Senin, 29 Agustus 2016

Kosmetik Termurah

Bismillahirrahmanirrahiim

Assalamu'alaikum wr. wb.

Hampir di setiap majalah wanita yang aku baca, pasti ada iklan kosmetik kecantikan. Yang aku ketahui harga produk paling murahnya puluhan ribu rupiah bahkan ada yang harganya hingga jutaan. Dan itu pun kalau kita mengikuti aturan pakainya mungkin kurang lebih terpakai hingga 1 bulan. Hmmm... harga yang lumayan mahal untuk suatu kecantikan.

Di era ini wanita memang sudah sangat memahami arti kecantikan lahiriah. Mereka berlomba-lomba agar selalu tampak terlihat muda dan cantik. Untuk wanita yang mempunyai uang lebih, tentunya sangat rela mengeluarkan uang jutaan rupiah agar terlihat selalu cantik. Terutama mereka yang berprofesi menghadapi orang banyak, seperti artis, PR manager, Marketing, dll.

Sungguh sangat disayangkan, jika uang sebanyak itu hanya digunakan untuk sekedar membeli kosmetik. Padahal Ada 1 kosmetik dalam sunah Rasulullah yang jika dilakukan tanpa kita sadari membuat wajah terlihat cantik baik terlihat secara lahiriah maupun batiniah. Dan itu Allah kasih harga GRATIS.


Kosmetik itu adalah SENYUM. Bahkan Rasullullah bersabda :
“Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah.” Hadits Riwayat At Tirmidzi

Coba deh kita berkaca di depan cermin untuk membuktikan 'Benar ga sih hanya dengan senyum kita bisa berubah jadi cantik?". Dengan hanya senyum sedikit penuh keikhlasan, tanpa kita sadari mampu menghilangkan kerutan-kerutan di wajah dan tentunya senyum mampu membuat wajah kita terlihat jauh lebih ceria dan menyenangkan.
Setelah mencoba hal tersebut, coba lagi menatap cermin dengan wajah datar atau cemberut. Yang mana ya yang lebih enak dilihat?

Selain wajah terlihat lebih ceria, senyum mampu menyegarkan tubuh yang terasa lelah. Sekarang buktikan lagi, jika setiap kita hendak berangkat sekolah, kerja, keluar rumah atau hendak mengerjakan sesuatu, kita awali dengan senyum. Sekali lagi tanpa kita sadari seolah tubuh kita penuh energi seperti baterei yang baru di charge. Mengerjakan sesuatu pun tampak lebih ringan dengan senyum jika dibandingkan dengan dahi berkerut dan bibir cemberut.

Pernah suatu kali saat murid-muridku menunggu giliran agar lekas duduk di meja komputernya (karena sebelum mulai belajar biasanya aku mengawalinya dengan anak-anak duduk berbaris di bawah untuk membuka pelajaran dan membaca doa), aku berkata, "Miss Ade akan memilih yang duduknya tertib dan wajahnya tersenyum."

Mereka pun tersenyum. Sekalipun awalnya mereka terpaksa, hanya karena menunggu giliran, namun akhirnya mereka tersenyum geli melihat wajah-wajah manis teman-temannya. Setelah barisan mereka terpilih untuk siap belajar di meja komputer, salah seorang murid ada yang berkata, "Eh, kamu wajahnya cantik banget deh kalau senyum kayak tadi". Dan pastinya jawaban anak kecil kepada temannya,"Kamu juga.." hihihihi...

Subhanallah, ternyata senyum juga mampu berdampak positif bagi orang-orang di sekitar kita. Orang akan lebih senang jika melihat seseorang tersenyum padanya. Bandingkan jika kita bertemu teman dengan wajah cemberut, dibelakang pasti kita berbisik-bisik,"Kenapa tuh? Hati-hati ah.. kayaknya dia lagi ada masalah.. jangan deket-deket deh.."

Beda jika bertemu dengan yang wajah tersenyum, pasti ucapannya,"Waahh... kenapa nih? seneng banget... bagi-bagi dong kalau dapet rejeki", tanpa harus berbisisk-bisik di belakang.

Itu mungkin yang Rasulullah bilang kita bersedekah dengan senyum. Karena dari senyuman kita mampu membuat orang senang, berpikiran positif kepada kita dan membawa aura bahagia (bukan aura kasih ya.. hehe).

Tentunya dalam Islam segala sesuatunya dilakukan tidak boleh berlebihan. Karena yang berlebihan itu lebih banyak membawa dampak negatif bagi diri sendiri. Termasuk juga senyum. Senyum berlebihan akan disangka oleh orang lain bahwa kita kurang waras.. Nggak mau kan?

Jadi buat apa beli kosmetik mahal hingga jutaan jika bibir ini jarang tersenyum. Semua akan terlihat sia-sia. Cukup gerakan menggeser bibir ke kiri dan ke kanan 1 cm, mampu membuat kita tampak cantik luar dalam dan selalu terlihat segar.

Hmmm.... Ayo bertanya dengan diri sendiri, "Sudahkan kita tersenyum hari ini? Dan sudahkan kita membahagiakan orang di sekitar kita dengan senyum?"

Semoga Allah selalu bersama orang-orang yang membahagiakan oranglain. Aamiin.

4 komentar:

  1. Memang wajah yang tersenyum lebih enak dilihat daripada yang cemberut. Bermuka manis kan sedekah juga...

    BalasHapus
  2. Aku juga sepakat nih,senyum itu akan membuat dampak positif buat orang sekitar. Karena aku sendiri dasarnnya murah senyum *eh 😁 jadi suka sebel kalo ada cewek cantik tapi disapa diem aja padahal kita saling kenal. Langsung dah jadi kelihatan ilang cantiknya.

    BalasHapus
  3. Sepakaaat mbaak adee. Meskipun pakai komestik hingga puluhaan jutaa tp ndak mau senyumm yaaah nggak akan terlihat cantik 😁 begitu jugaa sebaliknyaa, tanpa kosmetik tp dengan senyum ikhlas pasti akan terlihat sangaaat cantik 😊😊

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^