Rabu, 17 Mei 2017

Hidup #EnakTapiSehat dengan Vegie Fruit Premium - PT Kalbe Farma,tbk

www.adeufi.com


Semua orang kalau ditanya, "Mau nggak hidup dengan cara #EnakTapiSehat?" Pasti serempak jawabannya, "Mauuuu..."
Iyalah pasti mau. Siapa yang nggak mau hidup dengan cara seperti itu. Begitu juga dengan my 1st Fi, anak pertama saya.

"Bang, kok ini sayurnya nggak dimakan?"
"Nggak mau ah, Mi".
"Loh, ini kan enak?"
"Nggak, Mi. Aku nggak suka"


Percakapan itu seringkali terjadi antara saya dengan 1st Fi. My 1st Fi memang paling anti dengan sayuran. Bagi dia segala makanan yang berwarna hijau itu sayuran. Jangankan utk dicicipi, cukup lihat warna saja dia tolak. Bahkan pernah juice alpukat pun dia tolak, karena warnanya yang hijau.

Dia seperti itu sejak usia 5 tahun. Dimana dia mulai mengenal makanan-makanan gurih.  Tapi saat itu saya masih bisa menyelipkan sayuran kedalam sisipan nasinya. Intinya sih tidak terlihat sama dia. Jika terlihat, akan dilepehkan lagi. Namun sejak dia masuk sekolah dasar. Tidak bisa lagi saya menyisipkan sayuran ke dalam nasinya. Yang ada dibuang atau tidak dimakan sama sekali nasinya.

Begitu juga dengan buah-buahan. 1st Fi hanya suka buah apel, mangga, alpukat, leci dan pisang. Itupun tergantung mood dia. Kalau lagi males makannya ya nggak disentuh satupun. Seringnya buah-buahan tersebut saya buat juice dikasih susu coklat. Kalaupun makan langsung dia maunya dilumuri susu kental manis.

Duuuh.. pusing ya?  *manggut-manggut
Bagaimana nggak pusing bin bingung, kebutuhan serat dia kurang banget.

Usia 1st Fi semakin bertambah. Saya pelan-pelan mengenalkan dia dengan olahan sayuran yang enak, seperti capcay, gado-gado, salad, dll.

Tapi kan nggak mungkin juga ya 3 makanan tersebut digilir menjadi menu makanan sehari-hari. Apalagi kami tuh senang jalan. Kalau sudah jalan-jalan sabu (sayur buah) hilang blas. Inginnya sih cari yang praktis, bisa dibawa kemanapun dan enak. Mungkin ga yaaa?


Singkat cerita saya dapat undangan untuk mengahadiri acara KALBE EDUKASI PENTINGNYA ASUPAN SAYUR DAN BUAH. Waaaah.. pucuk dicinta ulam tiba. Langsung deh.. capcuuuus..

Undangan bertempat di Ciputra Medical Center Lotte Shopping avenue pada hari Sabtu, 6 Mei 2017. Jam 10.00 wib. Dari malam saya sudah persiapkan apa saja yg akan saya bawa besok. Soalnya saya pergi tidak bawa gembolan 10,5kg. Xixixi.. iya gembolannya adalah 3rd Fi, anak ketigaku. Padahal saya diijinkan bawa anak ke acara tersebut, tapi saya mau melatih 3rd Fi untuk menyapih dengan cara ditinggal pelan-pelan.

Ok, akhirnya saya berangkat dari rumah jam 7.00 naik commuterline dan lanjut pesan ojek online ke tujuan. Ternyataaa sampai di Lotte blm dibuka. Wal hasil saya nongkrong dilobi depan nunggu pintu mal dibuka. tapi beruntung saya ketemu Mba Ria Buchari yg juga datang kepagian. Kami akhirnya bisa masuk bareng dengan karyawan-karyawan SPG Lotte Sopping Avenue.

Dalam kegelapan Mal saya dan Mba Ria mencari-cari tempat undangan. Setelah diputar-putar nanya sama Satpam dan OB, akhirnya kita lepas landas juga di tempat undangan lantai 5. Kami peserta paling pertama yang datang. Kami disambut oleh teman-teman dari Forum Ngobras dan pegawai Kalbe.

Berhubung didalam masih sepi, kami diminta foto-foto dulu dengan pigura yang disediakan untuk lomba Instagram. Ok, kelar ceprat-cepret dan berselfie ria, kami pun masuk ke ruang diskusi. Satu demi satu tamu undangan mulai berdatangan. Bersyukur datang lebih awal, karena enaknya datang lebih awal, kami bisa memilih posisi duduk dekat nara sumber, angle foto yang pas dan soket chargeran HP. ^_^

Selfie sebelum masuk ruang diskusi
Tepat pukul 10.00 wib, acara dimulai. Acara dibuka oleh MC dari forum ngobras, Mba Priska. Dengan lincah dan ceria, Mba Priska memperkenalkan satu-persatu nara sumber yang datang pada acara tersebut. Ada Bapak Sakri Sab'atmaja, S.Km, M.Si selaku kepala Subdit Advokasi Kemitraan Kementrian Kesehatan RI, lalu ada dr. Rida Noor, Sp.GK sebagai nara sumber dokter gizi. Dan terakhir ada Ibu Adelia Pramasita, Brand Manager Juice Kategori PT. Kalbe Farma, Tbk.

Narasumber acara diskusi

Menurut dr. Rida kenapa kita perlu banyak konsumsi sayur dan buah, karena sayur dan buah adalah sumber utama energi bagi tubuh kita. Banyak vitamin yang terkandung dalam 2 jenis makanan tersebut.

Kenapa jadi sumber utama energi bagi tubuh kita? Karena sayur dan buah itu agak susah dihancurkan dalam mulut, sehingga perlu proses lama untuk dikunyah. Dan banyak manfaat kesehatan yang didapat oleh tubuh kita saat kita mengunyah makanan dengan lama. Dikunyah yaaa bukan diemut. Salah satu manfaatnya adalah saat mengunyah lama, akan memfasilitasi penyerapamn vitamin bagi tubuh kita dan mengeluarkan enzim utk proses pencernaan di dalam perut.

Selain lama dikunyah, makanan yang banyak serat akan lama diproses (cerna) didalam lambung. Itu sebabnya sayur dan buah akan stay lama didalam perut. Sehingga membuat kita kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Sayur dan buah juga dapat membantu makanan yang berbahaya mengendap lama-lama di lambung untuk segera dikeluarkan dari dalam tubuh. Misalkan kita memakan daging. Daging juga diproses lama seperti halnya sayur dan buah, namun dalam kandungan sepotong daging ada zat-zat berbahaya tubuh yang mampu merusak organ tubuh lainnya atau menimbulkan penyakit pada tubuh.

Sedangkan Bapak Sakri mengatakan bahwa 93% penduduk Indonesia itu tidak suka mengkonsumsi sayur dan buah dan 27% suka makanan jadi. Sehingga saat ini data kematian di Indonesia 57% karena penyakit degeneratif. Beda sekali dengan jaman orangtua kita dulu, dulu 58% kematian terjadi karena penyakit menular.

Apa sih penyakit Degeneratif ?
Penyakit Degeneratif adalah penyakit yang terjadi karena adanya kerusakan atau penghancuran terhadap jaringan atau organ tubuh kita. Proses dari kerusakan ini dapat disebabkan oleh penggunaan seiring jalannya usia ataupun karena gaya hidup yang tidak sehat.

Salah satu pencetus terjadinya penyakit degeneratif ini karena kita malas bergerak dan makan sayur buah."Kementrian Kesehatan mengajak masyarakat untuk mulai membiasakan diri mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari." ujar Bapak Sakri. "Pilar program Indonesia Sehat adalah upaya mengubah pola pikir masyarakt agar memiliki paradigma sehat. Penerapan paradigma sehat dilaksanakan melalui 2 upaya, yakni Pendekatan Keluarga dan Lintas Sektor. Upaya lintas sektor yang dicanangkan oleh pemerintah adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Tahun ini GERMAS difokuskan akan 3 hal, yaitu :

1. Mari kita lakukan secara rutin aktifitas fisik.
Aktifitas rutin yang dimaksud disini adalah berolahraga dengan rutin. Olahraga setiap hari tidak perlu waktu banyak, cukup 30 menit setiap hari. Dan ingat dilakukan secara rutin ya.




2. Penuhi kebutuhan sayur buah setiap hari.
Seperti yang dijelaskan oleh dr. Rida bahwa mengkonsumsi sayur dan buah banyak sekali manfaatnya. Bagi masyarakat Indonesia terutama balita dan anak usia sekolah dianjurkan mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari sebanyak 300-400 gram per orang, sedangkan untuk remaja dan dewasa 400-600 gram per orang. Sekitar 2/3 kebutuhan tubuh kita.



3. Rajin cek kesehatan.
Kebanyakan masyarakat kita baru datang ke dokter disaat sudah merasa sakit bahkan sudah sangat parah. Padahal menurut Bapak Sakri, memeriksakan kondisi kesehatan kita dikala kita sehat, justru membuat kita lebih berhati-hati dalam menjalani pola hidup sehat.



Nah, itu sebabnya Ibu Adelia memberitahukan bahwa PT Kalbe Farma,tbk langsung riset kebutuhan masyarakat tersebut. Sehingga PT Kalbe Farma, tbk mengeluarkan produk jus sayur buah yang mempunyai kemasan menarik dan rasanya sudah pasti enak. yaitu VEGIE FRUIT PREMIUM.


#Vegiefruitpremium merupakan jus sayur dan buah dengan rasa yang enak dan praktis dibawa kemanapun. Saat ini tersedia varian Carrot Squeeze yang merupakan kombinasi sayur wortel dan buah jeruk serta nanas.

Apa saja yang kita dapat dengan meminum sebotol #Vegiefruitpremium?
Vegie Fruit Premium Carrot Squeeze kaya akan sumber vitamin A dan tinggi vitamin C, serta kaya akan serat. Selain itu juga tanpa bahan pengawet, tanpa pewarna  dan tanpa pemanis buatan.



Teknologi UHT yang digunakan menjamin nutrisi dan kesegaran produk tetap terjaga meskipun tanpa menggunakan bahan pengawet. Vegie Fruit dapat dikonsumsi mulai dari anak-anak sampai dewasa, pria maupun wanita pada usia produktif dengan gaya hidup perkotaan dan mobilitas tinggi. Juga bisa menjadi pilihan ibu-ibu yang anaknya susah makan sayur. Ah.. pas kan, saya bangeeet nih.

Saat diawal datang sebelum masuk ke ruang diskusi, kami dibagikan snack dan welcome drink oleh panitia. Salah satunya minuman #vegiefruitpremium ini. Jadi kami sudah  bisa merasakan jus sayur buah tersebut. Dan rasanya memang benar-benar enak. Segar jeruk dan nanas dicampur dengan manis wortel itu benar-benar sesuai slogan vegie fruit, yaitu #itsdeleasyousveggie dan #deleasyouswaytohaveveggie.

Snack dan welcome drink
Kembali ke Ibu Adelia. Menurut Ibu Adelia bahwa diskusi kesehatan ini merupakan bagian dari komitmen PT. Kalbe Farma, tbk untuk meningkatkan kesehatan keluaraga Indonesia yang lebih baik. Bicara soal keluarga dan konsumsi makanan setiap hari, tentunya tidak jauh dari kata "Ibu". Ibulah biasanya yang menyiapkan segala kebutuhan pangan keluarga. Itu sebabnya Diskusi kali ini mengambil tema Ibu Cerdas, Pastikan Asupan Sayur dan Buah Terpenuhi untuk Keluarga.

Harganya berapa ya?
Sebagian besar orang akan bertanya soal harga jika yang dibahas adalah produk. Apalgi ibu-ibu seperti saya ini. Harga itu wajib. Itupun saya tanyakan kepada ibu Adelia. Beliau menjawab harga per botol #vegiefeuitpremium adalah Rp 8000 - Rp 9000. 

Untuk sebotol vegie dengan isi 300ml, kualitas bagus dan rasa yang enak. Saya rasa harga segitu adalah harga standar. Begitu juga menurut Ibu Adelia. Tim dari PT. Kalbe Farma,tbk saat hendak membuat produk ini mereka melakukan survey pasar. Seperti saat memilih sayur wortel, buah jeruk dan nanas. Itu mereka tanyakan ke pasar tentang sayur dan buah apa saja yg paling banyak dibeli oleh pelanggan. Jawabannya ya 3 teratas itu.

Masih berdasarkan uraian Ibu Adelia, bahwa harga segitu wajar utk sebuah minuman berkategori Sari buah. Menurut BPPOM ada 4 macam kategori minuman buah yang lolos produk, yaitu :

1. Rasa buah
Jika ada minuman dalam kemasan bertuliskan Rasa buah itu berarti minuman tersebut hanya memberikan esense buah.

2. Minuman Buah
Jika bertuliskan "minuman buah" berarti "50% buah 50% nya agi bahan tambahan"

3. Sari buah
Sedangkan tulisan "sari buah," pada kemasan menunjukkan bahan yg digunakan 80% buah asli sisanya bahan tambahan seperti air dan yang lainnya.

4. Buah Asli
Nah jelaskan untuk minuman ini semua bahannya 100% adalah asli buah, tanpa bahan apapun, bahkan air sekalipun

Vegie Fruit Premium ini dapat dibeli dimana?
Karena ini produk baru, maka PT. Kalbe Farma, tbk baru memasarkannya di supermarket-supermarket besar dahulu. Seperti Giant, Hypermat, Transmart, Carefour, dll

Hmm.. jadi masih ragu lagi untuk membeli #vegiefruitpremium? Jika minumannya seenak ini saya sih nggak akan ragu untuk #deleasyouswaytohaveveggie. Cara enak mendapatkan sayuran dan #itsdeleasyousveggie sayuran itu memang enak.


Selesai acara diskusi dari PT Kalbe Farma, tbk dan Forum Ngobras, kami pun pulang membawa bingkisan. Salah satu isi bingkisannya terdapat 3 botol vegie fruit premium. Setibanya di rumah saya langsung masukkan ke dalam kulkas, karena saat saya mencoba jus #Vegiefruitpremium memang enak sekali jika diminum dingin.

Foto bersama para narasumber
Keesokan harinya saya coba berikan kepada 1st Fi. Daaaan... wow, 1 botol langsung habis. Malah kurang.. xixixi... alhamdulillaaah. Akhirnya 1st Fi suka sayuran. Duh, kalau begini caranya mudahlah untuk hidup dengan cara #EnakTapiSehat.

Bukti 1st Fi benar-benar suka #Vegiefruitpremium silakan lihat videonya ^_^



Wassalam


22 komentar:

  1. vegie fruit enak ya mba aq sukaa..seger rasanya apalagi klo diminum dingin :)

    BalasHapus
  2. Padahal ngepel dulu mba biar ga bosen nungguin mal buka hahaha..
    eaa ini yang aku tunggu harganya murah khasiatnya segambreng, mau searching ah Vegie Fruit makasi infonya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha niatnya begitu, sama bantuin satpam periksain tas.

      Hapus
  3. Asyikkk... Ummi bawa oleh2 buat Abang Fikri. Kalau dalam bentuk minuman yang enak gini, anak2 akan suka ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau oleh-oleh setiap habis pergi mah wajib buat anak-anak. soalnya tiap pulang pasti ada pertanyaan, "Ummi bawa apa?"

      Hapus
  4. Ya ampun mbak Ade, rajin banget datangnya pagi-pagi... belum buka pula mallnya 😅 makasih infonya ya mbak. Lengkal banget 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Nin.. kerajinan. Takut macet malah kepagian.. hehe

      Hapus
  5. ini minuman segeeer banget! wortelnya gak langu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba segeeeer dan ngenyangin pula.

      Hapus
  6. Asli baru tahu ini:

    "Sayur dan buah juga dapat membantu makanan yang berbahaya mengendap lama-lama di lambung untuk segera dikeluarkan dari dalam tubuh. Misalkan kita memakan daging. Daging juga diproses lama seperti halnya sayur dan buah, namun dalam kandungan sepotong daging ada zat-zat berbahaya tubuh yang mampu merusak organ tubuh lainnya atau menimbulkan penyakit pada tubuh"

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Mba saya juga kalau nggak denger dari dr. Rida nggak tahu

      Hapus
  7. praktis banget minum sayur dan buah seperti ini. bisa dibawa kalau piknik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bisa dibawa kemana-mana

      Hapus
  8. tak kira ini vitamin serbuk yg buat anak-anak itu mbak
    ternyata ada juga produk minuman buat penambah nafsu makan orang-orang dewasa macam kita hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iiih.. mas wisnu, saya kan ga nulis penambah nafsu makan. Tapi pelengkap makanan kaya serat. Sayur dan buah ^_^

      Hapus
  9. ehhmmmm .. yammy segar nya vegie fruit

    BalasHapus
  10. Lengkap sekali ulasannya mak :D
    Kebetulan aku lagi kesusahan ngasih sayur tertentu sama Syuna, dia picky eater banget padahal aku pecinta sabu (sayur buah), baru tau nih soal Vegie fruit, cuss mau nyoba ah yang #EnakTapiSehat

    BalasHapus
  11. Vegie fruit ini cock banget yac buat anak2 yang ga begitu doyan buah dan sayur. Tinggal glek. minum deh seger2 apalagi kalau dingin hmm... btw aku juga pernah ke mall pagi2 masih belum buka malah hahaha... demi vegie fruit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi... iya, rul. bareng OB

      Hapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^