BURGER TEMPE

www.adeufi.com


Bissmillahirrahmanirrahiim
Assalamu'alaikum wr.wb.

Setiap weekend saya biasanya suka jalan-jalan dengan keluarga, biasanya sih wisata kuliner. Pastinya ya tidak setiap Minggu. Bisa tekor bandar. ^_^ Kalau memang dapat rejeki ya kita jalan cari tempat makan keluarga yang enak. Tapi kalau kantong lagi kempes, saya suka berkreasi masakan dari bahan-bahan yang tersisa di kulkas.

Ceritanya nih, pas tanggal-tanggal tua kemarin, lagi pengeeeen banget  makan burger. Ada roti burgernya sih dirumah, tapi untuk daging burgernya rasanya tidak memungkinkan beli daging saat itu. Jangankan beli daging, nemu uang selembar Rp 2.000 aja dunia terasa indah banget. (lebay ya.. ^_^)

Buka deh kulkas dan lemari stok makanan kering. Adanya cuma bumbu-bumbu dapur, segala bawang, kornet, telur dan tempe.
"Bikin perkedel kornet aja, Mi!" teriak Fikri melihat saya termenung di depan kulkas.
"Bosen, Bang!" teriak saya.
"Bikin apa ya dari kornet kaleng kecil ini, biar jadi makanan yang banyak." Sambil memegang dagu dan berguman sendiri, saya mikir, kira-kira masakan apa ya dari bahan-bahan diatas dibuat burger? Kalau kornet aja yang dijadikan burger dikiiiit banget. Paling cuma dapat 1 burger.

Ada tempe... hmmm... bisa nggak ya tempe dijadikan burger?


Mulai deh gungling, cari resep burger tempe, Dari semua resep burger tempe, pasti deh ada 1 bahan yang nggak bisa dibeli mendadak dekat rumah. Harus ke pasar dulu. Wal hasil mulailah berkreasi membuat burger tempe dengan memadukan semua resep yang di gugling, sesuai bahan-bahan yang ada,

Kocrek kocrek kocrek... this is it.. BURGER TEMPE ala ADE UFI.

Burger tempe miskin sayuran pesanan Fikri ^_^

Bahan-bahan :
  • Tempe 1 papan (kalau dipasar tradisional beli Rp 2.500)
  • Kornet 1 kaleng kecil (kalau ada rejeki pakai daging cicang 1/4kg.)
  • Telur 2 butir (pisahkan kuning dan putihnya)
  • keju secukupnya (optional)
  • Merica, pala, bawang putih, garam secukupnya (bumbu sop deh. Kalau males nguleknya 1 bungkus bumbu sayur sop instan)
  • 5 siung bawang putih (diuleg atau cincang halus)
  • Daun bawang (iris halus)
  • 1 siung bawang bombay yang kecil (cincang halus. Kalau yang besar setengah siung saja)
  • Margarine 2 sdm (cairkan)
telur yang dipisah
Bahan olesan
  • Saos tomat, sambal dan mayonaise
  • Daun selada, keju slice, tomat segar (optional)

Cara Membuatnya :
  1. Kukus tempe dan daging/kornet hingga matang. Sambil menunggu kukusan tempe dan daging matang, tumis bawang bombay dan bawang putih dengan margarine cair. 
  2. Hancurkan tempe dengan garpu. Aduk rata dengan kornet.
  3. Campurkan semua bahan-bahan yang tersisa kecuali bahan olesan dan putih telur. Aduk rata.
  4. Bentuk adonan bulat pipih.
  5. Baluri adonan dengan putih telur sebelum di goreng.
  6. goreng daging burger hingga kecoklatan.
campuran semua bahan sebelum diaduk
tempe dan kornet dikukus











    Cara Penyajian

    1. Goreng dengan sedikiiit margarin dalaman roti burger, balik. Matikan kompor dan biarkan roti diatas penggorengan teflon biar selalu hangat.
    2. Kasih saus tomat, saus sambel mayonaise masing-masing sisinya.
    3. Susun daun selada dan tomat.
    4. Letakkan daging burger.
    5. Letakkan keju slice
    6. Tutup dengan roti.
    Naah, burger tempe siap disantap. ^_^

    Wassalam




    54 comments:

    1. Enak banget kelihatannya, Mak... Jadi pengin bikin burger sendiri di rumah :-)

      ReplyDelete
    2. aku juga pernah buat, enak sekali

      ReplyDelete
      Replies
      1. weeeew... mantabs, murah dan enak ya, mak

        Delete
    3. kreatif mba :) jadi pengen nyobain xixixi

      ReplyDelete
    4. pengen minta bikinin istriku :D
      kayanya gampang buatnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. ayo, mas... mas iskandar juga pasti bisa ^_^

        Delete
    5. Wah, biaa dicoba nih. Lebih sehat dan ramah di kantong kalau tempe, sih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bangeeet, mba. Ayo coba untuk orang-orang tersayang di rumah ^_^

        Delete
    6. wkwkwk roti dicampur tempe? idenya dapat banget. Aku sukanya makan aja wkwkkw tinggal lepp

      ReplyDelete
    7. Burgernya kayaknya yummy banget tuh.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Enak, mas..apalagi buatan istri ^_^

        Delete
    8. Saya bagian yang makan aja yaa mbak. Kalau mba masak, jangan lupa kirim2 ke saya sebagai tester 😂😃😄
      Salam kenal.

      ReplyDelete
      Replies
      1. hahaha... ayo, mba. Saya saja baru bisa masak pas nikah kok. karena terpaksa disuruh2 sama mertua.. wkwkwkwk.

        Delete
    9. Wah iya ini sehat juga ya, Ummi. Jadi makan tempe dengan cara yang asyik...

      ReplyDelete
    10. Creative! Dulu mama saya biki nugget tempe, lebih sehat ya Mba^^ hidup tempe

      ReplyDelete
    11. Kepengen bikin juga mbak jadinya, tapi sayang belum kuat masuk dapur nggak tahan sama baunya. :D

      ReplyDelete
    12. Lah ternyata gak cuma daging aja toh ya....

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bisa, Mas.. apapun bisa selama kita mau berkreasi ^_^

        Delete
    13. wah kretif hihihi sayangnya saya punya asam urat jadi takut kumat kalau makan tempe

      ReplyDelete
      Replies
      1. ooo.. baru tahu saya kalau tempe bisa memicu asam urat.

        Delete
    14. nyam nyam boleh juga nih idenya.. makasih sharing resepnya mbak

      ReplyDelete
      Replies
      1. ayo buat, mba.. Bikin buat shidqi ^_^

        Delete
    15. Sayang sekali tempe di tempat saya mahal.. lol. 1 papan seharga 2 dollar:P Tapi idenya menarik untuk perkenalkan makanan khas Indonesia mba! Thanks for sharing.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wooow.. Iya tempw diluar jd barang mahal ya

        Delete
    16. tempe dan daging dikukus barengan? kalo tempe aja buat vegan gitu tetep enak apa gak ya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bisa mba, tapi terlalu lembek. Kurang krenyes2

        Delete
    17. Istri kesayangan ini. Kreatif!
      Baru tahu juga tempe bisa dibikin burger.
      Kalau aku paling digoreng tepung. Hehehe...

      ReplyDelete
    18. Makasiih resepnyaaa mbak adeee. . burger kekiniaan ini :D apalagii aku sukaa bangeet sama tempee hehehe :D

      ReplyDelete
    19. Resepnya simple tapi kayagnya enak banget.

      Jadi pengen coba dirumah

      ReplyDelete
    20. sumpah belum pernah makan. Tapi udah kebayanglah rasanya. Paduan luar dan dalam dalam satu gigitan. Weenak pastinya. Thx resepnya De.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau kata yg buat sih enaaaak, mba.. hahaha

        Delete
    21. Simple banget ini makanan. Modalnya ga sampe 50 ribu ya. Kebetulan rumah deket pabrik tempe bisa langsung beli disitu.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iiih enak banget ya, dpt tempe segar terus

        Delete
    22. Ooooh tempenya mesti dikukus dulu ya, mbak Ade? Biar gampang dipenyetin ya? Aku mau coba buat ah 😊 Anak2ku bisa nih nguprek2 bim salabim...burger tempe. Tetep pakai keju dan mayonaise biar yummy kan hehehe.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya rul, anak2 pasti suka. Abang aja nagih terus. Xixixi

        Delete
    23. menunya ketika western ketemu indonesia, tempe yang biasanya hanya digoreng sekarang bisa diolah menjadi burger.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya, mba bisa diolah jadi apapun. Saya mau coba olah jadi nugget nanti ^_^

        Delete
    24. Anakku maunya burger daging. Kira2 yg tempe ini rasanya seperti daging gak?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Rasa tempenya tetep ada, tapi ga terlalu seperti halnya makan tempe goreng. ^_^

        Delete
    25. Noted. Aku suka bgt sama tempe, tapi kadang bosen kalo tempenya dibuat itu-itu aja, bikin burger tempe boleh juga ni dicoba, makasi ummi :)

      ReplyDelete
    26. Aku sudah sering buat burger tempe ini. Si Mbak sih yg buat hahaha. Krn anakku favorit sama tempe. Tapi klo burger tempe Si Mba pakai tuna giling. Kurang suka daging. Makanya anak2ku kurang suka kalau beli burger jadi. Gampang ya buatnya.

      ReplyDelete
    27. Komenku masuk gk ya mbak? kyknya gk ya :(
      Intinya td aku komen kalau idenya bagus menggantikan daging dengan tempe. Resepnya pun gak sulit :D
      TFS

      ReplyDelete
    28. Burger tempe, nih udah ada yang jual di luar negeri mba Ade, pernah lihat tayangannya di TV, bikinnya gampang ya ternyata, mau coba bikin deh, makasih resepnya mba ;)

      ReplyDelete
    29. Jd pengen nyobain. Kapan2 bikin ah...

      ReplyDelete
    30. pernah bikin steak tempe gara2 liat resepnya di tabloid nova, enak kenyang murah dan bisa bikin banyak buat adik2ku XD

      naaah ini ada burger tempe, resepnya mirip2 sama steak tempe, bisa buat ide nih klo ada field trip di paud

      ReplyDelete

    Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^