Rabu, 26 Juli 2017

An Nyeong Korean Food Cafe Tempat Kumpul Daquter



Bismillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum wr. wb.

Kali ini saya mau bercerita tentang ngumpul-ngumpul bareng teman-teman Daquters di Korean Food An Nyeong. Iiih apa tuh Daquters? Kepo yaaa? Mari baca terus cerita saya ya. ^_^


Apa Sih Daquters?
Berawal dari kesamaan kita akan hobi, yaitu sama-sama hobi nonton Drama Korea (Drakor). Kita pertama kali bertemu di grup FB Drama Korean Lover pada tahun 2010. Lalu karena member grup campur-campur nontonnya, bukan cuma Drama Korea saja, ada Thailand, Cina, maka digantilah nama grup menjadi Korean Asian Drama Lover disingkat KOADL. Sebenarnya kalau dibaca ejaannya nggak enak banget, Koadel xixixi.. tapi kita sepakat semua dengan nama itu.

Singkat cerita grup ini berlanjut ke grup Whatsapp (WA) tahun 2012. Di grup WA munculah keisengan kita (para member) untuk buat kuis. Soal kuis apalagi kalau bukan tentang drama-drama yang sedang tayang di negara mereka. Tapi Drakor tetep nomor 1. Soalnya beragam, mulai dari soal tentang drama, artisnya sampai-sampai kuis karaoke lagu Korea.. hahahaha.. Kebayang kaaan bagaimana kita susahnya mengikuti aksen orang Korea.

Hadiahnya pun beragam, ada pulsa, tas, dompet, souvenir dari Korea, kosmetik (karena member-nya perempuan semua) dan masih banyak lagi yang lainnya. Tergantung sponsor mau kasihnya apa. Kalau sudah kuis, chat WA bisa ribuan.. hahaha.. tapi hebatnya, member tetap bertahan, karena mereka punya trik biar WA tidak lemot. Salah satu triknya pernah saya tulis di blog ini dengan judul
Cara Membersihkan Memori pada Whatsapp

Karena seringnya kami adakan kuis, akhirnya kami merubah nama grup whatsapp KOADL menjadi Daquters yaitu kepanjangan dari Drama Quiz Hunters.

formasi member minus 2 orang yang nggak hadir. Ayo tebak saya yang mana?


Nah, Daquters ada rutinitas kopi darat setiap tahunnya. Dan setiap pertemuan kita, selalu ada makanan atau kue unik yang jadi ciri khas pertemuan tersebut.

Tahun 2013
Pertemuan diadakan di rumah saya. Saat itu kami pesan cupcake bergambar foto-foto aktor Korea kesukaan kami. Kami juga memesan kue tart dengan gambar-gambar chibi member Daquters. Saya juga sebagai tuan rumah menyajikan Sushi buatan sendiri.
Sajian unik dipertemuan pertama, Cup cake aktor2 Drama Korea.

Makanan sajian pertemuan pertama. Sushi dan mini sandwich made by me ^_^

Kehebohan saat berkumpul, bahkan ada member dari Bandung bela-belain dateng  ^_^

Tahun 2014
Kita ubah tempat diluar. Kita janjian di Kebun Raya Bogor. Harusnya saat itu ada kue tart dengan tulisan hari jadi grup kami. Sayangnya karena kita kurang koordinasi pintu masuk mana kita bertemu, jadi teman yang membawa kue pulang lagi, karena memang dia hanya punya waktu sebentar. Akhirnya kami meletakkan tempat kuenya dengan makanan-makanan potluck kami deh.
Hebohnya menyusun tempat kue  ^_^


Tahun 2015
Mengingat kegagalan bertemu diluar, kami akhirnya memutuskan untuk kembali bertemu di rumah saya. Kali ini kami potluck lagi. Dan salah satu teman kami memesan Sushi Miya8i. Tetap doooong makanan khas drama kesukaan kami wajib ada. ^_^
Tetap intinya Sushi walau salah nulis kata-katanya ^_^


Tahun 2016
Kita memilih ke rumah teman yang lain. Kita tetap membawa potluck makanan, biar tidak memberatkan tuan rumah. Tapi kali itu suasana meriah karena saya membawa es teller durian. Tuan rumah memesan ayam bakar dan goreng dari restoran Ayam Tulang Lunak dan pancake durian.
Pancake pesanan tuan rumah ^_^

Isinya dooong.. maknyuuuus


Tahun 2017
Nah, kali ini kita coba bertemu di luar lagi. Tapi di restoran, bukan di tempat wisata. Dan kami memutuskan ke Korean Food An Nyeong. Naaah... ada apa saja di restoran itu? Ini yang mau saya bahas.

LOKASI KOREAN FOOD AN NYEONG
Jika orang mencari restoran tentunya lokasi selalu menjadi pertanyaan nomor 1. Korean Food An Nyeong yang kita kunjungi ini, berada di Jalan Margonda Raya no 527A, Beji - Depok. Berdekatan dengan stasiun UI, tepatnya di dekat perbatasan Depok dan Jakarta Selatan.


 
INTERIOR DESIGN
Dari luar restoran ini terlihat sangat sederhana. Hanya tembok berwarna putih polos dengan list pintu berwarna merah. Namun ketika kita masuk kedalam, langsung disambut dengan meja resepsionis. Kalau saya bilang sih lebih tepatnya meja bartender dengan papan menu terpampang di tembok layaknya restoran fast food. Disitulah kita memesan makanan kita.

Tempat dimana kita hendak memesan makanan

Setelah memesan kita memilih meja untuk kita menyantap makanan. Saya memilih yang mendekati tempat favorite dimanapun saya berada, yaitu ada soket listriknya ^_^.



Sambil menunggu teman-teman dan makanan pesanan saya datang saya mengambil video interior design Korean Food An Nyeong tersebut.


Satu persatu teman-teman datang. Mulailah salah seorang teman mengeluarkan laptop dan yang lain mengeluarkan flashdisk atau harddisk external. Buat apa? Apalagi kalau bukan saling meminta download-an drama yang kami punya masing-masing. ^_^
Itulah rutinitas yang kami lakukan saat kami berkumpul. Bahkan waktu pertemuan pertama, sampai pinjam motor PC karena teman bawa laptop yang monitornya dah hancur. ^_^


MENU MAKANAN
Oiya, tadi saat masuk kita langsung memesan makanan kita. Saya memesan Kimbab Kimchi dan Abang Fi pesan Choco Bingsu dan Milkshake Oreo. Untuk Bingsu ada 2 ukuran, yang besar dan kecil. Karena saya khawatir Fikri nggak suka maka saya memilih yang kecil.


Kurang lebih 10 menit, pesanan saya pun datang. Saya diberikan sepiring Kimbab berikut salad wortel dan kol, lalu sepiring kecil cuka Kimbab, seperti halnya kalau kita makan Sushi. Tapi ada yang berbeda dengan cukanya. Pada cuka Kimbab terdapat 3 buah irisan cabe rawit dan mayonaise. Setelah itu ada kuah dangan irisan daun bawang. Saya sempat bertanya dengan teman yang merekomendasikan Korean Food An Nyeong, "kuahnya buat apa?"

"Itu makannya setelah Kimbab. Kimbabnya dicocol-in ke cukanya , Eonni (baca : uni. panggilan kakak perempuan dalam bahasa Korea)".

Saya penasaran untuk mencobanya. Rasanya seperti kuah sup segar tapi kurang garam dan tidak terlalu gurih. Saya pikir buat apa dimakan kuah ini. Tapi ternyata kuah ini membantu menghilangkan rasa eneg saat kebanyakan makan Kimbab Kimchi. Jadi kalau makan Kimbab Kimchi tanpa kuah dan banyak, lama-lama eneg. Jadi males untuk dihabiskan. Lain halnya jika kita makan 2 Kimbab Kimchi lalu hirup kuahnya. Rasanya jadi segar dan enak.

kuah pendamping makan kimchi

Selanjutnya tiba pesanan Abang Fi. Abang Fi memesan Bingsu. Dia memilih Chocho Bingsu.
Bingsu adalah es serut asal Korea. Jika di Indonesia siraman es serutnya menggunakan susu, pada Bingsu siraman es serutnya menggunakan santan. Kalau saya amati, susunan Bingsu itu sebagai berikut:
Choco Bingsu

Es serut, lalu disiram santan, diberi hiasan rasa sesuai dengan variannya. Karena Fikri memilih Choco Bingsu, maka setelah santan ditaburi bubuk coklat, lalu dihias dengan wafer gulung (kalau bahasa gaulnya kue semprong ^_^), terakhir dipucuk Es Serut ada Es krim vanila dilapisi vla coklat.

Dan untuk ukuran yang kecil sesuai pilihan saya, itu sudah banyak banget kalau dimakan sendiri. Minimal dimakan berdua.

Kedua pesanan saya berhasil diabadikan, kecuali Milkshake Oreo. Abang Fi nggak sabar, belum difoto dan main aduk dan seruput cepat. -_-
Tapi saya berhasil mengabadikan makanan-makanan yang teman-teman saya pesan. Dan kami saling mencicipi untuk sekedar menghilangkan ke-kepo-an kami soal rasa ^_^

Dan kita sepakat suka dengan rasa Tteokbokki. Rasanya sesuai lidah orang Indonesia ^_^.


HARGA
Untuk standar restoran Korea yang pernah saya cicipi, harga makanan di An Nyeong termasuk kategori tengah-tengahlah. Tidak mahal, tidak pula murah. Kisaran harga dari 20K - 120K. Yang membuat dia ditengah-tengah karena ada minuman Ocha Korea yang GRATIS dan bisa di isi ulang.

list harga di An Nyeong

Oiya harga-harga di restoran An Nyeong sudah termasuk pajak. Jadi kita tinggal akumulasi pesanan kita aja berapa.

STATUS HALAL
Memang sih tidak terlihat logo halal dan pajangan sertifikat halal MUI-nya. Tapi kita tanya sama pelayannya mereka bilang, "Halal, Mba". Ya kita percaya. Mungkin saja kedepannya akan ada pengurusan seritifkat halalnya. Jadi kita yang muslim makan disana bisa lebih legowo makanan lewat ditenggorokan kita dan nyaman diolah di perut ^_^

Nah... Itu tadi laporan singkat kulineran saya bersama Daquters di An. Nyeong. Tunggu cerita kulineran saya yang lainnya yaaa... ^_^

Wassalam

27 komentar:

  1. Mantap Dakuters dari tahun 2013 - 2017 tetep eksis dan komit dengan drakornya hahaha keren ni mba :)
    dan aku samsek belum pernah icip makanan Korea liat foto-fotonya keknya cuman choco bingsu yang aku doyan hahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. selera sih ya, Mba ^_^

      Hapus
  2. Sering lewat cafe ini tapi belum pernah mampir mba. Asik teryata banyak pilihan ya makannaya. enaakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mba Alida. Rasanya lumayan menurut saya. ^_^

      Hapus
  3. Tuppokinya bikin ngileeeerrrr....

    BalasHapus
  4. Eh ada model peraga tatakan kue ahahaha, itu tatakan kuenya masih ada loh eon xixixi

    BalasHapus
  5. Saya suka drakor mbak adee...tapi belum pernah makanan Korea, enak yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru coba di 2 tempat, Mba ^_^

      Hapus
  6. Enggak nyangka mbak Ade ternyata penggemar Korea :D
    Aku jarang makan makanan Korea, sekalinya makan pas nemu yg kurang cock restonya.
    Kalau Daebak pernah nyoba tdk mbk? Enak tdk? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blm nyoba... pengen juga nyoba tuh, Mba. ^_^

      Hapus
  7. Berawal dari hobi yang sama akhirnya terbentuklah sebuah komunitas. Kereeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang semua komunitas kan berawal dari hal yang serupa ^_^

      Hapus
  8. Seru banget mba groupnya, daquters. Hebat loh bisa bertahan selama itu. Beberapa kali nyoba makanan korea, satu yg aku gak doyan. Kimchi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba. Aku kalau kimchi to' kurang suka. Tapi kalau dah jadi Kimbab ternyata enak ^_^

      Hapus
  9. Seru banget sih grupnyaa..aku blom pernah coba makanan Korea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba, Mba Dewi Biar kekinian ^_^

      Hapus
  10. wah aku belum pernah ngerasain masakan korea, habis suamiku kalau dijaka makan suka gak mau bilangnya takut gak suka, sayang

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi... enakan memang jalan sendiri, Bun. Nanti kalau dah cocok sama lidah suami, baru ajak suami ^_^

      Hapus
  11. korean food akku paling sukaaaa daging2nya sama kimchiiii itu wajib ada tuh kimchiii.. seru ya ada ginian tempat kumpul2 hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha.. saya malah kurang suka kimchi. Tapi kalau dah jadi kimbab enak, Mba ^_^

      Hapus
  12. aku suka bentuknya, tapi lidah bakwan dan pregedel seperti saya ini pasti susah nerima rasanya.. hehe

    BalasHapus
  13. Weh kompak banget ya, sesama pemilik passion drama Korea. Jadi nambah silaturahmi juga ya. Itu pesanan Abang Fikri menggoda banget, haha...

    BalasHapus
  14. Aku gak begitu suka makanan korea tapi gak tau kenapa khusus kimchi aku suka bangeeet !

    BalasHapus
  15. Kapan ya main ke Depok lagiii... pengen euy ke sana

    BalasHapus
  16. Malah galfok sama komunitasnya yg kece. Ayo dong kembangin lagi biar melar tuh komunitas ummi siapa tahu membernya bukan hanya area Jabodetabek tapi bisa ke luar propinsi atau luar pulau segala haha. Btw kalo sudah ngefans apapun akan dilakukan ya qkwk

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^