panca indera bayi dengan tekstur yang lembut dan melembabkan dengan wangi yang menyegarkan.  

5. Rangkaian produk yang lengkap.
Mustela Bebe memiliki rangkaian produk lengkap yang memenuhi semua kebutuhan perawatan kulit bayi:
  • Cleansing (No Rinse Cleansing Water)
  • Bath Time (Dermo Cleansing, Baby Shampoo, 2 in 1 Hair and Body Wash, dan Gentle Soap Nutriprotective)
  • Diaper Change (Barrier Cream)
  • Daily Skin Care (Hydra Bebe Body Lotion dan Facial Cream)
  • Well-being (Shooting Comfort Balm, Massage Oil, dan Musti Eau de Soin)
Dengan formulasi hypoallergenic & teruji secara klinis, menggunakan bahan alami, dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya itu yang membuat saya benar-benar mau mencoba Mustela Baby Skincare untuk membantu memlembabkan kulit kering Adek Fi.
Mustela Interbat
Yang paling saya suka dari Mustela, wanginya itu looh.. haruuuum sekali. Kecuali Barrier Cream yaa. Ga ada wangi-wangian. Semua varian harumnya sama. Jadi bisa tahan lama.

Alhamdulillah setelah 4 hari pemakaian Mustela Baby Skincare, kulit Adek Fi perlahan sudah tidak bersisik lagi. Semoga makin membaik ya, Dek!  

Terus, dimana kita bisa membeli produk Mustela ini?
Mustela memang terbatas tempat pembeliannya. Tapi kita bisa temukan toko-toko farmasi modern dan bisa dibeli juga secara online di marketplace, seperti tokopedia, bukalapak, dll.
Mustela Interbat
Photo taken by Facebook Mustela Indonesia
Ternyata hanya dengan kolaborasi gugling dan mencoba sebuah produk baru, saya bisa dapat ilmu sekelas dengan mendatangi event, tapi kalau ada undangan talkshow atau diskusi ilmu tentang kulit anak, masih sangat mau menerima. Karena bisa dengar langsung dari narasumbernya. ^_^

Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi yang punya masalah sama dengan saya ya. Oiya untuk informasi lebih lanjut tentang Mustela bisa dihubungi di :
Website : www.mustela.co.id
Facebook : mustelaindonesia
Instagram : @mustelaindonesia

Selamat membaca! ^_^

Wassalam

You Might Also Like

16 komentar

  1. Kalau ada paket perawatan bayi yang pas untuk baik tentu bagus mba. Apalagi kulit bayi kan memang sensitif ya jadi harus mencari produk yang tepat

    BalasHapus
  2. Sama mbak, anakku yg pertama juga dulu alergi protein sapi, jadinya kena dermatitis. Kalau inget, sedih sama kasian, makanya aku care bgt sama perawatan kulit di anak kedua, trauma.

    BalasHapus
  3. Beruntung ya yang memiliki baby sekarang ini, banyak produk unggulan yg dapat membantu memecahkan masalah seputar perawatan kulit bayi seperti mustela ini. Dulu waktu anakku masih bayi sekitar 7 tahun lalu, masih terbatas banget produk yg mengerti kulit bayi. Jadi agak susah dapatinnya.

    BalasHapus
  4. ini produknya recommended banget buat anak ya mba Ade, anak saya pernah bersisik juga mba kulitnya, sampai akunya geli, sayang belum kenal Mustela waktu itu, jadi lama banget ilangnya..

    BalasHapus
  5. Oh jadi produk2nya itu untuk kulit bayi yang mudah kena alergi ya. Asyik ya, menolong para ibu juga, dan anak2 pun tetap nyaman.

    BalasHapus
  6. Paket produk bayi yang lengkap ya. Moms memang harus teliti kalau menggunakan body care untuk bayi nya. Kasian kalau ada apa2 ya. Btw foto2 bayi yang ada dalam campaign ini lucu2 ya tetapi tetap menurut aku menjadi perhatian moms juga untuk mengambil angle agar terbaik si kecil

    BalasHapus
  7. mada waktu bayik gampang banget kena biang keringet, pilihan produknya satu produk aja biar gak nambah bermasalah kulitnya dan kudu telaten juga klo bajunya basah dikit langsung ganti

    penting juga nih meratiin kandungan produk bayi dan anak, seperti yg ada di mustella biar terbebas dari masalah kulit di kemudian hari

    BalasHapus
  8. Produknya bagus banget ya. Anakku dulu juga kulitnya kering sampai putih-putih, tapi belum kenal produk ini sih.

    BalasHapus
  9. Ya ampun skincare buat bayi banyak juga macamnya ya.. Sampe ada body lotion juga.. hihi :D Alhamdulillah ya Adek Fi punya skincare yang cocok buat kulit keringnya.. Makasiih info n tipsnya mbaa.. :)

    BalasHapus
  10. wah samaan, jadi memang udara sama lingkungan musti dijaga ya mba, kayaknya si bayi juga lagi alergi sama AC yg terlalu dingin

    BalasHapus
  11. Adek Fi jadi cakep ya kulitnya berkat Mustela. Samaan dong sama Sagara.

    BalasHapus
  12. Wow produknya berkualitas apalagi nih tips nya banyak banget

    BalasHapus
  13. ooh mandiinnya gak boleh terlalu lama ya, wah ilmu baru
    makasih sharenya ^^

    BalasHapus
  14. wah produk yang bagus ini untuk bayi, makasih informasinya mbak, nanti aku saranin ke ayuk aku yang punya bayi ya.

    BalasHapus
  15. Oh jadi enggak boleh sering mandi air hangat ya. catet dulu ah sebagai ayah ayah nih. harus tahu

    BalasHapus
  16. Varian produknya banyak ya Mustella ini. Belum pernah pakai sih karena dulu jaman anak2 kecil belum kenal hehe. Tapi bener tuh kadang susah membedakan si kecil alergi ini dan itu. Tapi beriring dengan waktu, akan hilang dengan sendirinya ya mbak. Yeayy adek Fi anak AC enak dong, jangan lupa kulitnya harus tetep lembab ya mbak karena ac juga bikin kulit kering hehe

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^

Popular Posts

My Instagram

Jadwal Sholat

jadwal-sholat