Sabtu, 27 Agustus 2016

Niat

Bismillahirrahmaanirrahiim...

Assalamu'alaikum wr. wb.

Hmm... sudah masuk lagi bulan ramadhan. Marhaban ya ramadhan.
Kalau bulan Ramadhan gini, aku jadi ingat dengan masa-masa aku dan sepupu-sepupu dulu, saat kami semua belum ada yang menikah.

Dalam keluarga besarku ada kebiasaan atau tradisi mengadakan syukuran saat malam nuzulul qur'an. Biasanya saat acara tersebut beberapa anak muda yang khatam al qur'an dipanggil namanya untuk dibacakan do'a. Maka dari itu setiap masuk bulan ramadhan para sepupuku berlomba-lomba untuk menghatamkan bacaan qur'annya.

Yang membuat aku heran, mereka sanggup menyelesaikan qur'an 30 juz hanya dalam jangka waktu 17 hari bahkan kurang. Hmm, sementara aku? Jangankan membaca qur'an, baca bacaan umum dan ringan saja aku malas. Huh, mana bisa mau maju? :(



Aku malu. Pastinya setiap acara tersebut namaku tak pernah terpanggil.

Aku sempat bertanya kepada salah seorang sepupuku, "Fat (panggilan dari Fathiya), kok bisa sih dalam jangka waktu cepat selesai khatam qur'an?"

Dengan nada ringan dan tidak ada kesan sombong sedikitpun, ia menjawab, "ya 1 hari kalau bisa selesaikan 2 - 3 juz."

Aku hanya ternganga-nganga mendengar ucapannya. 2 juz 1 hari? Berat sekali rasanya. Mendengar ucapannya itu, aku makin malu. Mungkin kalau diurut dari jumlah khatam qur'an selama hidup kita diantara cucu-cucu kakekku (dari garis papa), aku adalah urutan paling akhir.

"Berapapun jumlah juz yang kita baca yang penting niat dihati, De. Sekalipun dia mampu menyelesaikan 5 juz dalam sehari, tapi kalau tidak ada niat khatam qur'an, tetap saja tidak bisa khatam." ucap Fathiyah. Aku jadi teringat akan pesan suamiku untuk adiknya agar menyelesaikan kuliahnya. Sama persis dengan yang diucapkan sepupuku.

Ya, jika tidak ada niat dihati segala sesuatunya akan terasa berat dijalani.

Begitu juga dengan berpuasa. Tanpa niat dari hati yang paling dalam, puasa ini bagaikan beban berat yang harus kita pikul. Tapi jika dengan niat tulus, insya Allah ringan sekali rasanya.

Aku yakin Insya Allah, yang baca blog hari ini tentunya sudah melaksanakan puasa dengan niat tulus dan hati lapang. Namun kali ini aku ingin mengajak kalian untuk menambahkan 1 niat saja, ga perlu banyak-banyak. Tanamkan dalam hati kita 1 niat tulus untuk melakukan 1 saja perbuatan yang mampu memperbaiki diri kita di bulan yang suci ini. Sia-sia rasanya jika kita melewatkan moment penting yang hanya datang 1 tahun sekali. Termasuk juga aku.

Bersama-sama dengan membaca basmallah... kita mulai tanamkan niat itu dari sekarang agar di ridhai Allah.... tak ada waktu yang terlambat untuk mencapai perbaikan... Semoga Allah bersama orang-orang yang berusaha mendapat ridha-Nya... Amin

May Allah bless u all

ditulis pada hari Rabu, 3 September 2008 pukul 09.21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^