BURGER TEMPE

April 03, 2017

www.adeufi.com


Bissmillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum wr.wb.

Setiap weekend saya biasanya suka jalan-jalan dengan keluarga, biasanya sih wisata kuliner. Pastinya ya tidak setiap Minggu. Bisa tekor bandar. ^_^ Kalau memang dapat rejeki ya kita jalan cari tempat makan keluarga yang enak. Tapi kalau kantong lagi kempes, saya suka berkreasi masakan dari bahan-bahan yang tersisa di kulkas.

Ceritanya nih, pas tanggal-tanggal tua kemarin, lagi pengeeeen banget  makan burger. Ada roti burgernya sih dirumah, tapi untuk daging burgernya rasanya tidak memungkinkan beli daging saat itu. Jangankan beli daging, nemu uang selembar Rp 2.000 aja dunia terasa indah banget. (lebay ya.. ^_^)

Buka deh kulkas dan lemari stok makanan kering. Adanya cuma bumbu-bumbu dapur, segala bawang, kornet, telur dan tempe.
"Bikin perkedel kornet aja, Mi!" teriak Fikri melihat saya termenung di depan kulkas.
"Bosen, Bang!" teriak saya.
"Bikin apa ya dari kornet kaleng kecil ini, biar jadi makanan yang banyak." Sambil memegang dagu dan berguman sendiri, saya mikir, kira-kira masakan apa ya dari bahan-bahan diatas dibuat burger? Kalau kornet aja yang dijadikan burger dikiiiit banget. Paling cuma dapat 1 burger.

Ada tempe... hmmm... bisa nggak ya tempe dijadikan burger?


Mulai deh gungling, cari resep burger tempe, Dari semua resep burger tempe, pasti deh ada 1 bahan yang nggak bisa dibeli mendadak dekat rumah. Harus ke pasar dulu. Wal hasil mulailah berkreasi membuat burger tempe dengan memadukan semua resep yang di gugling, sesuai bahan-bahan yang ada,

Kocrek kocrek kocrek... this is it.. BURGER TEMPE ala ADE UFI.

Burger tempe miskin sayuran pesanan Fikri ^_^

Bahan-bahan :
  • Tempe 1 papan (kalau dipasar tradisional beli Rp 2.500)
  • Kornet 1 kaleng kecil (kalau ada rejeki pakai daging cicang 1/4kg.)
  • Telur 2 butir (pisahkan kuning dan putihnya)
    telur yang dipisah
  • keju secukupnya (optional)
  • Merica, pala, bawang putih, garam secukupnya (bumbu sop deh. Kalau males nguleknya 1 bungkus bumbu sayur sop instan)
  • 5 siung bawang putih (diuleg atau cincang halus)
  • Daun bawang (iris halus)
  • 1 siung bawang bombay yang kecil (cincang halus. Kalau yang besar setengah siung saja)
  • Margarine 2 sdm (cairkan)
Bahan olesan
  • Saos tomat, sambal dan mayonaise
  • Daun selada, keju slice, tomat segar (optional)

Cara Membuatnya :
  1. Kukus tempe dan daging/kornet hingga matang. Sambil menunggu kukusan tempe dan daging matang, tumis bawang bombay dan bawang putih dengan margarine cair. 
  2. Hancurkan tempe dengan garpu. Aduk rata dengan kornet.
  3. Campurkan semua bahan-bahan yang tersisa kecuali bahan olesan dan putih telur. Aduk rata.
  4. Bentuk adonan bulat pipih.
  5. Baluri adonan dengan putih telur sebelum di goreng.
  6. goreng daging burger hingga kecoklatan.
campuran semua bahan sebelum diaduk
tempe dan kornet dikukus











Cara Penyajian

  1. Goreng dengan sedikiiit margarin dalaman roti burger, balik. Matikan kompor dan biarkan roti diatas penggorengan teflon biar selalu hangat.
  2. Kasih saus tomat, saus sambel mayonaise masing-masing sisinya.
  3. Susun daun selada dan tomat.
  4. Letakkan daging burger.
  5. Letakkan keju slice
  6. Tutup dengan roti.
Naah, burger tempe siap disantap. ^_^




Wassalam
www.adeufi.com

You Might Also Like

40 komentar

  1. Enak banget kelihatannya, Mak... Jadi pengin bikin burger sendiri di rumah :-)

    BalasHapus
  2. aku juga pernah buat, enak sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. weeeew... mantabs, murah dan enak ya, mak

      Hapus
  3. Kreatif banget Mba. Kalo di kulkas ada kornet sama telor sih biasanya aku buat perkedel kornet atau telur kornet keju hihi. Insya Allah kapan2 mau coba dipraktekkin ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbaaa.. buat si miniatur mba leni ^_^

      Hapus
  4. kreatif mba :) jadi pengen nyobain xixixi

    BalasHapus
  5. pengen minta bikinin istriku :D
    kayanya gampang buatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo, mas... mas iskandar juga pasti bisa ^_^

      Hapus
  6. Wah, biaa dicoba nih. Lebih sehat dan ramah di kantong kalau tempe, sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangeeet, mba. Ayo coba untuk orang-orang tersayang di rumah ^_^

      Hapus
  7. wkwkwk roti dicampur tempe? idenya dapat banget. Aku sukanya makan aja wkwkkw tinggal lepp

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayooo, mba febry juga bisa masak

      Hapus
  8. Burgernya kayaknya yummy banget tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak, mas..apalagi buatan istri ^_^

      Hapus
  9. Saya bagian yang makan aja yaa mbak. Kalau mba masak, jangan lupa kirim2 ke saya sebagai tester 😂😃😄
    Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... ayo, mba. Saya saja baru bisa masak pas nikah kok. karena terpaksa disuruh2 sama mertua.. wkwkwkwk.

      Hapus
  10. Wah iya ini sehat juga ya, Ummi. Jadi makan tempe dengan cara yang asyik...

    BalasHapus
  11. Creative! Dulu mama saya biki nugget tempe, lebih sehat ya Mba^^ hidup tempe

    BalasHapus
  12. Kepengen bikin juga mbak jadinya, tapi sayang belum kuat masuk dapur nggak tahan sama baunya. :D

    BalasHapus
  13. Lah ternyata gak cuma daging aja toh ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Mas.. apapun bisa selama kita mau berkreasi ^_^

      Hapus
  14. wah kretif hihihi sayangnya saya punya asam urat jadi takut kumat kalau makan tempe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo.. baru tahu saya kalau tempe bisa memicu asam urat.

      Hapus
  15. nyam nyam boleh juga nih idenya.. makasih sharing resepnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo buat, mba.. Bikin buat shidqi ^_^

      Hapus
  16. Sayang sekali tempe di tempat saya mahal.. lol. 1 papan seharga 2 dollar:P Tapi idenya menarik untuk perkenalkan makanan khas Indonesia mba! Thanks for sharing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wooow.. Iya tempw diluar jd barang mahal ya

      Hapus
  17. tempe dan daging dikukus barengan? kalo tempe aja buat vegan gitu tetep enak apa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mba, tapi terlalu lembek. Kurang krenyes2

      Hapus
  18. Istri kesayangan ini. Kreatif!
    Baru tahu juga tempe bisa dibikin burger.
    Kalau aku paling digoreng tepung. Hehehe...

    BalasHapus
  19. Makasiih resepnyaaa mbak adeee. . burger kekiniaan ini :D apalagii aku sukaa bangeet sama tempee hehehe :D

    BalasHapus
  20. Resepnya simple tapi kayagnya enak banget.

    Jadi pengen coba dirumah

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^

Popular Posts

My Instagram

Jadwal Sholat

jadwal-sholat