Selasa, 14 Februari 2017

Apa sih Blog Walking?


blog walking

Assalamu'alaikum wr.wb.
Bismillahirrahmanirrahiim


Sebagai blogger pemula pastinya sering bertanya-tanya, "Kenapa sih harus Blog Walking? Apa manfaatnya?"

Kita tahu dan sering mendengar istilah Blog Walking dalam nge-blog atau biasa disingkat BW.


Apa sih Blog Walking?
BW atau Blog Walking adalah kegiatan blogger yang saling berkunjung ke blog orang lain dan meninggalkan jejak komentar. Jadi boleh dibilang Blog Walking adalah jalan-jalan ke Blog orang


Apa manfaat Blog Walking? 
Banyak manfaat yang kita dapat dari Blog Walking yaitu :


1. Menjalin silaturahmi antar blogger.
Sama halnya seperti Facebook, teman-teman yang kita kunjungi timelinenya dan diberikan komentar otomatis si punya status kepo dooong dengan akun kita. Sama halnya dengan nge-blog. Akhirnya kenalan deh. Selanjutnya terserah deh. Kalau dalam islam yang memperpanjang silaturahmi mendatangkan rejeki.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
“Barangsiapa yang ingin rizqinya diperluas dan umurnya ditambah, maka hendaklah ia menyambung silaturahmi.”

2. Cara termudah mempromosikan Blog dan mendapatkan backlink.
Saat kita blog walking kita akan meninggalkan komentar pada blog yang kita baca. Dan saat menulis komentar, biasanya akan diminta identitas si penulis komentar. Nah, kita bisa masukkan link blog kita sebagai ajang promosi blog kita. Dan kita bisa menaruh link tulisan blog langsung jika tulisan yang kita komentari berhubungan dengan tulisan di blog kita.

3. Memudahkan kita mencari sumber inspirasi tulisan.
Kadang kan kita suka bingung ya, kalau mau memulai ngeblog enaknya nulis apa yaaa? dengan blog walking kita bisa mendapat banyak ide dan inspirasi mau nulis apa. Coba deh!

4. Meningkatkan Page Viewer blog kita.
Blog Walking berfungsi untuk menaikkan page viewer pada blog kita, kok bisa? Bisaaa dong... Begini ilustrasinya :
Pada saat BW dan meninggalkan link alamat blog kita dikolom komentar teman-teman blogger, maka google akan membaca alamat blog atau link identitas kita pada blog tersebut. Jika google mengenal blog kita, maka disaat orang searching yang ada kaitannya dengan blog kita, google akan merekomendasikan blog kita terlebih dahulu. Sekalipun kita jarang menulis (Tapi bukan berarti kosong tulisan ya atau jarak tulisan 1 ke tulisan lain terlalu lama).
Selain itu blogger yang blog-nya dikunjungi, pasti akan balik bertandang untuk melihat blog kita. Otomatis page viewer blog kita akan meningkat.
Simulasi termudah bisa kita lihat pada Facebook. Sekalipun kita jarang menulis status, tapi kita senang memberikan komentar-komentar di beberapa status orang. Maka dengan sendirinya, si empunya status akan melirik ke profil FB kita.


Cara blog walking yang efektif

Agar kegiatan blog walking yang kita lakukan tidak sia-sia, ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya :

a. Berkomentarlah sesuai topik / tema artikel.

b. Jangan mencantumkan live link didalam isi komentar

c. Gunakan akun "Name/URL" jika kita ingin menanam link, misalnya :

- Name : Isi dengan nama kita / judul blog / atau keyword ( jika diijinkan )
- URL : Isi dengan alamat blog kita atau alamat postingan kita

d. Setiap kali kita berkunjung ke blog lain usahakan untuk meluangkan waktu untuk saling bertukar link ( link Exchange ) dan saling follow blog.

e. Tinggalkan komentar yang menarik sehingga dapat menarik perhatian admin blog dan blogger lain untuk berkunjung ke blog kita

 

Tips Melakukan Blogwalking

  • Lakukanlah blogwalking secara rutin tiap hari atau seminggu sekali dengan waktu kurang lebih 30 menit sampai 1 jam. 
  • Minimal kunjungi ke 10 blog, terutama yang ber-pagerank tinggi. Jika blog yang dikunjungi itu ber-pagerank tinggi, maka otomatis kamu berkomentar di blog yang terpercaya dengan jumlah pengunjung yang banyak dan mempunyai kesempatan mendapatkan trafik lebih banyak dari pembaca lain yang meng-klik link yang kamu pasang di komentar tersebut.
  • Carilah blog yang sesuai dengan minat kita. Hal ini dikarenakan jika sesuai dengan minat kita, maka kita akan mendapatkan keasyikan sendiri dalam memberikan komentar karena otomatis kita akan tertarik untuk membaca artikel-artikel tersebut.
  • Jika kita sibuk, utamakanlah blog-blog yang wajib kita kunjungi. Buat tabel yang berisi blog-blog yang memiliki pagerank yang tinggi dan juga beraliran difollow agar hasilnya nanti lebih maksimal.
  • Berkomentarlah sesuai isi artikel agar tidak dianggap spam dan supaya nyambung dengan isi artikel. Hindari komentar "salam kenal", "halo", "info bagus", "mantap" apalagi ditambah dengan permintaan kunjungan balik.
  • Berkomentarlah dengan bahasa dan makna yang bukan negatif atau provokatif. 
  • Dan juga ikuti dan patuhilah perarturan-peraturan untuk berkomentar pada blog tersebut agar komentar anda disetujui untuk ditampilkan. 


Happy Blog Walking ! ^_^

Wassalam
www.adeufi.com

16 komentar:

  1. Saya sering nyebutnya jalan-jalan blog. hehe..

    Ternyata selama ini saya bikin kesalahan. saya sering tulis 'main-main juga dong ke blog saya'..

    Well, karena sudah tau, saya tidak akan mengulanginya lagi. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi... dulu awalnya saya juga begitu kok, mba. Tapi insaf setelah iseng baca2 tentang blog walking ^_^

      Hapus
  2. Bagiku blogwalking juga nambah ilmu dan pengalaman sambil manggut2 klo baca artikel yang curhat kek gtu :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. betul betul betul. Saya juga begitu ^_^

      Hapus
    2. Hehehe..nih saya juga sedang 'emm...', manggut-manggut😁

      Hapus
  3. Wah, ini nih, masih pe er banget buat saya untuk bw, huhu.. tapi emang bw ini banyak banget manfaatnya. Cuma kadang suka kesusahan klo komen di blogspot yang name/url-nya di disable, soalnya saya dr wordpress, huhu #ehmalahcurhat ;p
    Btw, TFS mbak, bermanfaat banget ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, mba. Alhamdulillah jika tulisannya bermanfaat ^_^

      Hapus
  4. Untuk meningkatkan DA juga bisa, dengan pilihan name/url. Sebisa mungkin nama adalah nama kita atau nama panggung ya terserah dah. Nama blog di link url aja. Karena kalau nama diisi dengan keyword kayak nggak profesional, dan maaf... kalo di saya, tendang langsung itu akun, haha... BW nggak usah pilih2, mau yang pagerank tinggi atau blog baru, yang penting tulisannya asyik nggak berpotensi sotoy dan nyinyir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha... Baik, Bu guruuu.. ^_^

      Hapus
  5. Oh bisa juga tro link di komen tsb ya mb Ade? Bener loh BW2 an itu kadang saking serunya tau2 ga kerasa udah 1 jam lebih ya, apalagi kalau komennya berbobot. Kita jadi tau pemberi komen itu bener2 baca atau ga tulisan kita. Sip Mb Ade.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, rul.. bisa terlihat dari komentar ya dia baca apa ga ^_^

      Hapus
  6. Nah bener tuh, komentlah yang sesuai topik dan setuju banget hindari kalimat trims infonya, sangat bermanfaatt dll *ngekkk ketahuan ga dibacanya artikel kita cuma. numpang taruh link aja hadewh greget deh kalao sudah gini.
    Bagiku BW juga punya dampak positif mbak, kayak kita ini padahal belum pernah kopdar ya tapi berasanya kayak udah kenal lama aja kan xixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... iya, feb. Suka gregetan ya. ^_^

      Hapus
  7. Kita klo mo nulis di BW itu harus jelas,lalu yg dibicarakan itu ttg apah dan koment nya jgn smpe bikin tersinggung hatinya org.

    BalasHapus
  8. Saya kalau BW pilih yang sarat info dan bahasanya santai,apalagi kalau bernada humor, seneng tuh, jadi gak capek, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixixi... sama,Mba. Tapi kadang juga saat ada postingan baru dari temen deket sih pasti saya baca ^_^

      Hapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^