Tehnik Sederhana membuat Sushi atau Onigiri

Sunday, May 14, 2017



Assalamu'alaikum wr.wb.
Bismillahirrahmaniirrahiim

Yuhuuu.. sekarang waktunya #14foodtalk. Dimana saatnya kita (saya, Febri, Nita dan Nurul) bicara tentang makanan setiap tanggal 14. Bulan lalu kami bercerita tentang 3 makanan cemilan kesukaan kami, kali ini tema kami adalah OLAHAN NASI. Jadi kita bicara tentang makanan apa pun yang berbahan dasar nasi. Dan kali ini saya mau membahas tentang Tehnik Sederhana membuat Sushi atau Onigiri.


Siapa yang tak kenal Sushi, makanan khas dari Asia Timur, tepatnya Jepang. Sushi termasuk makanan kesukaan saya. Eh, tapi pemirsa, awalnya saya nggak tahu loh itu makanan namanya apa. Saya hanya tahu makanan itu selalu menjadi makanan bekal di drama-drama Jepang atau Korea. Xixixi, sudah ketebak yaa.. I'm a korean drama lover (penting ya? -_-).

Pertama kali saya makan Sushi itu adalah Sushi buatan saya sendiri. Dulu saya tahunya itu bernama Kimbab. Ya, di Korea sebutan nasi gulung itu namanya Kimbab, di Jepang namanya Sushi dan di Indonesia namanya Lontong/Arem-Arem. Cuma beda di bungkusnya saja. Kalau Asia Timur menggunakan rumput laut dan bisa dimakan, kalau Indonesia menggunakan daun pisang dan daun pisangnya nggak bisa dimakan. Tapi kalau mau dimakan daun pisangnya ya terserah.. hehehe

Itupun saya tahu resep membuat Sushi dari teman saya yang tinggal di Paris. Nah lo, nggak ada hubungannya kan? malah makin jauh negaranya. Mba Lamra, teman saya yang di Paris, waktu itu memposting foto sushi buatan dia, Trus nanya-nanya deh. Dikasihlah resep tersebut.

Silakan baca : Resep Sushi

Daaan... taraaa saya bisa membuat sushi halal, nikmat dengan rasa lidah Indonesia dan bahan-bahan yang mudah dicari di Indonesia.

Sushi

Selain sushi, makanan kesukaan saya yang berasal dari negara yang sama adalah Onigiri. Olahan Onigiri sama dengan Sushi, sama-sama menggunakan nasi dan rumput laut. Bedanya dicampuran dalam nasi, kalau pakai resep asli Jepang. Tapi kalau saya sih, saya samain saja.

onigiri

Beda kedua makanan tersebut bagi saya hanya dalam cara mengemasnya. Kalau Sushi digulung, sedangkan Onigiri dikepal.

Bicara soal kemasan, kita ketahui bahwa untuk membuat Sushi atau Onigiri butuh alat bantu khusus. Alat bantu menggulung sushi disebut Makisu. Makisu terbuat dari bambu, tapi kini banyak dijual juga dari bahan plastik. Dan lebih familiar dengan sebutan Roll Mat.

Makisu (Roll Mat) dari bambu
Makisu (roll mat) dari plastik


Sementara pembuatan Onigiri agar membentuk segitiga, ada tehnik khusus yang harus dipelajari.


Tehnik mengepal Onigiri

Namun, kini di online shopping banyak dijual cetakan-cetakan onigiri dengan bentuk lucu-lucu, Ada bentuk pinguin, kelinci, panda, hellokitty, dll. Hal itu dibuat semata-mata untuk daya tarik makan bagi anak-anak. Yang istilah Jepangnya disebut Bento.

aneka cetakan onigiri
cetakan onigiri praktis

Tentunya untuk memiliki semua itu butuh dana keluar puluhan ribu. Belum lagi kita harus menunggunya 2 hari hingga paket tiba. Setelah barang tiba, kita harus berlengket-lengket ria tangan kita dengan nasi. Plus kalau tidak menguasai tehnik menggulung sushi atau membentuk onigirinya hasilnya akan bubar byaaaar.

Kali ini saya akan berikan tehnik sederhana membuat sushi atau onigiri dengan cara di Wrap (bungkus plastik). Peralatannya mudah didapat. Kita cukup menyediakan plastik kiloan yang harganya Rp 7.000 saja.

Nah, berikut tahapan pembuatannya. Saya disini kasih resep Onigiri saja yaa. Untuk resep Sushi silakan klik link-nya saja.

ONIGIRI TUNA MAYONAISE

Alat yang digunakan :
- Plastik wrap atau plastik kiloan.
- Gunting
- Sendok makan

Bahan :
- Rumput laut (saya pakai Tao Kae Noi)
- Nasi
- Garam secukupnya
- Bumbu penyedap secukupnya
Campur semua bahan, kecuali rumput laut (nori) saat nasi masih panas.

Untuk isi onigiri bisa beragam. Sesuai selera dan kreasi masing-masing. Namun kali ini saya mau membuat isian tuna mayonaise.

Isian :
- Tuna instan 1 kaleng (pisahkan airnya)
- Mayonaise 1 saset.
Aduk kedua bahan tersebut menjadi satu. Jika ingin rasa pedas tambahkan saos sambal. Jika ingin agak gurih manis sedikit, tumis dengan bawang bombay.

Bahan yang digunakan untuk membuat Onigiri


Cara Membuatnya :

1. Gunting plastik kiloan hingga melebar.
2. Letakkan nori yang sudah dipotong kecil-kecil sesuai ukuran onigiri pada tengah-tengah plastik.

Nori yang lebar dipotong kecil-kecil

3. Ambil kurang lebih 2,5 sendok makan nasi Onigiri. Banyak nasi sesuai selera ukuran onigirinya ya. Pipihkan
4. Ambil 1 sendok teh tuna mayonaise dan letakkan ditengah-tengah nasi.
5. Lalu tarik plastik dan bungkus nori seperti kita membukus permen loli pop.

Naaah, selesai deh. Simple kaaan? Jika kurang jelas silakan lihat videonya !



Ok, selesai sudah cerita #14foodtalk saya tentang Olahan Nasi, jika kalian ingin melihat cerita olahan nasi lainnya, silakan klik link teman-teman saya dibawah ini :

Nurul SuFitri : www.nurulsufitri.com
Nita Lanaf : www.nitalanaf.com
Febrianty Rachma : www.tulisanfebri.com

Wassalam
Ade UFi



Post a Comment

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^