Ebith Beat A.

Friday, August 6, 2010


Bismillahirrahmaanirrahiim.

Assalamu'alaikum wr. wb.

Kemarin hari Rabu (4 Agustus 2010) dan Kamis (5 Agustus 2010) di sekolah kami diadakan Pesantren Jelang Ramadhan yang bekerjasama dengan ESQ training leadership. Training yang menurutku cukup bagus untuk anak-anak usia 11 - 12 tahun. Namun saat ini aku tidak sedang ingin membahas tentang ESQ-nya. Rasanya tak perlu dibahas, hampir sebagian besar kita tahu betapa bagus materi yang diberikan oleh mereka tak lagi meragukan.

Yang ingin aku tulis saat ini tentang lagu-lagu pengiring acara tersebut. Terutama lagu yang dipakai untuk Ice breaking. Saking terkesannya aku coba cari di internet dengan kata kunci dari syair lagu terebut, karena aku belum tau siapa penyanyi dan judul lagunya. Tapi nggak ketemu-ketemu yang pas. Akhirnya aku bertanya dengan trainernya dan meminta lagu-lagunya. Bersyukur mereka mau memberikannya.

Lagu yang mereka gunakan untuk Ice breaking adalah lagu dari Ebith Beat A. Hmmm... sudah pada tau ya? atau belum seperti aku? ^_^  Entah aku yang kurang gaul atau memang penyanyi tersebut yang kurang ngetop? Kayaknya aku yang kurang gaul kali ya. ^_^


Aku sangat terkesan dengan lagu-lagu dari Ebith Beat A. Lagu Ebith Beat A jenisnya hip hop dan ada rap-nya, terkadang ada jenis musik lain yang masuk dalam arransement musiknya. Dengan nada yang mengalun riang, selayaknya musik-musik rap, musik Ebith Beat A. sangat cocok buat anak-anak ABG. Yang paling aku suka ternyata syair yang dilantunkan adalah lagu-lagu bernuansa islami.

Selama aku mengajar, saat anak-anak bereksplorasi aku biasanya menggunakan musik sebagai waktunya, semata-mata supaya mereka lebih enjoy dalam mengerjakan tugas dariku. Terkadang aku meminta anak-anak untuk memilih lagunya. Dan lagu yang banyak dipilih mereka adalah lagu hip hop atau ringan di dengar, tentunya yang lagi ngetop saat itu. Namun sayangnya saat aku dengarkan syairnya, kayaknya nggak pantes banget untuk di dengarkan anak-anak di usia tersebut. Akhirnya sebelum mengajar, aku sibuk menyortir syair lagu-lagu pilihan mereka yang layak untuk di dengarkan.

Sejak mendengar lagu Ebith Beat A. bebanku agak berkurang dalam menyortir syair. Tapi kok aku coba searching tentang profil Ebith Beat A di internet nggak ketemu ya? Begitu juga dengan lirik lagunya. Paling aku hanya mengetahui kalau mereka adalah penyanyi asal Jawa Barat. Padahal jika banyak yang tau setidaknya, anak-anak muda atau ABG nggak sibuk ngikutin lagu-lagu rap yang isinya hanya tentang cinta dan selingkuh atau mungkin kata-katanya nggak sopan.

Untuk saat ini aku salut dengan mereka. Usia penyanyi Ebith Beat A, adalah usia dimana usia yang masih sibuk dengan mencari keduniaannya, tapi mereka memanfaatkan trend masa kini tanpa melepaskan keagamaan mereka. Semoga saja apa yang mereka nyanyikan, mereka lakukan juga dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Post a Comment

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Tapi mohon maaf, buat yang profilnya "unknown" langsung saya hapus. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^