Rabu, 07 Desember 2016

Cara Agar Blog Kita Dilirik oleh Brand


Assalamu'alaikum wr.wb

Bismillahirahmanirrahim

Hai.. hai semua,
Masih inget kan postingan saya tentang lomba masak menu mpasi dari cerelac?  Masih dong yaaa.
Acaranya emak-emak KEB di Kota Kasablanka.

Nah, saat itu kita ada 13 orang yang berangkat untuk acara tersebut. Dari 13 orang ini sepertinya cuma saya yang pendatang baru. Sebelum berangkat kami dibuatkan grup FB terlebih dahulu. Agar mudah berkomunikasi. Saya pikir selesai acara, selesai juga komunikasi dengan mak-mak keren di grup itu. Ternyata oh ternyata... saya malah dapat ilmu banyak dari mereka tentang nge-blog dan bagaimana caranya blog kita dilirik oleh brand (istilah untuk perusahaan yang meminta kita mengiklankan produk mereka lewat sosial media dan blog).

Trus gimana caranya, kakak?
Saya coba ambil kesimpulan dari chat yang panjang sepanjang jalan kenangan (apa siiih? jadul banget ya ^_^). Dari kesimpulan itu ada beberapa poin yang saya catat penting.



  • Buat tulisan dengan gaya bahasa yang kuat
Masing-masing penulis memang punya ciri khas dalam tulisannya. Ada yang nge pop banget, ada yang santun, ada yang keibuan, ada yang super gaul, ada yang kaku dan resmi. Lalu gaya bahasa yang mana yang dilirik brand?
Gaya bahasa yang santai, mudah dimengerti, nggak alay, dan enak dibaca adalah gaya bahasa yang disukai oleh brand. Mak Icul (salah satu admin KEB - Komunitas Emak Blogger) memberi 1 contoh tulisan yang banyak dilirk brand, yaitu tulisan mba Annisa steviani.
Nah, coba deh ditengok-tengok gaya bahasa tulisan beliau.

  • Naikan jumlah follower Instagram dan Twitter
Hampir sebagian besar Brand meminta jumlah follower instagram dan twitter para blogger yang menjadi tim promosi mereka. Jumlah minimal follower adalah 500. Untuk menaikan follower biasanya kita memakai sistem  
- Follow to Followyaitu kita mengundang teman untuk saling follow. Sistem ini juga dipakai sama para online seller.
- Shoutout for Shoutout, yaitu kita saling mempromosikan instagram teman.
- Kuis Instagram, nggak ada salahnya sesekali kita merogoh kocek. Nggak perlu terlalu dalam untuk membeli hadiah kuis.
Ada beberapa user instagram yang membeli follower. Biasanya follower yang ditawarkan itu palsu. atau ga aktif pengikutnya. Kalaupun ada yang aktif biayanya mahal.

  • Menjaga selalu Page Viewer (PV) dan Google Analytsic (GA)
Apa sih Page Viewer dan Google Analytsic? 
Page Viewer adalah orang-orang yang membaca dan membuka tulisan kita. Sedangkan Google Analytsic adalah grafik pembaca yang melihat blog kita. Keduanya mempunyai fungsi yang sama.
Nah biasanya Brand meminta PV per hari 100 viewers dan GA 200 viewers.

Contoh Page Viewer Blogspot bukan punya saya yaaa.. ^_^  (source by http://kurniasepta.blogspot.co.id/)


Bagaimana caranya menaikan PV?
Kita harus rajin menulis dan menyebarkan tulisan kita via media sosial. Baik itu via whatsapp, bbm, instagram, twitter, path, dll. Lihat di list post dashboard blog kita. Sebar ulang tulisan-tulisan lama kita yang viewernya sedikit. Tentunya dengan kita perbaiki tulisannya, diberi gambar dan atribut lain, sehingga tulisan kita jadi enak kembali dibaca. Posting artikel-artikel yang lagi ngehits dan tutorial atau informasi yang paling banyak dicari.
Selain itu kita bisa saling Blog Walking (BW) dan meninggalkan jejak komentar disana. Saling bertukar menyebarkan alamat blog kita juga bisa. Sama halnya dengan sistem SFS pada instagram.

Selain itu ada beberapa Brand  yang meminta DA/PA (Domain Authority/Page Authority). Tapi itu sangat jarang. Biasanya yang meminta jumlah DA/PA itu Brand-Bran seperti Tokopedia, Traveloka, dll.

Nah, dengan rajin kita mengelola blog kita, maka dengan sendirinya brand yang akan melirik kita dan menghubungi kita. Oiya pada data profil jangan lupa untuk memberikan alamat email agar kita bs dihubungi ya.

Waaah masih lama dooong?
Biasanya sih begitu kicauan blogger-blogger baru. Sssttt... tidak boleh mengeluh. Ingat rejeki itu datangnya dari Allah. Sambil kita terus berusaha mengelola blog kita, jangan lupa sisipkan sedekah, istighfar dan doa dalam usaha kita. Karena Allah itu selalu memberi rejeki dari hal-hal yang tidak terduga. Terbukti saya salah satunya loooh.. Saya terpilih untuk ikutan acara review produk brand Nestle, karena ijin Allah. Soalnya saya mah apa atuh? ^_^  Newbie banget, walau ngeblog sudah dari 2009, tetap newbie untuk hal-hal seperti ini. Saya hanya ingat ini :
Barang siapa memperbanyak istighfar maka Allah s.w.t akan menghapuskan segala kedukaannya, menyelesaikan segala masalahnya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka. (Riwayat Ahmad, Abu Daud, an-Nasa’i, Ibnu Majah dan al-Hakim dari Abdullah bin Abbas r.a.)

Semoga bermanfaat yaaa...

Wassalamu'alaikum wr.wb.

38 komentar:

  1. Noted. Tidak ada yg tidak butuh proses ya mba. Saya merasakan sekalo beda nya ngeblog jaman dlu dg sekarang. Skrg tuh bnyk teknikal yg hrs diliat. Tdnya mikir, aaah sudah lah nulis mah nulis. Tp lama2 mikir jg, kalo nulis tp ngga ada yg baca, whats the point? Akhirnya tertatih2 cb naikkan hal2 teknikal kyk yg mba sebut diatas (follower, pv dll). Ngos2an sih tp optimis suatu saat psti bisa. Semangaaat menuliiis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mba. Ngeblog lama.. tapi istilah2 diatas itu newbie banget... Sama2 semangat ya, mba ferna ^_^

      Hapus
  2. Saya juga baru belajar kok mba, sama2 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, mba... bergandengan tangan.. sama-sama kelola blog kita jadi yang terbaik dan menarik. ^_^

      Hapus
  3. Hehe iya banget mbak, aku pernah gagal sebagai cadangan di event besar KEB karena follower IG dan Twitterku yg mash dibawah 500 alhasil jadi pelajaran banget saat itu utk menyemangati mencari follower smpai sekarang hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiiip... saling follow IG ku ya, mba. di @ummifikri

      Hapus
  4. Mau sampe puncak mesti susah dulu diawal y mba hehehe kuncinya sabar dan komit biar tulisan tambah bagus rezeki pasti nyamperin hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. setujuuu... dalam islam juga kan harus usaha dulu sambil diiringi doa. ^_^

      Hapus
  5. tulisannya jadi penggingat aku, aku udah lama ngeblog tapi malah jaraaang sekali peduli hal yang dasar ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayooo, mba... sama2 kita perbaiki, sambil tetap menulis.

      Hapus
  6. Aku ngeblog lama mbak, tapi hilang blognya, trims infonya

    BalasHapus
  7. Saya baru belajar ngeblog mbak..
    Postinganku baru 1 doank.. Hihihi..

    Saya harus ekstra ikhtiar..
    Semangat nuliiiss... *watchaaaa...
    Makasih loh tipsnya..

    BalasHapus
  8. Suka ngeblog jarang nulis. Tapi pingin dilirik brand, hayyaaa...eniwey makasih sharenya, mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... jarang nulis dalam artian rentangnya seminggu atau sebulan sekali sih masih dimaklumi, mba. Yang penting rutinitas. Begitu siiiih hasil diskusi teman-teman 12 org kmrn. ^_^

      Hapus
  9. Hmmm tips jitu nih buat pemula. Apalagi yg DA nya belum naik2 ky aku hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi... aku juga belum naik kok, mba

      Hapus
  10. ternyata harus rajin psot juga yahh mba, gimana kalo gak rajin post yahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya sih ada tulisan minimal 1 bulan sekali. Kan fungsi blog untuk menulis, mba ^_^

      Hapus
  11. Page view yang diminta biasanya yang versi Google Analytic tapi so far eykeh belum ada yang minta itu sih, cuma Blogger Perempuan yang baru bisa lihat, haha... Brand sebuah tiket online minta DA, yang lain cuma ngelihat kekuatan blog. Gabung di komunitas juga salah satu cara buat ngedapetin job review, placement, atau buzzer di IG.

    BalasHapus
  12. Makasih infonya mb Ade. Aku newbie ngeblog nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2, rul. ade juga newbie kok ^_^

      Hapus
  13. Sy ngeblog cuma buat nulis pengalaman sendiri,jadi kayak diary ...Jadi engk kepikiran buat utk cari tambahan, ingin juga sih,,cuma msh gaptek step step nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi... pelan-pelan terus belajar, Mas. Insya Allah ada jalannya. ^_^

      Hapus
  14. Wah 2009 mah bukan newbie atuh mbak hehe. Kalau ngomongin follower aku jadi ingat ketika ditolak brand gara-gara follower kurang dari 500 duhh sedihnya dan sejak itu bertekat naikin follower hehe. Karena semua akan ada hikmahnya. Tapi biasanya kalo kita sekali datang buat menuhin undangan brand, nanti mereka akan save email kita juga kog jadi ketika mereka ada acara pasti akan ingat sama kita haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih ya. Semoga tersimpan terus email kita ya.. aamiin hehehe ^_^

      Hapus
  15. Info yang bermanfaat, mbak. Saya masih perlu berjuang meningkatkan follower dan kunjungan. Tks, Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal. Sama, mba karo aku ^_^

      Hapus
  16. Baru tahu ig dan twitter ngaruh bagi blogger. Hiyaa... Padahal sy ngeblognya udah lama tapi gak pernah konsisten dan biasanya asal nulis. Trims infonya ya mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. saat ini memang ngaruh banget. Mereka melihat followernya.

      Hapus
  17. Followers itu berpengaruh banget ya mb Ade? Memang semua butuh proses dan aku menikmati menjalani ngeblog karena pada dasarnya aku suka nulis apalagi diary sejak SD. Jadi tersalurkan nih dengan blog. Belajar ah dari mb Ade :) Maksih infonya bermanfaat sekali nih. Keren!

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^