Manfaat Bedah Buku

Oktober 06, 2016

www.adeufi.com


By Ade UFi on Monday, June 2, 2014 at 8:59pm

Assalamu'alaikum wr.wb.

Kemarin siapa yang tidak tahu kalau WSC baru saja menggelar bedah buku 101 Perempuan Berkisah di toko buku Gramedia Cijantung. Bedah buku kemarin membuat saya penasaran ingin cari tahu apa sih manfaat dari bedah buku itu sendiri. Baik untuk penulis ataupun untuk penerbit.



Setelah membaca kesana kemari saya menemukan artikel menarik tentang manfaat bedah buku bagi penulis dan penerbit. Berikut paparannya :

  • MANFAAT BAGI PENULIS
  1. Penulis akan mendapatkan pencitraan (apakah itu baik atau buruk) dari peserta bedah buku. Pencitraan disini tergantung bagaimana si penulis memaparkan isi bukunya. Karena cara penulis memaparkan isi buku, membuat peserta mampu menilai kualitas buku yang ditulisnya.
  2. Menaikkan penjualan buku yang ditulis. Melanjutkan dari no 1, maka secara otomatis mampu menaikan angka penjualan buku. Karena disini pengunjung yang hadir jadi tau manfaat dan isi dari buku yang dipaparkan. Dengan naiknya penjualan buku maka naik pula royalti yang diterima oleh si penulis.
  3. Memudahkan penulis untuk menerbitkan buku di penerbit yang sama ataupun penerbit lain. Dengan mengetahui kualitas penulis melalui pemaparannya di acara bedah buku, membuat penerbit tau kualitas si penulis. Lagi-lagi ini berhubungan dengan no 1.
  4. Mendapatkan pahala ilmu yang bermanfaat. Memaparkan isi buku yang kita tulis membuat orang yang mendengar mendapatkan inspirasi. Secara tidak langsung kita sudah menjadi guru bagi si pendengar dan memberikan ilmu yang bermanfaat pahalanya tidak akan putus sampai kapan pun.

  • MANFAAT BAGI PENERBIT
  1. Nama penerbit terangkat dan terkenal. Jika dari bedah buku mampu mengangkat pencitraan penulis, maka mampu mengangkat isi buku dan mampu mengangkat penjualan. Dan secara otomatis nama penerbit pun jadi ikut terkenal seperti halnya buku yang diterbitkan.
  2. Mendapat keuntungan lebih. Jika penjualan bagus sudah otomatis penerbit diuntungkan dengan hasil penjualan yang lebih.
  3. Mendapat modal tambahan. Dengan hasil penjualan yang bagus, maka modal untuk mencetak buku yang lain akan bertambah.

Itu sebabnya kita perlu bedah buku untuk buku kita yang sedang terbit. Hal tersebut bukan sekedar menguntungkan bagi penerbit, tapi bagi diri kita sendiri sebagai penulis.

Yuk, buat yang sudah menerbitkan hasil karyanya, kita ramaikan bedah buku dimana pun. Manfaatnya banyak loh ^_^

You Might Also Like

6 komentar

  1. Di buku 101 Perempuan Berkisah ada juga tuh tulisanku judulnya Mata Hati Wartini hehehe 😃 memang ya penting kita ikut bedah buku. Bnyk manfaat buat penulis dan penerbitnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi... iya, rul. Dirimu nggak ikutan acaranya ya?

      Hapus
  2. Wahh ternyata manfaatnya banyak juga tuh. Tapi senengnya ikutan bedah buku itu jadi aura pengen bacanya numbuh terus haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dan menjalin silaturahmi juga sesama pencinta buku ^_^

      Hapus
  3. enaknya di sana lagi ada promo besar besaran buku. coba di batam ada juga

    huhuhu. salam kenal kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi.. iya, mas. Salam kenal ^_^

      Hapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^

Popular Posts

My Instagram

Jadwal Sholat

jadwal-sholat