Maaf dan Terima Kasih

November 03, 2008

taken by http://yolosoenjoy.blogspot.co.id


Bismillahirrahmaanirrahiim...

Assalamu'alaikum wr.wb.

Sejak dulu aku ingin sekali membahas 2 kata yang untuk kebanyakan orang malas diucapkan. Dua kata tersebut adalah Maaf dan Terima Kasih. Bahkan 2 orang terdekatku pun enggan mengucapkan 2 kata itu. Meskipun ia tahu dirinya salah ataupun baru mendapatkan sesuatu.



Padahal jika kita mau menelaah, 2 kata tersebut adalah kata yang paling ampuh untuk meluluhkan hati Allah. Allah sang pencipta dan yang menguasai kita. Yang mampu membalikkan dunia hanya dengan menjentikkan jari-Nya. Jangankan Allah, kita yang manusia biasa saja senang sekali jika ada yang berterima kasih ataupun minta maaf kepada kita. Ada perasaan bangga dan bahkan hati kita luluh mendengar 2 kata tersebut. Kecuali orang-orang yang berhati keras ya... wallahualam..

Allah bahkan menjanjikan, "Semakin kau bersyukur kepadaku, maka semakin Ku tambah nikmatmu" (Qs Ibrahim : 7) dan "Mohon ampunlah kau kepada-Ku" (ini ada hampir di setiap surat).
Tapi herannya, kenapa kita enggan sekali untuk mengucapkan 2 kata tersebut ya? Baik itu terhadap Allah ataupun kepada sesama kita.

Gengsi, alasan yang paling banyak diucapkan untuk pertanyaan diatas. Malah ada loh yang bilang sama aku, "Kalo aku minta maaf atau ngucapin terima kasih, aku nggak ada wibawanya"... waduh... sebegitu rendah kah untuk mengungkapkan kata-kata tersebut? Apalagi jika orang yang patut menerima 2 kata tersebut dari segi sosial ada dibawah kita.

Sungguh kasihan sebenarnya orang-orang yang beranggapan seperti itu. Mereka menyia-nyiakan ladang pahala dengan 2 kata tersebut. Aku bersyukur bekerja dilingkungan yang selalu menebarkan 2 kata tersebut, jadi aku terbiasa untuk mengucapkan hal itu tanpa diminta. Bahkan di tempat kerjaku tidak ada batasan yang tua ataupun yang muda, siapapun yang berbuat salah ia akan mengucapkan kata Maaf dan setiap kita mendapatkan sesuatu biasakan dengan ucapan terima Kasih.

Bagaimana dengan kalian? sudah terbiasakah mengucapkan 2 kata tersebut? Yuk, biasakan dari sekarang. Remember the target, make Allah smile. Semoga Allah selalu bersama orang-orang yang mau mencari hidayah. Aamiin.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Nah sepertinya 2 kata ini juga harus diajarkan pada anak-anak sedari kecil ya mbak. Karena kalau terbiasa mengucapkan hal baik ini pasti akan mudah mengucapkan kepada orang lain juga. Noted banget nih

    BalasHapus

Aduuuh ma kasih yaaa komentarnya. Semoga silaturahmi kita selalu terjaga walau lewat dumay. Selamat membaca tulisan yang lainnya ^_^

Popular Posts

My Instagram

Jadwal Sholat

jadwal-sholat